Hallo adik adik kimia , salam kimia ! Dipostingan kali ini kang Ayub akan membahas materi Penurunan Titik Beku Larutan Pada Sifat Koligatif Larutan . oke sebelum kemateri nya , apakah adik adik tau pengaplikasian nya  dalam kehidupan ? salah satu contoh Penurunan Titik Beku adalah membuat campuran pendingin , anti beku radiator mobil , antibeku untuk mencirkan salju .

Kuy tanpa basa pahit lagi , kita masuk saja kematerinya !

Penurunan Titik Beku

penurunan titik beku

Air murni membeku pada temperature 0C dan tekanan 1 atm. Temperature itu dinamakan titik beku normal air. Temperature dimana zat cair membeku pada tekanan 1 atm adalah titk beku normal zat cair itu. Dengan adanya zat tersebut, ternyata pada temperature 0C air belum membeku. Pada temperature itu tekanan uap jenuh larutan lebih kecil dari 1 atm. Agar larutan membeku, temperature larutan harus diturunkan sampai tekanan uap jenut larutan mencapai 1 atm.Besarnya perbedaan antara titik beku zat pelarut dengan titik beku larutan disebut penurunan titik beku (∆Tf ).

penurunan titik beku

Titik beku adalah suhu pada nilai tekanan tertentu, saat terjadi perubahan wujud zat dari cair menjadi padat. Penurunan titik beku adalah berkurangnya titik beku suatu larutan relative terhadap titik beku pelarut murninya. Penurunan titik beku berbanding lurus dengan kemolalan larutan. Hubungan antara penuruna;n titik beku larutan dan kemolalan larutan dapat dinyatakan sebagai berikut:

Tf = Kf  Χ m

Dengan Tf = penurunan titik beku larutan

Kf = tetapan penurunan titik beku molal pelarut

m = kemolalan

Penurunan titik beku yang disebabkan oleh 1 mol zat terlarut dalam 1.000 gram zat terlarut dinamakan penurunan titik beku molal (Kf ). Setiap zat pelarut mempunyai harga Kf  berbeda yang dapat dilihat pada tabel berikut.

Baca juga :

Tetapan Penurunan Titik Beku Molal (Kf)

Pelarut Titik Beku (C) Kf(C/molal)
Air 0 1,86
Benzene 5,4 5,1
Nitrobenzene 5,6 6,9
Asam Asetat 16,5 3,82
Fenol 39 7,3
Naftalena 80 7
Kamfer 180 40

Hubungan penurunan titik beku dengan konsentrasi larutan secara umum dapat dirumuskan sebagai berikut.

penurunan titik beku

Keterangan :

∆Tf        Penurunan Titik Beku Larutan

Kf           = Tetapan Penurunan Titik Beku Molal

m         = Kemolalan

w2        = Massa Zat Terlarut Dalam Gram

w1        = Massa Pelarut Dalam Gram

Mr       = Massa Molekul Relative Zat Terlarut

Bagaimana adik adik sudah paham materi Penurunan Titik Beku Larutan , nah dipostingan selanjutnya kang ayub akan memahas contoh soal dan latihan soal sifat koligatif latutan Penurunan Titik Beku . jika adik adik memiliki pertanyaan , silahkan isi dikolom komentar pertanyaan nya ya , terus tambah wawasan di blog jempol kimia ini ya . salam kimia !

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *