nitrogen

Hallo adik adik kimia , salam kimia ,dipotingan ini kita akan membahas materi Unsur Nitrogen . apakah adik adik sudah tau mengenai unsur nitrogen ? Nitrogen membentuk hampir empat perlima udara yang kita hirup, tetapi menjadi tidak aktif tidak digunakan dalam respirasi sama sekali – kita hanya menghirup nitrogen keluar lagi, tidak berubah. Namun, nitrogen sangat penting untuk pertumbuhan sebagian besar makhluk hidup, dan ditemukan sebagai unsur penting protein.
unsur nitrogen merupakan bagian utama atmosfer bumi, terhitung 78,08% dari total volume. Ini adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidak beracun dan hampir sepenuhnya lembam. Nitrogen (N), unsur non-logam dari Kelompok 15 [Va] dari tabel periodic.

Nitrogen ditemukan oleh dokter Skotlandia Daniel Rutherford pada 1772. Ini adalah unsur paling berlimpah kelima di alam semesta dan membentuk sekitar 78% dari atmosfer bumi, yang mengandung sekitar 4.000 triliun ton gas. Nitrogen diperoleh dari udara cair melalui proses yang dikenal sebagai distilasi fraksional.

Sifat Unsur Nitrogen

nitrogen

Nomor Atom: 7

Berat Atom: 14,00674

Titik lebur: 63,15 K (-210,00 ° C atau -346,00 ° F)

Titik didih: 77,36 K (-195,79 ° C atau -320,44 ° F)

Kepadatan: 0,0012506 gram per sentimeter kubik

Fase pada Suhu Kamar: Gas

Klasifikasi Elemen: Non-logam

Isotop

Ada dua isotop stabil pada nitrogen yaitu nitrogen-14 dan nitrogen-15. Lebih dari 99% dari nitrogen di alam semesta adalah nitrogen-14.

Baca juga :

Kegunaaan Nitrogen

  1. pembuatan amonia melalui proses Haber. Amonia selanjutnya digunakan untuk produksi pupuk dan untuk menghasilkan asam nitrat.
  2. Nitrogen digunakan sebagai atmosfer inert dalam tangki cairan eksplosif, selama produksi komponen elektronik seperti transistor, dioda, dan sirkuit terpadu, dan digunakan dalam pembuatan baja tahan karat.
  3. Nitrogen digunakan sebagai pendingin baik untuk pembekuan pembekuan produk makanan dan untuk transportasi makanan, untuk pengawetan tubuh dan sel reproduksi (sperma dan telur), dan untuk penyimpanan stabil sampel biologis dalam biologi.
  4. Asam nitrat digunakan sebagai oksidator dalam roket berbahan bakar cair. Hidrazin dan turunan hidrazin ditemukan digunakan sebagai bahan bakar roket.
  5. Nitrogen dalam bentuk cair (sering disebut sebagai LN2) sering digunakan dalam cryogenics. Nitrogen cair dihasilkan oleh distilasi dari udara cair. Pada tekanan atmosfer, nitrogen mengembun pada -195,8 derajat Celcius. (-320,4 derajat Fahrenheit). Ini adalah cairan pendingin yang sering digunakan untuk demonstrasi dalam pendidikan sains.

Siklus Nitrogen

Nitrogen

Agar tanaman dan hewan dapat memanfaatkan nitrogen, dua hal harus terjadi:

(a) gas nitrogen di atmosfer harus masuk ke dalam tanah

(b) N2 yang lembam harus dipecah menjadi senyawa yang lebih reaktif yang lebih mudah. untuk dimetabolisme. Satu mekanisme untuk ini terjadi selama badai petir, ketika kilatan petir memberikan energi tinggi yang diperlukan untuk memisahkan ikatan N2 sehingga rsuaknya ikatan rangkap tiga nitrogen oleh petir dan memungkinkannya bereaksi dengan oksigen untuk membentuk nitrogen oksida, seperti NO dan NO2. Ini kemudian dapat larut dalam uap air di awan untuk membentuk asam nitrat dan asam nitrat (HNO3 dan HNO2, masing-masing), yang kemudian menghujani ke tanaman menunggu, yang menyerapnya melalui sistem akar mereka.

Khusus jenis tanaman, bagaimanapun, terutama kacang-kacangan (seperti semanggi, kacang polong, kacang, alfalfa dan akasia), tidak perlu bergantung pada prosedur rumit untuk mendapatkan nitrogennya. Akar tanaman ini dijajah oleh bakteri Rhizobium, yang memiliki kemampuan untuk secara langsung mengubah N2 menjadi senyawa nitrogen yang berguna melalui penggunaan enzim khusus yang disebut nitrogenase. Proses ini disebut fiksasi nitrogen.

Fakta Menarik tentang Nitrogen

  • Nitrogen cair sangat dingin dan akan segera membekukan kulit ketika bersetuhan dan menyebabkan kerusakan parah dan radang dingin.
  • Nitrogen termasuk tujuh unsur yang paling melimpah di alam semesta massa.
  • Nitrogen adalah unsur yang paling berlimpah keempat dalam tubuh manusia. Ini menyumbang sekitar tiga persen dari massa tubuh manusia.
  • Nitrogen dihasilkan di dalam bintang dengan proses yang disebut fusi.
  • Nitrogen memainkan peran penting dalam molekul DNA.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *