Pengertian Stoikiometri , Masa Atom Relatif Dan Massa Molekul Relatif

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! Dipostingan kali ini kang Ayub akan membahas materi Stoikimetri , pada postingan sebelumnya kang Ayub sudah membahas mengenai Hukum Dasar Kimia , Perthitungan Kimia Pada Konsep Mol , Dan Juga Mengenai Rumus Empiris dan Rumus Molekul , materi ini sangat berkaitan sekali , nah penasaran kan mari kita bahas satu persatu materi nya , tetap semangat ya adik adik dalam membaca , agar menambah pengetahuan!

A. STOIKIOMETRI

Stoikiometri adalah salah satu bidang kimia yang mempelajari kuantitatif kimia. stoikiometri berasal dari bahasa Yunani stoichion yang artinya unsur dan metron yang artinya Pengukuran.

Stoikiometri adalah bagian yang sangat penting dalam kimia, karena dalam stoikiometri dapat dipelajari hubungan kuantitatif antara zat-zat penyusun senyawa, senyawa- senyawa yang terlibat dalam suatu reaksi kimia.

B. Massa atom

Massa atom terkait dengan partikel yang sangat kecil.  debu terkecil yang dapat dilihat oleh mata mengandung kurang lebih 10.000.000.000.000 atau 1 x 616 butir atom Oleh karena itu tidak mungkin mengukur massa dengan menimbang sebutir atom dengan demikian dengan perkembangan teknologi massa atom dapat ditentukan dengan alat spektrometer massa alat ini bukan suatu neraca tetapi suatu alat rekayasa teknologi yang mampu untuk menentukan massa partikel- partikel yang sangat kecil 1 massa atom. oleh karena itu tidak mungkin mengukur massa dengan menimbang sebutir atom. namun demikian dengan perkembangan teknologi, massa atom dapat di tentukan dengan alat spektrometer massa. alat ini bukan suatu neraca, tetapi suatu alat rekayasa teknologi yang mampu untuk menentukan massa partikel-partikel yang sangat kecil.

      1. Massa Atom Rata-Rata

Atom-atom unsur yang sama tidak selalu lu mempunyai massa yang sama.  hal ini kita kenal dengan isotop. massa atom-atom unsur ini dapat dianalogikan dengan massa beras. meskipun dari jenis beras yang sama,  tetapi massa satu butir beras yang satu dengan yang lain tidaklah sama persis. hasil pengukuran menggunakan spektrometer massa merupakan kurva yang menunjukkan massa dan persentase kelimpahan isotop dari atom atom tersebut dialam.

Oleh karena atom-atom di alam dapat mempunyai massa yang berbeda, maka massa atom dihitung berdasarkan massa rata-rata dari seluruh atom yang ada di alam. dengan menggunakan spektrometer massa diketahui bahwa atom hidrogen merupakan atom yang paling ringan dengan massa 1,67 x 10-27 kg.  oleh karena harganya yang sangat kecil, maka di bulat dibuatlah suatu cara untuk mempermudah perhitungan di mana massa suatu partikel yang massanya 1, 67 x 10-27  kg disebut dengan 1 sma jadi massa atom hidrogen dianggap = 1 sma contoh lainnya adalah kata atom karbon yang mempunyai isotop dengan massa 12 sma dan 13 sma serta atom neon yang mempunyai isotop Ne-20 Ne-21 dan Ne-22 yang masing-masing mempunyai massa 20, sma 21, sma dan 22 sma. dengan adanya beberapa isotop tersebut, maka massa atom merupakan massa rata-rata dari seluruh isotop yang ada di alam.

contoh:

Atom klorin di alam terdapat dalam dua macam isotop yaitu 75% sebagai Cl-35 yang massanya 35 sma dan 25% sebagai Cl-37 yang massanya 37 sma massa rata-rata atom Klorin adalah :  

   2. Massa Atom Relatif

Seperti telah dibahas dalam teori atom bahwa atom-atom tertentu di alam dapat mempunyai massa yang berbeda Oleh karena itu massa atom relatif dihitung berdasarkan massa rata-rata dari keseluruhan isotop atom yang terdapat dalam dengan menggunakan alat pektometer.

Atom-atom unsur yang sama tidak selalu mempunyai massa yang sama. hal itu dapat dianalogikan dengan massa butiran beras meskipun dari jenis beras yang sama tetapi massa satu butir beras, yang satu dengan yang lain tidaklah sama persis. atom-atom unsur yang sama, tetapi mempunyai massa yang berbeda telah kita kenal dengan isotop. misalnya, atom karbon ada yang mempunyai massa 12 sma dan 13 sma. dengan adanya isotop tersebut, maka massa atom merupakan massa rata-rata dari keseluruhan isotop atom yang ada di alam.

Mengukur massa adalah membandingkan massa suatu benda terhadap benda yang lain. massa benda berbanding pembanding disebut sebagai massa standar. misalnya, kita menimbang gula dan dinyatakan beratnya 1 kg, maka sebenarnya massa gula tersebut adalah sama (sebanding) dengan massa anak timbangan yang beratnya 1 kg. sebagai standar massa dalam penimbangan gula tersebut adalah massa anak timbangan.

Hal yang sama juga berlaku dalam menentukan massa suatu atom. sebagai standar massa atom ditetapkan massa 1 atom karbon-12 (atom karbon yang bermassa 12 sma). jadi,  massa atom yang diperoleh dari pengukuran merupakan Perbandingan massa rata-rata suatu atom relatif terhadap 1/12 kali massa 1 atom karbon-12.

Massa atom relatif diberi lambang Ar dan dirumuskan sebagai berikut         

Dengan,

Ar X : massa atom relatif X

massa 1 atom C-12 = 12 sma

Massa rata-rata atom x merupakan massa rata-rata dari semua isotop X yang ada di alam massa atom relatif tidak mempunyai satuan.

Contoh :

  1. Massa rata-rata 1 atom N adalah 14 sma, berapa massa atom relatif N ?

Jawab :

2. jika massa 1 atom C-12 adalah 2,04 x 10-27 kg. berapa massa rata-rata 1 atom magnesium, jika Ar Mg = 24 ?

jawab :

massa rata-rata 1 atom Mg = (1/2 x 24 x 2,04 x 10-27)kg

= 4,08 x 10-27 kg

Baca juga :

C. Massa Molekul Relatif Dan Massa Rumus Relatif

Molekul merupakan gabungan dari dua atau lebih atom. Oleh karena itu, massa molekul ditentukan oleh massa atom-atom penyusunnya, yaitu merupakan jumlah massa dari seluruh atom yang menyusun molekul tersebut.  bagi senyawa ion, massanya dihitung berdasarkan setiap satuan rumus empirisnya dinamakan sebagai massa rumus.

Seperti halnya, massa atom relatif, maka massa molekul atau massa rumus merupakan Perbandingan massa rata-rata satu molekul atau satuan suhu suatu zat relatif(dibandingkan) terhadap 1/12 kali massa atom C-12 sehingga

jadi,  massa molekul relatif suatu senyawa molekul merupakan jumlah massa atom relatif Ar dari seluruh atom penyusun satu molekul senyawa, sedangkan massa rumus relatif suatu senyawa ion merupakan jumlah massa atom relatif dari seluruh atom penyusun satu satuan rumus kimia senyawa ion. massa molekul relatif dan massa rumus relatif memiliki lambang yang sama, yaitu Mr.

contoh :

hitunglah massa rumus relatif senyawa (NH4)2SO4, jika di ketahuin Ar N = 14, H =1, S = 32, O = 16.

jawab :

Mr ((NH4)2SO4 = (2 x ArN) + (8 X Ar H) + (1 X ArS) + (4 X ArO)

= (2 x 14) + (8 x 1) + (1 x 32) + (4 x 16 )

= 28 + 8 + 32 + 64

= 132

 

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *