Pengenalan Logam Alkali Tanah

Hallo adik adik jempol kimia . salam kimia ! Nah dipostngan kali ini ini kang Ayub akan membahas tentang Pengenalan Logam Alkali Tanah , dipostingan sebelumya kang Ayub sudah membahas materi Keunikan Dari  Logam Alkali . langsung saja yuk kita masuk kematerinya adik adik jempol kimia !

Logam Alkali Tanah

Unsur-unsur yang terletak dalam satu golongan mempunyai sifat-sifat fisik dan sifat kimia yang hampir sama. Unsur-unsur golongan IIA terdiri dari berilium (Be), magnesium (Mg), kalsium (Ca), stronsium (Sr), barium (Ba), dan radium (Ra). Unsur-unsur ini dikenal juga dengan istilah logam alkali tanah.

Baca Juga : Keunikan Pada Logam Alkali

Disebut logam alkali tanah karena membentuk basa, tetapi senyawa-senyawanya kurang larut dalam air. Unsur alkali tanah umumnya ditemukan di alam dalam bentuk senyawa-senyawanya. Semua logam alkali tanah membentuk senyawa dengan bilangan oksidasi +2.

Unsur alkali tanah memiliki reaktifitas tinggi, sehingga tidak ditemukan dalam bentuk monoatomik, unsur ini mudah bereaksi dengan oksigen, dan logam murni yang ada di udara, membentuk lapisan luar pada oksigen. Semua logam alkali tanah merupakan logam yang tergolong reaktif meskipun kurang reaktif  dibandingkan unsur alkali mempunyai kilap logam, relatif lunak dan dapat menghantarkan panas dan listrik dengan baik, kecuali berelium. Logam alkali tanah memberikan warna yang khas.

Unsur-unsur blok s dalam system periodic adalah unsur-unsur yang paling reaktif. Semua unsur alkali tanah sangat reaktif. Unsur-unsur alkali tanah kurang reaktif bila dibandingkan dengan unsur alkali.

Baca Juga : Kenali Sifat Sifat Unsur Golongan Transisi

Sifat-sifat umum unsur alkali tanah :

  • Reaktivitas semakin besar dari atas kebawah
  • Reduktor semakin kuat dari atas kebawah
  • Sifat basa semakin kuat dari atas kebawah
  • Jari-jari semakin besar dari atas kebawah
  • Keelektropositifan semakin besar dari atas kebawah
  • Ar semakin besar dari atas kebawah
  • Energy ionisasi semakin kecil dari atas kebawah
  • Afinitas electron semakin kecil dari atas kebawah
  • Titik lelh semakin kecil dari atas kebawah

Sifat-sifat  khusus unsur alkali tanah.

  1. Reaksi dengan air
  • Tidak semua golongan alkali tanah bereaksi dengan air. Berelium (Be) tidak bereaksi dengan air, sedangkan magnesium (Mg) dapat bereaksi dengan air panas.

2. Sifat basa

  • Tidak semua hidroksida/oksida golongan alkali tanah bersifat basa kuat. Be(OH)2 bersifat amfoter dan Mg(OH)2 bersifat basa lemah, sedangkan yang lainnya bersifat basa kuat.

3. Ikatan dengan Halogen

  • Tidak semua senyawa alkali tanah berikatan ion dengan unsur halogen: BeCl2 berikatan kovalen.

4. Kelarutan senyawanya

  • Tidak semua senyawa alkali tanah larut dalam air. Perhatikan tabel kelarutan alkali tanah bila bersenyawa dengan OH, Cr4-2, SO4-2, C24-2, CO3-2.

Struktur unsur logam alkali tanah

Ikatan logam membentuk suatu struktur Kristal. Struktur Kristal unsur-unsur logam alkali tanah tidak sama.

1. Berilium (Be)

Berilium adalah unsur kimia yang mempunyai simbol Be dan nomor atom 4. Unsur ini beracun, bervalensi 2, berwarna abu-abu baja, kukuh, ringan tetapi mudah pecah. Berilium adalah logam golongan II A , yang kegunaan utamanya adalah sebagai bahan penguat dalam alloy (khususnya, tembaga berilium). Berilium mempunyai titik lebur tertinggi di kalangan logam-logam ringan. Modulus kekenyalan berilium kurang lebih 1/3 lebih besar daripada besi baja. Berilium mempunyai konduktivitas panas yang sangat baik, tak magnetik dan tahan karat asam nitrat.

Baca Juga : Warna Senyawa dan Sifat Kemagenetan Dari Unsur Transisi

2. Magnesium

Magnesium adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Mg dan nomor atom 12 serta berat atom 24,31. Magnesium adalah elemen terbanyak kedelapan yang membentuk 2% berat kulit bumi, serta merupakan unsur terlarut ketiga terbanyak pada air laut. Logam alkali tanah ini terutama digunakan sebagai zat campuran (alloy) untuk membuat campuran alumunium-magnesium yang sering disebut magnalium atau magnelium.

3. Kalsium

Kalsium adalah unsur kimia dengan nomor atom 20 dan massa atom 40,08. Berupa logam, dengan titik lebur 842°C dan titik didih 1480° C. Kalsium melebur pada 845°C dan menghasilkan spektrum warna merah bata. Kalsium adalah unsur logam alkali tanah yang reaktif. Kalsium bereaksi dengan air dan membentuk kalsium hidroksida dan hidrogen. Stronsium adalah unsur logam alkali tanah yang reaktif, stronsium dapat segera teroksidasi di udara luar dan bereaksi dengan air membentuk stronsium hidroksida dan gas hidrogen .

Baca Juga : Kenali Logam Golongan 15 Dan 16

4. Stronsium

Stronsium adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Sr dan nomor atomnya 28 serta berat atom 87,62. Stronsium melebur pada 771°C. Strontium lebih lunak dibanding kalsium dan terdekomposisi dalam air secara cepat. Ia tidak menyerap nitrogen dibawah suhu 380 derajat Celcius. Elemen ini harus direndam dalam minyak tanah (kerosene) untuk menghindari oksidasi.

5. Barium

Logam ini teroksida dengan mudah dan harus disimpan dalam bensin atau bahan cair lainnya yang tidak mengandung oksigen. Barium terdekomposisi oleh air atau alkohol. Barium adalah unsur logam alkali tanah yang sangat reaktif dan bereaksi dengan dahsyat dengan air dan mudah rusak (berkarat) dalam udara yang basah.

6. Radium

Radium adalah unsur logam golongan II A yang reaktif . Radium terdapat dialam dalam jumlah sedikit dan terdapat bersama-sama dengan bijih uranium. Radiasinya sangat berbahaya karena dapat membunuh sel-sel makhluk hidup termasuk manusia.

Baca Juga : Penjelasan Kecendrungan, Sifat ,Serta Kegunaan Unsur Logam Kromium

Titik cair dan titik didih logam alkali tanah (golongan II A) semakin menurun dari atas ke bawah, kecuali Mg, disebabkan oleh peningkatan jari-jari ion dan struktur kristal yang berbeda:

Unsur Struktur Kristal Faktor kerapatan per unit sel
Be dan Mg Stuktur terjejal heksagonal (hcp) 0.74
Ca dan Sr Stuktur kubus pusat muka (fcc) 0.74
Bad an Ra Stuktur kubus pusat badan 0,68

Warna Nyala

Apabila suatu unsur menyerap energi yang cukup maka unsur tersebut mengalami radiasi. Radiasi yang dipancarkan (warna nyala) akan beraneka ragam sesuai dengan jenis unsur tersebut. Perbedaan warna nyala ini disebabkan oleh perbedaan panjang gelombang setiap unsur alkali tanah.

Radiasi yang dipancarkan itu dibagi-bagi kedalam panjang gelombang komponennya, hal ini akan menghasilkan suatu spektrum. Jika radiasi yang terbagi-bagi (terdispersikan) itu berasal dari atom tereksitasi, maka spektrum itu disebut spektrum atom . Seperti ion logam alkali , maka ion logam alkali tanah dapat diidentifikasi dengan metode reaksi nyala. Berikut tabel reaksi nyala warna pada logam alkali tanah:

No. Ion logam alkali tanah Warna nyala
1 Be2+
2 Mg2+
3 Ca2+ Merah jingga
4 Sr2+ Merah tua
5 Ba2+ Hijau muda

Kegunaan Logam Alkali Tanah

Logam alkali tanah di buat dari elektrlisis lelehan garam-garamnya. Kegunaan logam alkali tanah sebagai berikut.

Baca Juga : Mengapa Logam Tembaga , Emas Dan Perak Dikatakan Logam Mata Uang

  1. Berilium

Logam Berilium untuk sambungan listrik, bahan pembuat pegas, tabung sinar-X, dan moderator neutron pada reactor nuklir.

2. Magnesium

Magnesium banyak dimanfaatkan untuk kembang api dan lampu blitz pada fotografi, Mg

(OH)2 untuk obat antasida atau anti maag, MgSO4 (garam inggris) untuk obat pencahar usus, dan MgO sebagai batu tanahn api.

3. Kalsium

CaSO4 untuk bahan pembuatan keramik dan gips, CaCO3 untuk bahan pembuatan gelas dan semen, CaC2 untuk bahan pembuatan gas asetilena, CaOCl2 untuk zat penggelentang, dan Ca(OCl)2 (kaporit) untuk zat disinfektan pada ledeng dan kolam renang

4. Stronsium

SrSO4 untuk bahan cat dan Sr(NO2) untuk sumber nyala warna merah pada kembang api.

5. Barium

Ba(OH)2 untuk menguji adanya gas CO2; BaSO4 untuk foto sinar-X pada usus dan bahan cat; Ba(NO3)2 sumber nyala warna hijau pada kembang api; dan BaCO3 digunakan sebagai racun tikus.

7. Radium

Radium bersifat radioaktif.

Baca Juga : Ion Kompleks : Pengertian ,Tata nama , Dan Ligan

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *