geometri molekul beberapa senyawa

Hallo adik adik  jempol kimia ,, salam kimia ! apakah adik adik tau apa itu geometri molekul ? pada postingan kali ini kang ayub akan membahas mengenai bentuk geometri molekul beseta contohnya , jika adik adik belum mengerti geometri molekul silahkan dipelajari postingan dari kang ayub , tetapi jika adik adik sudah paham dan ingin belajar hal baru lagi , maka adik adik berada pada tempat yang tepat , pengetahuan adik adik akan menjadi jempol disini! tanpa basa basi lagi mari kita langsung masuk kemateri !

1. Ikatan kimia dalam molekul

Atom – atom tersusun atas sebuah inti yang dikelilingi oleh elektron – elektron pada suatu orbital dalam kulit atom tersebut. Setiap kulit atom dapat memuat sejumlah elektron. Pada keadaan normal, elektron – elektron terlebih dahulu menempati kulit – kulit yang terdekat dengan inti atom. Pada sebagian besar atom, intinya memuat partikel – partikel bermuatan positif yang disebut proton dan partikel – partikel netral yang disebut neutron.

Sebuah atom dapat membentuk suatu ikatan kimia dengan atom – atom lain untuk membentuk suatu molekul dengan menggunakan elektron – elektron valensinya secara bersama. Atom – atom saling berikatan satu sama lain untuk mengisi kulit elektron terluarnya, sehingga atom – atom tersebut mencapai konfigurasi yang stabil seperti konfigurasi atom gas mulia. Ketika dua buah atom berikatan dengan menggunakan beberapa elektron valensinya secara bersamaan, maka atom – atom tersebut membentuk ikatan kovalen yang membentuk molekul. Sebagai contoh, atom C mempunyai 4 buah elektron valensi dan atom H mempunyai 1 buahelektron valensi, sehingga atom – atom ini membentuk molekul gas metana untuk mencapai konfigurasi yang stabil.

Jenis ikatan kovalen yang di dalamnya digunakan bersama satu pasangan elektron, disebut ikatan kovalen tunggal. Kadang – kadang, dua buah atom menggunakan bersama dua atau tiga buah psangan elektron satu sama lain, sehingga ikatan – ikatan yang terjadi secara berturut –turut disebut ikatan kovalen rangkap dua dan iktan kovalen rangkap tiga.

Baca juga :

Atom –atom dapat membentuk molekul dengan menggunkan ikatan kovalen jika atom – atom tersebut mempunyai nilai elektronegativitas yang sama. Akan tetapi, jika perbedaan elektronegativitas antara atom – atom sangat besar, maka atom – atom tersebut tidak berikatan secara kovalen. Akan tetapi, untuk mencapai keadan stabil, atom – atom akan melepaskan elektron dan atom – atom yang lain akan menerima elektron tersebut,sehingga atom – atom ini menjadi bermuatan listrik atau membentuk ion yang mempunyai muatan yang berbeda, yaitu ion negtif danion positif.

Meskipun dua buah atom tidak menggunakan secara bersama elektron – elektron untuk membentuk ikatan kovalen, tetapi atom – atom tersebut saling tertarik dengan kuat satu sama lain karena muatan atom – atom tersebut berbeda. Adanya gaya tarik – menarik elektrik [ gaya coulomb ] ini menyebabkan atom – atom tersebut membentuk ikatan ion dan senyawa yang dibentuknya disebut senyawa ion. Dalam satu senyawa ion, atom – atom tidak membentuk molekul – molekul individu seperti dalam senyawa molekul. Akan tetapi, semua ion – ionnya saling tarik – menarik satu sama lain yang membentuk struktur kisi Kristal.

2. Pengertian geometri molekul

geometri molekul adalah geometri disekitar atom pusat apabila pasangan elektron diganti oleh ikatan atom atom atau susunan atom. senyawa kovalen mempunyai bentuk geometri molekul tertentu . bentuk geometri molekul merupakan suatu gambaran geometri yang dihasilkan jika atom atom terikat dihubungkan oleh garis lurus . geometri molekul senyawa kovalen berbentuk tiga dimensi

3. ukuran molekul

Molekul – molekul yang dibentuk melalui ikatan kimia kovalen terdapat dalam beberapa ukuran dan bentuk. Ukuran dan bentuk suatu molekul dipengaruh oleh beberapa faktor yang berkaitan atom – atom yang membentuk molekul tersebut dan bagaimana cara atom – atom tersebut tersusun. Berikut penjelasan tentang ukuran  dan bentuk – bentuk molekul.

Molekul – molekul, seperti molekul hidrogen (H2) , oksigen (O2) , dan air (H2O) hanya terdiri dari beberapa buah atom . molekul- molekul ini mempunyai ukuran yang sangat kecil . para ilmuwan biasanya mengukur molekul dalam satuan angstroms (Å = 10-10 meter ) . molekul hydrogen yang tersusun oleh dua  buah atom hydrogen mempunyai  ukuran sekitar 1,5 Å , sedangkan molekul oksigen yang disusun oleh dua buah atom oksigen sedikit lebih besar dari molekul hidrogen. Hal ini karena atom atom oksigen sedikit lebih besar dari atom atom hidrogen . dalam hal  ini , ukuran molekul dipengaruhi oleh ukuran atom atom yang menyusun molekul tersebut .

Molekul molekul yang mengandung banyak atom seperti polimer disusun oleh rantai panjang dari ribuan atom . meskipun molekul molekul tersebut ribuan kali lebih panjang dari molekul molekul terkecil , tetapi molekul molekul ini masih berukuran mikroskopis . beberapa molekul alam yang terpanjang adalah molekul DNA yang ditemukan dalam setiap sel makhluk hidup .molekul terpanjangdari DNA manusia, ketika diregangkan dengan kuat akan memanjang sekitar 9 cm.

4. Bentuk molekul

Bentuk molekul berhubungan dengan posisi atom – atom dalam molekul tersebut. Dalam hal ini, bentuk  –  bentuk molekul menggambarkan posisi atom – atom dalam ruang tiga dimensi dan besar sudut ikatan yang terjadi pada ikatan kovalen dalam suatu molekul.

Berdasarkan para ahli kimia, bentuk – bentuk molekul dapat dijelaskan  dengan menggunakan berbagai pendekatan. Dalam subbab ini akan dijelaskan dua buah pendekatan atau teori untuk memprediksi bentuk – bentuk molekul. Teori tersebut adalah teori VSEPR ( Valence Shell Electron Pair Repulsion ) dan teori hibridisasi orbital atom.

Teori VSEPR ( Valence Shell Electron Pair Repulsion ) merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk memprediksi bentuk – bentuk geometri yang dibentuk oleh atom – atom dan molekul – molekul yang terikat secara kovalen. Teori ini didasarkan pada gagasan bahwa semua pasangan elektron yang terikat secara langsung pada suatu atom, yaitu pasangan elektron ikatan ( PEI ) dan pasangan elektron bebas ( PEB ) disekitar atom pusat akan mengatur posisinya untuk sebisa mungkin saling menjauh satu sama lain.

Pasangan elektron ikatan merupakan elektron – elektron valensi yang digunakan bersama oleh atom atom dalam molekul , sedangkan pasangan elektron bebas merupakan elektron elektron valensi yang terdapat dalam molekul pada tempat Diantara elektron elektron tersebut tidak dilibatkan dalam proses ikatan.

Berdasarkan teori VSEPR , pasangan pasangan elektron bebas mempunyai gaya tolak yang lebih besar dari pada pasangan pasangan elektron ikatan , sehingga pasangan pasangan elektron bebas ini akan menempati ruang yang lebih luas daripada pasangan elektron ikatan . pasangan pasangan elektron tersebut akan mengambil bentuk bentuk agar gaya tolak menolak diantara pasangan pasangan elektron tersebut akan didistribusikan secara merata dan berada pada keadaan minimum . berdasarkan gaya tolak menolak ini , maka atom atom akan membentuk geometri geometri tertentu , yaitu bentuk linier , segitiga datar  , segitiga bipiramida dan octahedron.

  • Bentuk linier

Bentuk linear merupakan geometri dari susunan atom atom yang membentuk suatu molekul pada sudut sebesar 180˚ , artinya atom dalam  molekul yang mempunyai bentuk linier membentuk suatu garis. Bentuk linier terjadi ketika dua buah kelompok atom terikat pada sebuah atom .

Dalam hal ini , sudut sebesar 180˚ tersebut dinamakan sudut ikatan yaitu sudut yang dibentuk oleh tiga buah atom dengan salah satu atom yang terletak pada vertex sudut tersebut , dimana verteks sudut tersebut , dimana vertex sudut tersebut adalah atom kedua dalam barisan atom atom . sudut ikatan biasanya diukur dalam urutan atom luar , atom pusat , dan atom luar secara berturut turut . contoh geometri molekul yang mempunyai bentuk linear adalah BeCl2.

  • Bentuk segitiga datar

Geometri segitiga datar , merupakan bentuk molekul yang terdiri dari empat buah atom , dimana tiga buah atom dalam molekul yang bentuknya segitiga datar terletak pada titik titik sudut segitiga sama sisi ,sedangkan satu atom lainnya terletak pada pusat segitiga tersebut , yang bertindak sebagai atom pusat . bentuk segitiga datar terjadi ketika tiga buah keompok atom terikat pada sebuah atom .

Dalam molekul yang bentuknya segitiga datar , keempat atomnya terletak pada bidang yang sama daan sudut sudut ikatan yang mengelilingi atompusat membentuk sudut 120˚. Contoh geometri molekul yang mempunyai bentuk segitiga datar adalah BCl3

  • Bentuk tetrahedron

Bentuk tetrahedron terjadi disekitar atom yang mempunyai empat buah atom terikat atau pasangan elektron bebas yang terikat pada atom tersebut . kelompok atom atau pasangan elektron bebas tersebut menempatkan diri dalam geometri tetrahedron untuk mencapai stabilitas maksimum dengan mempertahankan gaya tolak menolak minimum diantara pasangan pasangan elektron .sudut sudut ini terdiri dari enam buah sudut yang masing masing mempunyai besar 109,5˚ . contoh geometri molekul yang mempunyai bentuk tetrahedron adalah CH4.

  • Bentuk segitiga bipiramida

Bentuk trigonal bipiramida merupakan geometri yang digunakan oleh suatu atom untuk mempertahankan lima buah atom terikat atau pasangan elektron bebas . bentuk tersebut terdiri dari tiga buah posisi ekuatorial dan dua buah posisi aksial . sementara itu , dalam struktur nya terdapat tiga buah sudut ikatan dengan ukuran yang berbeda yaitu tiga buah sudut sebesar 120˚ , dua buah sudut sebesar 180˚ , dan enam buah sudut sebesar 90˚. Contoh molekul yang mempunyai bentuk segitiga bipiramida adalah PCl5.

  • Bentuk oktahedron

Bentuk oktahedron adalah suatu bentuk geometri yang digunakan oleh suatu atom untuk menjaga enam pasangan elektron . struktur ini dicirikan sebagai bentuk yang sangat simetris dan bentuk geometri ini mempunyai sudut ikatan sebesar 90˚. Contoh geometri molekul yang mempunyai bentuk octahedron adalah SF6.

geometri molekul yang diprediksikan oleh model VSEPR akibat tolakan pasangan elektron disekitar atom pusat adalah sebagai berikut :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *