20 Fakta Unik Logam Tembaga ,Serta Kegunaannya

Hallo adik adik kimia, salam kimia ! Dipostingan kali ini kang Ayub akan menjelaskan materi mengenai, 20 Fakta menarik mengenai Logam Tembaga , sebelumnya adik adik sudah tau belum gimana bentuk unsur tembaga itu ??? , pastinya adik adik udah ada yang tau dan ada yang belum tau kan ? tanpa basa basi lagi kita masuk saja kematerinya !

Keunikan Logam Tembaga

  1. Tembaga merupakan logam yang kuat, dapat ditempa, tahan korosi,serta penghantar listrik dan panas yang baik .
  2. Tembaga merupakan logam berwarna kemerahan yang terdapat secara bebas di alam maupun dalam bentuk senyawanya.
  3. Tembaga memiliki sifat konduktor listrik sangat baik sehingga banyakdigunakan sebagai penghantar listrik, misalnya untuk kabel listrik
  4. Warna kemerah-merahan dari tembaga berubah menjadi kehijau-hijauanakibat terkorosi oleh udara membentuk patina.

3Cu(s) + 2H2O(s) + SO2(g) + 2O2(g) ⎯⎯ Cu(OH)4SO

Baca Juga : Keunikan Pada Logam Alkali

  1. Logam ini liat dan tidak mudah retak sehingga mudah dibentuk menjadi kawat,pipa dan lembaran.
  2. Pada kondisi yang istimewa yakni pada suhu sekitar 300 °C tembaga dapat bereaksi dengan oksigen membentuk CuO yang berwarna hitam. Sedangkan pada suhu yang lebih tinggi, sekitar 1000 ºC, akan terbentuk tembaga(I) oksida (Cu2O) yang berwarna merah.
  3. Tembaga tidak bereaksi dengan alkali, tetapi larut dalam amonia oleh adanya udara membentuk larutan yang berwarna biru dari kompleks Cu(NH3)4+.
  4. Tembaga panas dapat bereaksi dengan uap belerang dan halogen. Bereaksi dengan belerang membentuk tembaga(I) sulfida dan tembaga(II) sulfida dan untuk reaksi dengan halogen membentuk tembaga(I) klorida, khusus klor yang menghasilkan tembaga(II) klorida.
  5. Tembaga merupakan unsur yang relatif tidak reaktif sehingga tahan terhadap korosi. Pada udara yang lembab permukaan tembaga ditutupi oleh suatu lapisan yang berwarna hijau yang menarik dari tembaga karbonat basa, Cu(OH)2CO3.
  6. Tembaga tidak diserang oleh air atau uap air dan asam-asam nooksidator encer seperti HCl encer dan H2SO4 Tetapi asam klorida pekat dan mendidih menyerang logam tembaga dan membebaskan gas hidrogen. Hal ini disebabkan oleh terbentuknya ion kompleks CuCl2¯(aq) yang mendorong reaksi kesetimbangan bergeser ke arah produk.
  7. Tembaga (Cu) dikenal sebagai logam mata uang dan telah digunakan untuk membuat ornamen-ornamen serta mata uang sejak beberapa tahun sebelum masehi.
  8. Tembaga didapatkan di alam sebagai tembaga murni dan senyawanya.
  9. Logam tembaga murni digunakan sebagai katode,sedangkan logam tembaga yang belum murni digunakan sebagai anode. Logam tembaga yang belum murni biasanya mengandung logam Fe, Zn, Au, Ag dan Pt. Logam Cu, Fe dan Zn akan larut dalam larutan sulfat dalam bentuk ion-ionnya. Ion Fe2+ dan Zn2+.
  10. Senyawa tembaga adalah diamagnetik dan kecuali dimana warna dihasilkan daru pita anion dan pemindah -muatan , ia tidak berwarna.
  11. Tembaga ditemukan dalam jumlah kecil pada beberapa jenis tanaman.Tembaga juga ditemukan pada bulu burung.Terutama pada bulu burung yang berwarna terang dan dalam darah beberapa binatang laut seperti udang dan kerang yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen seperti fungsi besi dalam darah, binatang berderajat yang lebih tinggi
  12. Tembaga di gunakan untuk membuat paduan logam kuningan (Cu 60-82% dan Zn 18-40%) ,
  13. Tembaga digunakan untuk membuat paduan Logam Perunggu (Cu 70-95%, Zn 1-25%, Sn 1-18%).
  14. Tembaga digunakan untuk membuat paduan Logam perunggu aluminium ( 90-98%,Al 2-10%)
  15. Tembaga digunakan untuk membuat paduan Logam perak jerman (Cu 50-60%, Zn 20%,Ni 20-25%).
  16. Tembaga merupakan logam yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari setelah besi.Tembaga terutama digunakan untuk membuat kabel listrik.

Baca juga : Kenali Logam Golongan 15 Dan 16

Kegunaan Tembaga Dalam Kehidupan Sehari Hari

  1. Merupakan penghantar panas dan listrik yang sangat baik, maka banyak digunakan pada alat-alat listrik.
  2. Sebagai perhiasan, campuran antara tembaga dan emas.
  3. Sebagai bahan pembuat uang logam.
  4. Sebagai bahan pembuat logam lain, seperti kuningan (campuran antara tembaga dan seng), perunggu (campuran antara tembaga dan timah), monel, dan alniko.
  5. CuSO4 dalam air berwarna biru, banyak digunakan sebagai zat warna.
  6. Campuran CuSO4 dan Ca(OH)2, disebut bubur boderiux banyak digunakan untuk mematikan serangga atau hama tanaman, pencegah jamur pada sayur dan buah.
  7. CuCl2, digunakan untuk menghilangkan kandungan belerang pada pengolahan minyak.
  8. Cu(OH)2 yang larut dalam larutan NH4OH membentuk ion kompleks cupri tetramin (dikenal sebagai larutan schweitser), digunakan untuk melarutkan selulosa pada pembuatan rayon (sutera buatan).
  9. Kuningan terdiri atas Cu dan Zn, perunggu terdiri atas Cu, Sn, dan Zn, monel (digunakan untuk alat dapur atau barang hiasan) terdiri atas Ni dan Cu. Alnico (pembuatan magnet)terdiri atas Al, Ni, Cu, dan Fe.
  10. Cuprum atau tembaga banyak digunakan sebagai kabel jaringan listrik karena sifatnya yang menghantarkan listrik. Tembaga juga digunakan untuk membuat pipa leding. Alloy Tembaga.
  11. Tembaga digunakan pada alat-alat elektronik dan perhiasan.

Baca Juga : Pengenalan Logam Alkali Tanah

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *