Hallo adik adik , sobat sobat kimia , salam kimia ! ada yang baru loh di postingan kali ini , coba tebak adik adik tau gak mengenai adanya Logam Golongan 14 dan 15 . Nah dipostingan kali ini kita akan bahas mengenai materi itu . adik adik makin gak sabar ya untuk masuk kematerinya , sebelum kemateri adik adik persiapkan cemilan atau minuman kopi hangat atau teh hangat dan cari posisi yang enak untuk membaca materinya dengan tenang  . tanpa basa pahit lagi yuk kita masuk saja kematerinya

Logam golongan 14 dan 15 adalah logam golongan utama yang unsur-unsurnya terdapat pada golongan IVA dan VA dalam tabel periodik unsur.Logam golongan IVA dan VA terdiri atas unsur- unsur yaitu Germanium (Ge), Timah (Sn), Timbal (Pb), dan Bismuth (Bi).Unsur logam golongan 14 dan 15 tidak terdapat bebas di alam melainkan terdapat dalam bentuk senyawanya.

Baca Juga : Ion Kompleks : Pengertian ,Tata nama , Dan Ligan

Logam Golongan 14 Dan 15

A. Timah, Timbal dan Bismut

Timah dan timbal termasuk unsur golongan 14 yang bersifat logam dibanding dengan tipe anggota pertama yaitu karbon, silicon, dan germanium.Meskipun tidak sebanyak aluminium, timah merupakan logam yang juga dapat dijumpai disekitar kita.Timah, demikian juga timbal, merupakan unsur yang bersifat logam dalam golongannya, tetapi lunak, tidak kuat dan mempunyai titik lelah rendah (232oC) sehingga mudah ditempa menjadi bentuk piringanm serta tahan terhadap korosi.

  1. Timah

Timah adalah logam putih perak, yang dapat ditempa dan liat pada suhu biasa, tetapi pada suhu rendah menjadi getas karena berubah menjadi suatu modifikasi alotropi yang berlainan. Ia meleleh pada 231,8. Logam ini melarut dengan lambat dengan asam klorida encer dan asam sulfat encer, dengan membentuk garam-garam timah (II) stano.

Baca Juga : 20 Fakta Unik Mengenai Logam Tembaga ,Serta Kegunaannya

Timah adalah logam yang relatif lunak, berwarna putih perak dan tahna karat. Timah terutama digunakan untuk membuat kaleng kemasan, seperti untuk roti, susu, cat, dan buah. Kegunaan lain dari timah untuk membuat logam campur, misalnya perunggu ( paduan timah, tembaga, dan zink ) dan solder ( paduan timah dan timbal ).

  1. Timbal

Timbel adalah logam berwarna abu-abu kebiruan, dengan rapatan yang tinggi (11,48 g/ml pada suhu kamar)

  1. Bismuth

Bismuth adalah logam yang putih kemerahan, kristalin dan getas. Titik leburnya 271,5. Ia tidak larut dalam asam klorida disebabkan oleh potensial standarnya (0,2 V), tetapi melarut dalam asam pengoksid seperti asam nitrat pekat, air raja, atau asam sulfat pekat panas.

B. Sifat fisik dan kimia Timah

Sn terdapat dalam 2 bentuk alotropi (enantiotropi) yaitu sebagai logam putih seperti perak dan timah abu-abu.Bentuk yang kedua itu dapat terbentuk jika temperaturnya lebih rendah daripada 18oC.kalau perubahan itu telah sekali berjalan, maka akan berlangsung selanjutnya dengan sendiri (pest timah).

Baca Juga : Warna Senyawa dan Sifat Kemagenetan Dari Unsur Transisi

Jika Sn direaksikan dengan HCl maka terbentuk SnCl2 dan jika dengan HNO3 pekat maka terbentuk asam metastannat (H3SnO3)n yang sukar larut.

Sn banyak dipergunakan untuk membuat logam pateri, besi putih (blik), kertas perak, dan lain-lain.Perunggu adalah logam campuran Sn dan Cu.

Ada tiga macam timah yang dikenal yaitu timah abu-abu yang mempunyai bentuk Kristal kubus, timah putih rapuh dengan bentuk Kristal rombik dan timah putih lunak dengan bentuk Kristal tetragonal.Atas dasar sifat fisiknya, timah banyak digunakan dalam industry makanan sebagai pembungkus bahan makanan, kaleng minuman selain aluminium. Paduan timah dan timbal dengan kadar yang sangat tinggi dipakai sebagai bahan pembuat alat music seperti pipa organ.

Timah bersifat logam amfoterik, bereaksi dengan asam kuat dan absa kuat.Timah dengan konfigurasi elektronik (36Kr) 4d10 5s2 5p2, dalam senyawa-senyawa, dapat mempunyai tingkat oksidasi +2 dan +4 (yang lebih stabil).

Baca juga : Pengertian , Sifat ,Alotrof Dan Kegunaan Dari Fosfor

C. Sifat fisik dan kimia Timbal

  1. Timbal adalah logam yang agak lunak. Jika terkena udara maka tertutuplah dengan selapis hidroksida dan karbonat, sehingga selanjutnya tak termakan oleh udara.
  2. Jika Pb dipanaskan dalam udara, maka diubahlah menjadi PbO

2Pb  +  O2  →  2PbO

Jika dipanaskan terus maka PbO tersebut akan diubah lagi menjadi Pb3O4, tetapi pada 470oC maka Pb3O4 itu terurai kembali

  • Pb3O4 ↔  6PbO  + O2
  1. Pb tahan terhadap H2SO4, disebabkan pembentukan PbSO4 yang tidak larut dalam asam (dipakai untuk melapisi dinding bilik tempat pembuatan H2SO4).

Baca Juga : Keunikan Pada Logam Alkali

Timbel sebagai logam berat merupakan unsur yang terbanyak dialam.Istilah logam berat digunakan karena timbal mempunyai desitas (rapatan) yang sangat tinggi, jauh melebihi densitas tertinggi logam transisi pertama.timbal bersifat lembek-lemah dengan titik leleh -327oC, Nampak mengkilat/berkilauan ketika baru dipotong, tetapi segera menjadi buram ketika terjadi kontak dengan udara terbuka.

Timbel terletak pada golongan 14 dalam sistem periodic unsur, mempunyai konfigurasi elektronik (54Xe) 4f14 5d10 6s2 6p2, pada umumnya membentuk senyawa-senyawa dengan tingkat oksidasi +2 (lebih stabil) dan +4.

D. Sifat fisik dan kimia Bismut

Bismuth adalah unsur nonradioaktif alami dengan bobot atom terbesar.Ia merupakan logam keras, rapuh dengan titik leleh sangat rendah (271oC). Paduan bismuth dengan logam lainnya seperti timah dan timbal memiliki titik leleh lebih rendah dan digunakan dalam solder listrik, elemen sekering dan kepala sprinkler kebakaran otomatis. Logam dapat ditemukan di alam, sering bercampur dengan tembaga atau bijih timah, tetapi juga dapat diekstraksi dari bismuth (III) oksida dengan pemangagangan dengan karbon.Senyawa bismuth digunakan dalam pigmen untuk lukisan minyak.

Baca Juga : Kenali Sifat Sifat Unsur Golongan Transisi

Bismuth adalah logam golongan utama yang mempunyai nomor atom tertinggi, mempunyai sifat metalik yang paling rendah, rapuh, berwarna putih, kemerahan dan mempunyai struktur sama seperti strukutur arsen dan stibium serta merupakan penghantar listrik yang paling rendah.

E. Kegunaan

Timah dan timbal mempunyai banyak kegunaan.Timah digunakan untuk melindungi logam-logam lain dari karat. Kaleng makanan dilapisi dengan timah karena alasan lain. Kaleng-kaleng itu masih disebut sebagai kaleng timah di beberapa bagian dunia, meskipun sebagian besar logam di kaleng tersebut adalah baja ( suatu aloi kuat dari besi yang mengandung karbon dan unsur-unsur lain).

Timah juga merupakan bahan yang lazim di dalam aloi.Perunggu, pewter, dan patri semuanya mengandung timah dengan perbandingan yang tinggi.Pewter dan patri juga mengandung timbal.Timbal digunakan jauh lebih sedikit daripada timah karena beracun.Namun, timbal digunakan untuk membuat amunisi, kaca, keramik, kuningan, dan penutup kabel.Karena merupakan logam yang sangat berat, Timbal digunakan dalam timbangan.Lebih dari separuh timbal yang digunakan saat ini berasal dari produk-produk daur ulang.

Senyawa dan aloi timah dan timbal

Senyawa/aloi Rumus Nama umum Kegunaan
Timbal asetat Pb(C2H3O2)2 Gula timbal Racun, zat seperti gula yang digunakan dalam pewarnaan dan pernis
Timbal karbonat 2PbCO3 Timbal putih Sebuah pigmen putih
Timbal oksida PbO Litharge Pernah digunakan untuk membuat cat kuning dan kaca
Timbal tetraoksida Pb3O4 Timbal merah Sebuah pigmen merah
Niobium-timah Nb3Sn Suatu superkonduktor yang sangat baik dalam menghantarkan listrik
Perunggu 60% Cu, 40% Sn Suatu aloi yang mengandung timah (Sn) dan tembaga (Cu)
Pewter 85% Sn, 15% Pb            – Pengganti perak pernah digunakan untuk membuat benda-benda yang mengilap
Patri 60% Sn, 40% Pb          – Suatu aloi yang digunakan untuk menyambung logam
Timah tetraklorida SnCl4 Klorida timah Digunakan untuk memperkeras kaca

Sebagian besar bismut digunakan dalam perdagangan berkaitan dengan rendahnya titik alloy (dengan Pb ,Sn dan Cd) seperti pada skring listrik, solder, system penyemprot air otomatis, sumbat pengaman dalam silinder bertekanan gas. BiOCl digunakan dalam kosmetik , dan beberapa senyawa bismut digunakan dalam medis. Alloy bismut dan timbel dan stibium digunakan untuk piringan pita sterium.

Baca Juga : Mengapa Logam Tembaga , Emas Dan Perak Dikatakan Logam Mata Uang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *