pencegahan korosi

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! dipostingan sebelumnya kang Ayub sudah membahas mengenai Bagaimana Proses Terjadinya Korosi Pada Besi , disini kang ayub akan membahas menganai Bagaimana Cara Mencegah Korosi Pada Besi . yang mana telah kita kenal bahwa terjadinya korosi sangat merugikan bagi manusia , sehingga kita perlu melakukan pencegahan terjadinya korosi . diblog ini akan dibahas secara singkat , padat dan jelas.

Korosi adalah reaksi redoks antara suatu logam dengan senyawa lain yang terdapat di lingkungannya (misal air dan udara) dan menghasilkan senyawa yang tidak dikehendaki. ketika besi bertemu dengan air dan oksigen, elektron besi akan mudah terlepas dan bereaksi membentuk karat. Besi yang mengalami korosi membentuk karat dengan rumus Fe2O3.

Pencegahan Korosi

Ada beberapa metode mencegah perkaratan antara lain :

  1. Pengecetan

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah korosi yaitu dengan pengecetan . Pengecetan dilakukan agar besi terlindungi dari air dan udara . selain menghidnari korsi , pengecetan memberikan warna yang indah dan memiliki nilai estetika .

  1. Pemberian oli

Selain dengan pengecetan dapat juga kita lakukan pemberian oli pada besi , atau pagar depan rumah , memang pemberian oli membuat pagar tidak memberikan warna yang indah ,namun dapat menghidari teradinya korosi pada pagar dan terlindungi oleh air dan udara yang dapat menyebabkan oksidasi pada besi .

baca juga :

  1. Tin plating

Tin plating (pelapisan dengan timah) merupakan sebuah proses elektrolisis yang dilakukan untuk menghindarkan bahan dari perusakan. Bahan yang bisa di lindungi dengan menggunakan proses ini adalah bahan-bahan besi serta besi baja dan juga bahan-bahan yang tidak terbuat dari besi.

Keberadaan dari coat ini memang sangat bermanfaat terutama untuk bahan-bahan besi yang memang mudah mengalami korosi.Contoh nya Kaleng-kaleng kemasan terbuat dari besi yang dilapisi dengan timah. Timah tergolong logam yang tahan karat. Akan tetapi, lapisan timah hanya melindungi besi selama lapisan itu utuh (tanpa cacat). Apabila lapisan timah ada yang rusak, misalnya tergores, maka timah justru mendorong/mempercepat korosi besi.

  1. Chromium Plating

Cara pencegahan lainnya adalah dengan cara Cromium Plating. Chromium plating merupakan proses pelapisan dengan menggunakan kromium yang hampir sama seperti zink. Kromium akan memberikan perlindungan terhadap korosi walaupun lapisan ini sendiri akan rusak, contoh hal ini adalah seperti pada sepeda dan bumper mobil.

  1. Galvanisasi

Galvanisasi adalah pelapisan yang dilakukan dengan zink plating. Setelah proses galvanisasi, besi dapat dilindungi dan zink yang mengalami oksidasi.Besi galvanis sering digunakan untuk badan mobil-mobil, pipa besi, tiang telpon dll.

Faktor Faktor Penyebab Korosi

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya korosi antara lain :

  1. Konsentrasi air dan oksigen,biasanya air dan oksigen dapat menyebabkan korosi , karena dalam kondisi kelembapan yang lebih tinggi, besi akan menjadi lebih cepat berkarat . Sama halnya jika dalam air yang kadar oksigennya tinggi, besi juga akan menjadi cepat berkarat. Karena air dan oksigen berperan sebagai medium terjadinya korosi.
  2. pH atau tingkat keasaman, pada suasana atau lingkungan yang tingkat keasamannya kurang dari 7, proses terjadinya korosi akan menjadi lebih cepat dari pada dalam suasana netral atau basa.
  3. Keberadaan elektrolit, keberadaan elektrolit seperti garam pada medium korosi akan membuat proses korosi juga menjadi lebih cepat. contoh nya hujan asam , karena hujan asam termasuk jenis elektrolit lemah .
  4. Suhu juga mempengaruhi korosi ,jika semakin tinggi suhunya maka akanĀ  semakin cepat pula proses korosi.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *