konsep asam basa lewis

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! dipostingan kali ini kang ayub ingin membahas topik tentang Konsep Asam Basa Menurut Lewis . nah dipostingan sebelumnya kang ayub sudah membahas mengenai asam basa bronsted Lowry Dan menurut Arrhenius . teeri lewis ini melengkapi kelemahan kelemahan dari kedua teori tersebut , namun teori lewis ini masih memiliki kelemahan , nah penasaran ya adik adik apa kelemahan / kekurangan dari teori lewis ini .

nah tanpa basa pahit lagi kuy ku kita masuk kematerinya !

Teori Asam-Basa Lewis

Pada tahun 1932, ahli kimia G.N Lewis mengajukan konsep baru mengenai asam-basa, sehingga dikenal asam Lewis dan basa Lewis. Menurut konsep tersebut, yang dimaksud dengan asam Lewis adalah suatu senyawa yang mampu menerima pasangan elektron dari senyawa lain, atau akseptor pasangan electron dan basa Lewis adalah senyawa yang dapat memberikan pasangan elektron kepada senyawa lain donor pasangan elektron.

Konsep asam – basa yang di kembangkan oleh lewis di dasarkan pada ikatan kovalen koordinasi. Adalah ikatan yang terbentuk dengan cara penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari salah 1 atom yang berikatan [Pasangan Elektron Bebas (PEB)].

Konsep asam basa lewis

Atom atau spesi yang menerima pasangan elektron pada pembentukan ikatan kovalen koordinasi akan bertindak sebagai basa, sedangkan atom, molekul, atau spesi yang menerima pasangan elektron di sebut sebagai asam. Dengan konsep ini, dapat di jelaskan terjadinya reaksi asam – basa yang terjadi pada ion logam dengan suatu molekul atau ion.

asam basa lewis

Contohnya BF3, FeCl3, dan AlCl3 yang menunjukkan sifat asam dalam reaksi. Basa adalah senyawa yang dapat memberi pasangan elektron contohnya NH3, H2O dan CN- yang menunjukkan sifat basa dalam reaksi.

Baca juga :

beberapa contoh asam basa lewis :

asam basa

Teori asam-basa Lewis juga dapat digunakan untuk menjelaskan reaksi antara oksida nonlogam dengan air atau reaksi-reaksi lain yang terjadi pada spesi-spesi yang tidak memiliki atom hidrogen. Selain itu, teori ini juga dapat menjelaskan sifat amfoter suatu spesi.

kelebihan Dan Kekurangan Dari Teori Lewis

Keunggulan teori asam-basa Lewis adalah menggambarkan asam-basa yang tidak dapat digambarkan oleh Arrhenius dan Bronsted-Lowry. Teori asam-basa Lewis memperluas pengertian asam-basa. Menurut Lewis, asam-basa bukan hanya pelepasan ion H+ atau OH atau transfer proton (ion H+), melainkan senyawa yang reaksinya melibatkan pasangan elektron.

Adapun kelemahannya, teori asam-basa Lewis agar sukar menggambarkan reaksi asam-basa, seperti reaksi antara ion Fe3+ dan ion CN karena keduanya tidak melibatkan ion H+ atau ion OH. Selain itu, teori ini juga agak sukar menentukan kekuatan asam atau basa dari reaksi yang terjadi.

bagaimana adik adik sudah semakin paham materi Asam basa Lewis ini ? apakah ada pertanyaan ? jika ada silahkan isi petanyaan dikolom komentar ya !

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *