Teori atom teori atom melahirkan suatu model atom tersendiri  . model atom adalah suatu gambaran tentang atom . model atom ii berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan manusia . para ahli fisika dan kimia membuat percobaan dan menganalisis hasil percobaan kemudian membuat teori atom dan model atom . Teori Atom Democritus , Thomson , Rutherford , Niels Bohr , dan teori atom ( mekanika kuantum ).

     1. Teori model  atom Democritus

Materi disusun oleh bagian yang sangat kecil , yaitu partikel yang tidak dapat dibagi lagi disebut sebagai atomos.

      2. Teori model atom Dalton

pada tahun 1803 , john Dalton mengemukakan teorinya sebagai berikut.

model atom

 

  • Atom akan berikatan akan membentuk suatu molekul, maka atom atom ini bergabung dengan angka perbandingan bilangan bulat sederhana , seperti 1 : 1 , 1 : 2 , 1 : 3 , 2 : 3 .
  • semua materi tersusun dari partikel partikel terkecil yang tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan yang disebut dengan atom.
  • selama reaksi kimia atom atom dapat bergabung dan kombinasi atom atom dapat dipecah menjadi atom atom terpisah , tetapi atom atom itu sendiri tidak berubah .
  • semua materi tersusun dari partikel partikel kecil yang tidak dapat diciptakan atu dimusnahkan yang disebut dengan atom .

      3. Teori atom Thomson

atom thomson

setelah Thomson menemukan bahwa dalam atom terdapat elektron , maka ia membuat model atom sebagai berikut .

  • Atom terdiri dari materi yang pejal bermuatan positif dan dikelilingi muatan muatan negatif (seperti roti kismis , dengan kismis sebagai muatan negatif nya).
  • Atom bersifat netral, yaitu muatan positif dan muatan negatif jumlah nya sama .

     4. Teori model atom Rutherford

Model Atom

Melalui percobaan dengan menembaki  lempengan emas yabf sangat tipis dengan sinar alfa , Rutheford menemukan inti atom yang bermuatan positif dan masa atomnya terpusat pada intinya . dengan penemuan inti ini , Rutherford membuat model atom sebagai berikut.

  • Atom terdiri dari inti yang bermuatan positif yang dikelilingi elektron yang bermuatan negatif.
  • Masa atom terpusat pada inti.
  • Atom bersifat netral karena jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif.
  • jari jari inti atom dan jari jari atom sudah dapat ditemukan

Kelemahan teori atom Rutherford adalah ketidakmampuannya menjelaskan penyebab elektron tidak jatuh keinti atom selama elektron mengitari inti atom . padahal menurut fisika klasik pada masa itu , elektron yang bergerak mengelilingi inti atom akan melepaskan energi dalam bentuk radiasi (teori maxwell)

Baca juga :

      5. Teori model atom Niels Bohr

model atom niels bohr

Berdasarkan hasil pengamatannya pada spektrum garis atom hidrogen ,, Niels Bohr memperbaiki model atom Rutherford sehingga Niels Bohr membuat model atom sebagai berikut.

  • Elektron elektron yang beredar pada lintasan dengan tingkat energi tertentu yang bergerak secara stasioner.
  • Atom terdiri dari inti atom yang mengandung proton bermuatan postif dan elektron beruatan negatif yang mengelilingi inti atom
  • Elektron dapat berpindah dari lintasan yang satu kelintasan yang lain dengan menyerap atau melepaskan energi.
  • Tingkat energi atau lintasan elektron yang paling dekat dengan inti atom mempunyai tingkat energi terendah . Lintasan elektron yang paing jauh dari inti atom mempunyai tingkat energi tertinggi .

     6. Teori model atom Mekanika Kuantum.

mekanika kuantum

  • Louis de Broglie (1924) : gerakan elektron bersifat materi dan juga bersifat gelombang
  • Werner Heisenberg (1927): tidak mungkin menentukan posisi serta momentum elektron yang pasti dalam atom . yang dapat ditentukan adalah suatu kebolehjadian menemukan elektron pada suatu titik dengan jarak tertentu dari inti atom
  • Erwin schodinger(1927) : volume ruang yang memiliki kebolehjadian terbesar untuk menemukan elektron disebut orbital atom.

Menurut teori atom modern , elektron tidak bergerak pada lintasan tertentu . berdasarkan hal diatas maka model atom modern adalah sebagai berikut.

  1. Atom terdiri dari inti atom yang mengandung proton dan neutron dan elektron elektron mengitari inti atom berada pada orbital orbital tertentu yang membentuk kulit atom , hal itu dikatakan dengan konsep orbital
  2. Dengan  memadukan asas ketidakpastian dari Heisenberg dan mekanika gelombang dari Broglie , Schrodinger merumuskan konsep orbital yaitu : “Orbital adalah suatu ruang tempat peluang elektron dapat ditemukan.”
  3. Kedudukan elektron pada orbital orbitalnya dinyatakan dengan bilangan kuantum.

bagaimana adik adik sudah mengerti mengenai perkembangan model atom menurut para Ahli ? jika ada pertanyaan , silahkan isi dikolom komentar dibawah ini !

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *