Hallo adik adik kimia , salam kimia ! dipostingan ini Kang Ayub akan membahas keunikan Dari Atom Karbon , adik adik udah tau belum apa saja keunikan dari atom karbon ini?kita simak aja yuk materinya!

Atom karbon dikatakan unik karena dapat diberikan sesamaya membentuk rantai atom karbon . rantai atom karbon ini mungkin juga mempunyai cabang yang juga terdiri dari rantai atom karbon . dua ujung dari satu rantai dapat tersambung sehingga membentuk suatu rantai melingkar . tambahan lagi , atom karbon dapat juga berikatan dengan unsur lain seperti hydrogen , oksigen , nitrogen , belerang , halogen  dan beberapa atom logam . oleh karena itu , jumlah senyawa karbon menjadi sangat banyak . tidak kurang dari 9 juta senyawa karbon yang telah  dikenal .

Senyawa karbon yang hanya terdiri dari karbon dan hydrogen disebut hidrokarbon .anggota paling sederhana dari kelompok ini adalah metana (CH4)yang terdiri dari satu atom karbon saja , namun , banyak senyawa karbon yang sangat kompleks , misalnya DNA yang terdiri atas jutaan atom . DNA mengandung oksigen , nitrogen , fosfor dan beberapa unsur lain karbon dan hydrogen.

    1. Senyawa karbon (senyawa organik)

Bagian terbesar dari senyawa yang dikenal para ahli merupakan senyawa karbon . senyawa seperti itu merupakan komponen utama dalam semua makhluk hidup . beberapa diantaranya adalah karbohidrat , protein , lemak , urea , dan berbagai macam vitamin . hingga abad ke 19 tidak satupun dari senyawa tersebut yang dapat dibuat dalam laboratorium . oleh karena itu , kelompok senyawa ini dinamai senyawa organik . bahkan pernah timbul anggapan yaitu vitalisme , yang mengatakan bahwa pembentukan senyawa organik memerlukan daya hidup . senyawa lainnya yang tidak harus berasal dari makhluk hidup  seperti garam dapur , pasir , batu pualam dan air , disebut  senyawa anorganik . Beberapa senyawa karbon , seperti CO dan CO2 , serta karbonat karbonat dan sianida , berdasarkan sifat sifat nya , digolongkan kedalam senyawa anorganik .

Suatu perkembangan baru terjadi pada tahun 1823 yaitu ketika Frederich Wohler , seorang ahi kimia dari jerman , berhasil membuat senyawa organic dilaboratorium , Wohler berhasil membuat urea , senyawa oeganik yang terdapat dalam urine mamalia  , dari ammonium sianat melalui pemanasan .

Sejak penemuan Wohler tersebut , jutaan senyawa organik berhasil disintesi

bahkan banyak senyawa karbon sintetik yang tidak terdapat dalam makhluk hidup , tetapi karna kemiripan sifatnya digolongkan kedalam senyawa organik . walaupun telah berhasil dibuat dilaboratorium , penggolongan senyaw kimia atas senyawa organik dan senyawa anorganik tetap digunakan . tetapi penggolongan ini terutama didasarkan pada kemiripan sifat , bahkan pada sumber atau asalnya .

Baca juga :

     2. Karbon mempunyai 4 elektron valensi

Dalam sistem periodik unsur , karbon (z = 6) terletak pada periode 2 golongan IV A . posisi tersebut baik periode maupun golongannya member keistimewaan pada sifat karbon.

Sesuai dengan nomor golongannya . karbon mempunyai 4 elektron valensi . oleh karena itu, untuk mencapai konfigurasi oktet , karbon dapat membentuk ikatan kovalen sebanyak itu kecuali jika melebihi konfigurasi oktet . nitrogen (golongan VA) sebagai contoh , hanya dapat membentuk 3 ikatan kovalen . karbon membentuk ikatan kovalen dengan berbagai unsur non logam , terutama dengan Hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), dan golongan halogen (F, Cl, Br , I) bahkan dengan beberapa unsur logam seperti magnesium

     3. Atom karbon relative kecil

Sesuai dengan nomor periodenya , atom karbon hanya mempunyai 2 kulit atom sehingga jari jari atom relative kecil , hal ini menyebabkan dua hal sebagai berikut :

  1. Ikatan kovalen yang dibentuk karbon relative kuat
  2. Karbon dapat membentuk ikatan rangkap dan ikatan rangkap

Kekuatan ikatan kovalen bergantung pada jari jari dari atom atom yang berikatan , makin besar jari jari atom makin lemah ikatan yang dibentuknya  . sementara itu ikatan rangakap hanya ibentuk oleh atom relative kecil , yaitu periode kedua dan beberapa unsur periode ketiga . unsur periode keempat tidak membentuk ikatan rangkap.

    4. Rantai atom karbon

Karbon dengan 4 elektron valensi dapat membentuk ikatan antarkarbon berupa ikatan tunggal ,ikatan rangkap dan ikatan rangkap tiga . selain itu dapat pula membentuk rantai lingkar (siklik) . hal itulah yang menyebabkan mengapa jumlah senyawa karbon menjadi sangat banyak . perhtikan contohh dibawah ini :

Perbandigan sifat senyawa organic dan senyawa anorganik

     1. Stabilitas terhadap pemanas

Senyawa organic kurang stabill terhadap pemanasan . umumnya senyawa organic sudah terurai pada 700 C . hal itu terjadi karena senyawa organic berikatan kovalen yang relative lebih lemah dibandingkan ikatan ion yang sering terdapat dalam senyawa anorganik.

     2. Titik cair dan titik didih

Senyawa organic umumnya mempunyai titik cair dan titik didih yang relative rendah . banyak diantaranya yang berupa gas atau cairan pada suhu kamar . dilain pihak , senyaw anorganik terutama yang merupakan senyawa ion , mempunyai titik cair dan titik didih yang relative tinggi .

     3.  Kelarutan

Senyawa organic lebih mudah larut dalam pelarut yang nonpolar (seperti klorofom)daripada dalam pelarut polar (seperti air). Sebaliknya , senyawa anorganik lebih mudah larut dalam pelarut polar .

      4. Kereaktifan

Reaksi reaksi senyawa organic umumnya berlangsung lebih lambat daripada reaksi senyawa anorganik , kecuali reaksi pembakaran . banyak dari senyawa organic mudah terbakar , tetapi kurang reaktif terhadap pereaksi lain . plastic sebagai contohh , tidak bereaksi dengan asam basa bahkan aquaregia sekalipun

Perbandingan sifat senyawa organik (benzene )dengan senyawa anorganik (natrium klorida)

Sifat Benzene Natrium klorida
Rumus kimia

Kelarutan dalam air

Kelarutan dalam bensin

Dapat terbakar

Titik cair

Titik didih

Kerapatan

Tipe ikatan

C6H6

Tidak larut

Larut

Dapat

5,5 C

80 C

0,88 g cm-3

Kovalen

NaCl

Larut

Tidak larut

Tidak larut

801 C

1413 C

2,7 g cm-3

Ionic

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *