aqua regia

Hallo adik adik kimia , salam kimia , dipostingan kali ini kang Ayub akan membahas materi mengenai bagaimanakah aqua regia dapat melarutkan platina dan emas ?, taukah adik adik bahwasannya emas dan platina merupakan senyawa yang sangat sukar bereaksi ,? Dan termasuk salah satu logam yang bersifat inert , sangat sulit bereaksi dengan asam asam kuat seperti hal nya asam sulfat , asam nitrat , asam klorida .

Apakah aqua regia dapat melarutkan emas dan platina ? jawabannya adalah ia , aqua regia dapat melarutkan logam tersebut . lalu bagaimana sih mekanisme reaksinya , dan apa saja yang terkandung dalam aqua regia ini ?

Nah semua itu akan kita bahas disini , kuy tanpa basa pahit lagi kita masuk saja kematerinya ya adik adik

Aqua Regia

Aqua regia digunakan sekitar tahun 800 oleh alchemist Jābir ibn Hayyān . Penggunaan Jabir dari aqua regia yang melarutkan emas, yang terdiri dari asam hidroklorat dan asam nitrat. Dan pada tahun 1789.
Lavoisier menyebut aqua regia dengan sebutan asam nitro-muriatik

Ketika Jerman menyerang Denmark pada Perang Dunia II, ahli kimia Hungaria George de Hevesy membubarkan Hadiah Nobel Emas Max von Laue dan James Franck di aqua regia untuk mencegah Nazi mencuri mereka. Dia menempatkan solusi yang dihasilkan di rak di laboratoriumnya di Niels Bohr Institute. Hal itu kemudian diabaikan oleh Nazi yang menganggap botol itu merupakan satu dari ratusan senyawa kimia di rak yang mengandung bahan kimia umum. Setelah perang, de Hevesy kembali menemukan solusinya tidak terganggu dan mengendapkan emas keluar dari asam. Emas itu dikembalikan ke Royal Swedish Academy of Sciences dan Nobel Foundation yang menyusun medali dan kembali memberikannya kepada Laue dan Franck.

aqua regia atau air raja adalah larutan yang sangat korosif, berasap berwarna kuning atau merah, juga disebut asam nitro-hidroklorik. Campuran ini dibentuk dengan pencampuran baru asam nitrat pekat dan asam hidroklorat pekat, biasanya dalam rasio volumetrik 1: 3 .

Aqua Regia dapat melarutkan emas ? bagaimana aqua regia dapat  melarutkan emas ?

Baca juga:

Melarutkan Emas

Aqua regia melarutkan emas,kandungan dalam aqua regia adalah asam nitrat dan asam klorida , nah kita harus tau sifat sifat dari kedua asam tersebut juka digabungkan , Asam nitrat adalah oksidator kuat, yang benar-benar akan melarutkan jumlah emas yang tidak terdeteksi, membentuk ion emas (Au3). Sedangkan Asam klorida menyediakan pasokan ion klorida yang siap (Cl-), yang bereaksi dengan ion emas untuk menghasilkan anion klorat , juga dalam larutan. Reaksi dengan asam klorida adalah reaksi kesetimbangan yang mendukung pembentukan anion chloroaurate (AuCl4-).

reaksi aqua regia

Dapat kita lihat persamaan reaksi dibawah ini penggabungan antara asam klorida dan asam nitrat menjadi aqua regia

HNO3 (aq) + 3HCl (aq) → NOCl (g) + 2H2O (l) + Cl2 (g)

Seiring waktu, nitrosyl chloride (NOCl) akan terurai menjadi gas klorin dan nitrat oksida (NO). Asam nitrat mengoksidasi secara otomatis menjadi nitrogen dioksida (NO2):

2NOCl (g) → 2NO (g) + Cl2 (g)

2NO (g) + O2 (g) → 2NO2 (g)

lalu bagaimana reaksi antara aqua regia dengan emas ? langsung saja kita lihat reaksi antara aqua regia dengan emas dibawah ini

Au (s) + 3 NO3 (aq) + 6 H+ (aq) → Au3+ (aq) + 3 NO2 (g) + 3 H2O (l) dan Au3+ (aq) + 4 Cl (aq) → AuCl4 (aq).

Reaksi oksidasi juga dapat ditulis dengan oksida nitrat sebagai produk daripada nitrogen dioksida:

Au (s) + NO3 (aq) + 4 H+ (aq) → Au3+ (aq) + NO (g) + 2 H2O (l).

Melarutkan Platinum

Lalu bagaimana dengan reaksi aqua regia dengan platinum ? Persamaan serupa dapat ditulis untuk platinum. Seperti emas, reaksi oksidasi dapat ditulis dengan oksida nitrat atau nitrogen dioksida sebagai produk nitrogen oksida.

Pt (s) + 4 NO3 (aq) + 8 H+ (aq) → Pt4+ (aq) + 4 NO2 (g) + 4 H2O (l)

3Pt (s) + 4 NO3 (aq) + 16 H+ (aq) → 3Pt4+ (aq) + 4 NO (g) + 8 H2O (l)

Ion platinum teroksidasi kemudian bereaksi dengan ion klorida yang menghasilkan ion kloroplatinat.

Pt4+ (aq) + 6 Cl (aq) → PtCl62− (aq)

Bukti eksperimental mengungkapkan bahwa reaksi platinum dengan aqua regia jauh lebih kompleks. Reaksi awal menghasilkan campuran asam kloroplatin (H2PtCl4) dan
nitrosoplatinic chloride ((NO)2PtCl4). Nitrosoplatinik klorida adalah produk padat. Jika penuh
pembubaran platinum diinginkan, ekstraksi berulang dari padatan sisa dengan asam hidroklorat pekat harus dilakukan.
Pt (s) + 2 HNO3 (aq) + 4 HCl (aq) → (NO)2PtCl4 (s) + 3 H2O (l) + 1/2 O2 (g)

(NO)2PtCl4 (s) + 2 HCl (aq) → H2PtCl4 (aq) + 2 NOCl (g)

Asam kloroplatin dapat dioksidasi menjadi asam kloroplatinat dengan menjenuhkan larutan dengan klorin saat pemanasan.

H2PtCl4 (aq) + Cl2 (g) → H2PtCl6 (aq)

Melarutkan padatan platinum di aqua regia adalah cara penemuan untuk logam yang paling padat.

baaimana adik adik ? sudah makin paham mengenai aqua regia ? apakah adik adik memiliki pertanyaaan ? jika memiliki pertnyaan silahkan mengisi pertanyaan dikolom komentar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *