Hallo adik adik kimia , salam kimia ! Dipostingan ini kang Ayub akan membahas materi  mengenai Adakah Kaitannya Warna Langit Bewarna Biru Dengan Atmosfer ? , nah disini banyak timbul pertanyaan apa sih atmosfer itu ? lalu apa saja fungsi atmosfer bumi ini ? tanpa basi lagi yuk kita masuk saja kematerinya !

Atmosfer Bumi

Di Bumi langit tampak bewarna biru karena Kandungan Atmosfer bumi banyak mengandung nitrogen dan oksigen yang menghamburkan lebih banyak cahaya biru. diplanet mars tampak berwarna orange keabu abuan karena tanah di mars banyak terdapat debu debu yang banyak  mengandung zat besi .

Bumi dikelilingi oleh lapisan gas yang disebut dengan atmosfer . keberadaan atmosfer sangat penting bagi kehidupan dibumi . lapisan ini menyerap panas matahari dan menahannya agar suhu dibumi tidak terlalu panas . lapisan atmosfer menyediakan udara . didalam lapisan atmosfer juga terdapat ozon yang yang melindungi bumi dari radiasi matahari dan meteor yang jatuh .

Atmosfer sangat penting bagi kehidupan karena dapat berfungsi sebagai lapisan pelindung bumi dari pengaruh lingkungan angkasa luar, karena atmosfer dapat mengabsorbsi radiasi sehingga makhluk hidup dapat bertahan hidup terhindar dari panas dan radiasi. Radiasi yang di transmisi oleh atmosfer berada pada daerah panjang gelombang 300-2500 nm berupa radiasi dekat ultraviolet, sinar tampak dan dekat inframerah, dan pada daerah panjang gelombang 0,01-40 mm berupa gelombang radio. Atmosfer mampu menyaring sinar di bawah panjang gelombang 300 nm yang dapat merusak kulit manusia.

Baca juga :

Atmosfer berfungsi juga sebagai penyeimbang panas bumi karena mengabsorsi energi, kemudian dipancarkan kembali oleh bumi dalam bentuk radiasi inframerah, sehingga planet bumi terhindar dari perubahan panas yang terjadi secara tiba-tiba. Atmosfer juga berfungsi sebagai tempat gas yang diperlukan oleh makhluk hidup. Atmosfer menjadi sumber utama karbon dioksida yang di butuhkan oleh tumbuhan untuk peroses fotosintesis dan sebagai sumber oksigen untuk pernafasan di samping  itu, atmosfer dapat menyediakan bahan nitrogen yang di gunakan oleh bakteri dan tumbuhan pengolah nitrogen menjadi senyawa nitrogen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Atmosfer berfungsi ganda sebagai pelindung dan sebagai cadangan gas yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.

Fungsi Atmosfer

Fungsi lain dari atmosfer adalah sebagai sumber air yang diperlukan oleh bumi karena atmosfer berperan penting sebagai alat trasportasi air dari lautan ke darat dalam siklus hidrologi, dan berfungsi sebagai kondensor. Akan tetapi, sangat disayangkan bahwa atmosfer juga telah dijadikan oleh aktivitas manusia menjadi tempat pembuangan gas sehingga atmosfer telah dipenuhi dengan kontaminan seperti belerang dioksida, aerosol freon, dan gas-gas lain yang dapat mengubah komposisi atmosfer dari keadaan normal menjadi tidak normal,dan bahkan di beberapa tempat kondisi atmosfer dapat di kategorikan sebagai terpolusi. Begitu banyak fungsi atmosfer yang belum disebutkan di sini, sehingga pembahasan tentang sifat dan komposisi atmosfer sanggat berguna diketahui sebelum membahas pencemaran udara. Karena begitu pentingnya peranan atmosfer, maka saat ini telah berkembang bidang ilmu kimia yang mempelajari atmosfer yaitu kimia atmosfer selain kimia lingkungan. Ahli kimia atmosfer mempelajari komposisi kimia atmosfer, pergerakan udara ( gas), air, dan zat padat di atmosfer, yang berinteraksi satu sama lainnya dan interaksinya terhadap permukaan bumi, kehidupan biota dan perubahan atmosfer oleh aktivitas manusia. Sedangkan ahli kimia lingkungan umumnya membahas pengaruh kimia terhadap perubahan komposisi atmosfer dan pengaruhnya terhadap lingkungan.

Komposisi Atmosfer

Komposisi atmosfer dapat digolongkan pada dua bagian, yaitu komponen utama  dan komponen kecil . Komponen utama atmosfer adalah bagian komposisi udara yang paling besar, yaitu misalnya pada udara kering pada bagian mengandung 78,08% nitrogen, dan 20,95% oksigen. Sedangkan komponen kecil atmosfer adalah komponen udara dalam jumlah sedikit, seperti 0,934% argon, karbon dioksida 0,036%. Udara dapat mengandung sebanyak 0,1-5% uap air, dan kadar normal adalah berapa pada skala 1-3%. Kadar gas mulia pada udara dilapisan atmosfer bagian bawah adalah berupa gas : neon 1,818×10-3 % helium 5,24×10-4  %, kripton 1,14×10-4 %, dan xenon 8,7×10-6 %, metana 1,7×10-4 %, hidrogen 5×10-6 %, nitrogen oksida 3×10-6 %, Ozon 4×10-6 % beberapa senyawa kimia dalam bentuk gas dalam jumlah kecil diurutkan pada tabel

Senyawa Kadar (% v/v) Sumber utama Proses menghilangkan
CH4 1,6 x 10-4 Biogenik dari sumber biologi Fotokimia
CO ~1,2 x 10-5 Fotokimia, antrofogenik dari aktivitas manusia Fotokimia
N2O 3 x 10-5 Biogenik Fotokimia
NOX berupa NO dan NO2 1×10-10-x 10-6 Fotokimia, halilintar, antrofogenik Fotokimia
HNO2 1 x 10-9 – 1 x 10-7 Fotokimia Melalui presipitasi
NH3 1 x 108 – 1 x 10-7 Biogenik Fotokimia, melalui presipitasi
H2 5 x 10-5 Biogenik, fotokimia Fotokimia
H2O2 1 x 10-8 – 1 x 10-6 Fotokimia Melalui presipitasi
HO (radikal bebas) 1 x 10-13 – 1 x 10-10 Fotokimia Fotokimia
HO2 radikal bebas 1 x 10-11 – 1 x 10-9 Fotokimia Fotokimia
H2CO 1 x 10-8 – 1 x 10-7 Fotokimia Fotokimia
CS2 dari organisme 1 x 10-9 – 1 x 10-8 Antrofogenik, Biogenik Fotokimia
OCS 1 x 10-8 Antrofogenik,Biogenik, Fotokimia Fotokimia
SO2 ~2 x 10-8 Antrofogenik, Fotokimia, letusan gunung berapi Fotokimia
I2 Sangat sedikit
CCL2F2 (feron) 2,8 x 10-5 Antrofogenik Fotokimia
H3CCCl3 (metil kloroform ~1 x 10-8 Antrofogenik Fotokimia

Bagaimana adik adik udah makin tau kan mengenai atmosfer , nah dipostingan selanjutnya kang Ayub akan membahas materi mengenai Bagian Bagian Dari Lapisan Atmosfer Bumi .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *