Rumus Empiris dan Rumus Molekul

Cara Menentukan Rumus Empiris dan Rumus Molekul

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! dipostingan ini kang Ayub akan membahas materi  Cara Menentukan Rumus Empiris dan Rumus Molekul , nah dialam terdapat berbagai senyawa kimia yang terbentuk kimia yang terbentuk dari penggabungan atom atom unsur melalui ikatan kimia . setia atom dapat bergabung dengan atom lainnya . (menuru aturan tertentu) membentuk suatu senyawa baru yang memiliki sifat berbeda dengan atom atom penyunsunya , bahkan kombinasi antara dua jenis atom yang berbeda dapat menghasilkan lebih dari satu senyawa . misalnya , gabungan hydrogen (H) dengan (O) dapat membentuk senyawa air (H2O)dan senyawa hydrogen perioksida (H2O2).

Untuk mempelajari berbagai senyawa yang ada dialam para ilmuwan memberikan lambing pada senyawa , disebut rumus kimia . bagaimanakah aturan penulisan rumus kimia dan peberian nomornya ? untuk memahaminya , ikutilah aturan berikut .

    Rumus kimia

Untuk menulis dan mengenal rumus kimia , adik adik harus menguasai lambang lambang unsur .rumus kimia menyatakan jenis dan jumlah atom dengan komposisi tertentu untuk setiap molekul . rumus kimia sangat penting dalam mempelajari ilmu kimia karena pengertian yang utuh mengenai zat diawali dengan rumus kimianya .

     a. Rumus Kimia Unsur

Rumus kimia unsur yang terdiri atas satu atom (monoatomik) sama dengan lambang atom unsur tersebut .kebanyakan unsur monoatomik adalah logam . beberapa zat lain seperti gas mulia , juga berbentuk monoatomik .

Nama Unsur Rumus Kimia Nama Unsur Rumus Kimia
Aluminium Al Magnesium Mg
Besi Fe Natrium Na
Emas Au Platina Pt
Helium He Raksa Hg
Karbon C Xenon Xe

    b. Rumus Molekul

Molekul adalah pertikel penyusun senyawa . adapun rumus molekul adalah rumus yang menyatakan jenis dan jumlah atom yang membentuk molekul senyawa tersebut .

Rumus molekul digolongkan menjadi dua , yaitu rumus molekul unsur dan rumus molekul senyawa

     1. Rumus molekul unsur

Rumus molekul unsur adalah rumus yang menyatakan gabungan atom atom yang sama membentuk molekul . berdasarkan jumlah atom yang bergabung , molekul unsur dibagi menjadi dua , yaitu molekul diatomik dan poliatomik .

  • Molekul diatomik adalah molekul yang terbentuk dari dua atom yang sama . jumlah atom tersebut dinyatakan dengan angka indeks . indeks merupakan angka yag dituliskan subskrip (dibawah), mengikuti atom yang bersangkutan . indeks 1 seperti pada unsur monoatomik tidak perlu dituliskan . perhatikan beberapa contoh rumus molekul diatomik .
  • Molekul poliatomik adalah tiga atom yang sama atau lebih bergabung membentuk sebuah molekul . ozon merupakan salah satu molekul poliatomik .
  • Rumus Molekul Senyawa

Rumus molekul senyawa menyatakan rumus senyawa yang tersusun atas dua atom atau lebih (atom yang berbeda) yang membentuk molekul

Senyawa Rumus molekul Jumlah atom
Karbon dioksida CO2 3 atom (1 atom C dan 2 atom O)
Air H2O 3 atom (2 atom H dan 1 atom O)
Amonia NH3 4 atom (1 atom N dan 3 atom H)
Asam klorida HCl 2 atom (1 atom H dan 1 atom Cl)
Asam sulfat H2SO4 7 atom (2 atom H , atom S ,dan 4 atom O)
Glukosa C6H12O6 24 atom (6 atom C ,12 atom H ,dan 6 atom O)
Urea CO(NH2)2 8 atom (1 atom C, 1 atom O , 2 atom N,dan 4 atom H)

Untuk menyatakan jumlah unsur atau molekul , digunakan koefisien berupa angka yang mendahului rumus kimia . perhatikan contoh berikut .

Fe artinya 1 atom besi

4Fe artinya 4 atom besi

3O2 artinya 3 molekul oksigen

3O artinya 3 atom oksigen

P4 artinya 1 molekul fosfor

4P artinya 4 atom fosfor

5H2O artinya 5 molekul air

3CO2 artinya 3 molekul karbon dioksida

Baca Juga :

    2. Rumus Empiris

Rumus molekul merupakan rumus senyawa kimia yang menggambarkan jenis dan jumlah atom penyun suatu molekul . adapun rumus empiris menyatakan perbandingan paling sederhana dari jumlah atom penyusun suatu molekul .

Contoh rumus molekul dan rumus empiris beberapa senyawa

Nama Senyawa Rumus Molekul Rumus Empiris
Air H2O H2O
Ammonia NH3 NH3
Asam sulfat H2SO4 H2SO4
Garam dapur NaCl NaCl
Garam inggris MgSO4 MgSO4
Asam cuka C2H4O2 CH2O
Glukosa (gula cair) C6H12O6 CH2O
Etana C2H6 CH3
Etana (gas karbida) C2H2 CH

Langkah langkah pembahasan :

  • Bila data disoal berupa perbandingan massa atau % massa unsur dalam senyawa → dibagi Ar masing masing unsur → didapat perbandingan mol → rumus empiris → dengan Mr senyawa → rumus molekul
  • Bila data disoal berupa perbandingan volume →langsung didapat perbandingan →rumus empiris →dengan Mr senyawa →rumus molekul .

Contoh soal :

  1. Pada suhu dan tekanan tertentu 1,5 gram gas CxHy mempunyai volume yang sama dengan 2,2 gram gas CO2 . jika Ar C = 12 , H =1 , O= 16 , maka gas tersebut adalah ….

Pembahasan :

Volume sama →perbandingan koefisien sama → perbandingan mol sama , sehingga :

Mol CxHy =  mol CO2

C2H6 mempunyai Mr 30 sehingga dapat dipastikan bahwa gas CxHy tersebut adalah C2H6

2. Dalam 3 gram suatu senyawa karbon mendapat 1,2 gram karbon , 0,2 gram hydrogen dan sisanya adalah oksigen . tentukan rumus empiris senyawa tersebut adalah (Ar H=1 , C=12 , dan O =12)

Jawab :

Perbandingan C : H : O = 0,1 : 0,2 : 0,1

Rumus empiris senyawa tersebut adalah CH2O

3. Senyawa dengan rumus empiris CH2O mempunyai massa molekul relative (Mr)=60 . tentukan rumus molekul senyawa tersebut

Jawab :

(Mr CH2O)n = 60 → (12 +2 +6)n  = 60

30n = 60

n = 2

jadi rumus molekul senyawa itu adalah (CH2O)2  atau C2H4O2

 

 

 

 

 

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *