Pengertian Ikatan Kovalen Polar Dan Non Polar Serta Hubungan Keelektronegatifannya

A. Kepolaran ikatan kovalen

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! dipostingan ini kang ayub akan membahas materi mengenai pengertian ikatan polar dan kovalen non polar   .Nah kira kira adik adik tau apa saja sih yang mempengaruhi kepolaran dalam suatu ikatan kovalen ?

Kuy kita bahas sampai tuntas dan benar benar paham !

Seperti yang kita ketahui Kepolaran ikatan kovalen dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ikatan kovalen polar dan ikatan kovalen non polar.

1.Ikatan kovalen polar

Adik adik mesti tau bahwa Ikatan kovalen polar ini terjadi karena pasangan elektron ikatan tertarik lebih kuat ke salah satu atom. Adanya kepolaran ikatan disebabkan oleh perbedaan keelektronegatifan antarzat yang berikatan. Makin besar selisih keelektronegatifannya, makin besar pula kepolaran ikatan.

Adik adik tau apa itu keelektronegatifan ?

keelektronegatifan adalah kemampuan atau kecenderungan suatu atom untuk menangkap atau menarik elektron dari atom lain.

Nah jika adik adik masih bingung mengenai keelektronegatifan , kita bisa melihat keelektronegatifanny melalui skala paulng.

Pada ikatan kovalen polar, pasangan elektron ikatan tertarik oleh atom yang lebih elektronegatif. Atom tersebut menarik pasangan elektron terikat membentuk kutub negatif. Adapun atom yang kurang elektronegatif, membentuk kutup positif hingga terbentuk dwikutub (dipol) sehingga ikatan kovalen polar dinamakan ikatan kovalen dwikutub.

Atom klorin mempunyai kekuatan gaya tarik menarik electron yang jauh lebih kuat dari pada hydrogen. Hal ini dapat dilihat dari nilai keelektronegatifannya. Nilai keelektronegatifan klrin 3,0 dan hydrogen 2,1. Oleh karena pasangan electron lebih tertari ke atom klorin, maka klorin menjadi kutub positif. Peristiwa terjadinya kutub akibat adanya pasangan electron yang lebih tertarik ke salah satu atom disebut dengan polarisasi.

Tingkat kepolaran molekul dapat diketahui dari momen dipolnya. Momen dipol adalah ukuran kekuatan suatu dipol yang besarnya sama dengan muatan kutub dikalikan dengan jarak antara kedua muatan dipol tersebut.

senyawa kovalen polar memiliki momen dipol yang berbeda – beda. Beberapa senyawa dengan nilai momen dipolnya dapat dilihat dalam tabel di bawah ini :

Rumus Zat Momen Dipol (D)
HF 1,91
HCI 1,03
HBR 0,79
HI 0,38
H2O 1,84
NH3 1,46
CH3CI(KLOROFORM) 1,86
CH3COCH3(ASETON) 2,8
CCI4 0
CO2                             0

Sekarang, kita dapat menjelaskan mengapa minyak tidak bercampur dengan air. Hal itu terjadi karena air bersifat pilar, sedangkan minyak bersifat nonpolar. Zat polar cenderung lebih tertarik pada zat polar, sedangkan zat nonpolar lebih tertarik pada zat nonpolar. Oleh karena itu, kedua zat itu tidak saling bercampur. Berdasarkan tabel diatas dapat kita ramalkan bahwa minyak akan larut dalam ttraklorometana (CCI4).

Baca juga : Pegertian Ikatan Kimia , Ikatan Ion , Pembentukan Ikatan Ion

Momen dipol juga dipengaruhi oleh keelektronegatifan suatu unsur. Makin besar perbedaan keelektronegatifan suatu unsur yang membentuk senyawa, maka momen dipolnya makin besar sehingga tingkat kepolarannya makin besar. Harga keelektronegatifan berbagai unsur  dilihat pada sakla pauling dibawah ini

2. Ikatan kovalen non polar

Ikatan kovalen non polar terjadi jika pasangan elektron ikatan tertarik sama kuat ke semua atom. Ikatan kovalen nonpolar memiliki momen dipol sama dengan nol , berarti keelektronegatifannya sama . Cara menentukan polar atau tidak polarnya suatu molekul adalah sebagai berikut :

a. Molekul yang mengandung dua atom (dwiatom)

  1. Suatu molekul membentuk ikatan non polar jika kedua atom sejenis. Contoh : H2, Cl2 , O2
  2. Suatu molekul membentuk ikatan polar jika kedua atom tidak sejenis. Contoh : HCl, HBr,HF , HI ,

b. Molekul yang mengandung tiga atau lebih atom (poliatom)

  1. Suatu molekul membentuk ikatan nonpolar jika atom pusat tidak mempunyai pasangan elektron bebas (PEB). Hal ini mengakibatkan bentuk molekul menjadi simetris sehingga pasangan elektron ikatan (PEI) tertarik sama kuat ke semua atom. Contoh : CH4

Baca Juga : Pengertian Ikatan Kovalen , Pembentukan Dan Sifat Ikatan Kovalen

2. Suatu molekul membentuk ikatan polar jika atom pusat mempunyai PEB. Hal ini mengakibatkan bentuk    molekul tidak simetris sehingga PEI tertarik ke atom pusat.Contoh H2O.

B. Menyelidiki kepolaran senyawa

Senyawa polar adalah senyawa yang memilki dua kutub, yaitu kutub positif dan kutub negative. Untuk mengetahui suatu molekul merupakan molekul polar atau tida, dapat dilakukan dengan mengalirkan molekul tersebut dalam suatu medan magnet atau medan listrik. Apabila alirannya dibelokkan karena medan magnet atau medan listrik, berarti molekul tersebut polar, tetapi bila alirannya tidak dibelokkan oleh medan magnet atau listrik, berarti molekulnya merupakam molekul non-polar.

Baca Juga : Pengertian Isotop , Isoton , Isoelektron Dan Isobar , Serta Contohnya

Air merupakan molekul polar. Dalam molekul air, kedua kutub tidak saling meniadakan secara menyeluruh, tetapi sebagian. Hasilnya momen dwikutub H2O tidak sama dengan 0.

C. Memperkirakan jenis ikatan pada senyawa

Jenis ikatan pada senyawa dapat diperkirakan dari besarnya perbedaan elektronegativitas tiap atom yang berikatan. Jika perbedaannya sangat kecil (mendekati nol) , ikatan yang terbentuk adalah ikatan kovalen nonpolar. Jika perbedaan keelektronegativitas lebih besar dari pada nol dan kurang dari 1,5 ikatan yang terbentuk adalah ikatan kovalen polar. Jika perbedaan keelektronegativitas lebih besar dari 1,5 ikatan yang terbentuk adalah ikatan ion.

Perbedaan senyawa kovalen polar dan non polar.

No. Senyawa kovalen polar No. Senyawa kovalen non polar
1.2.

3.

4.

5.

Larut dalam pelarut polarMomen dipol  0

Dipengaruhi medan magnet

Bentuk molekul tidak simetris

Titik berat muatan positif dan negatif tidak berimpit.

1.2.

3.

4.

5.

Umumnya tidak larut dalam pelarut airMomen dipol = 0

Tidak dipengaruhi medan magnet

Bentuk molekul simetris

Titik berat muatan positif dan negatif berimpit.

Baca Juga : 40 Soal Ikatan Kimia Beserta Pembahasan

 

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *