Hai Hai , gimana kabar adik semuanya ? salam kimia ! Dipsotingan ini kang ayub akan menyajikan informasi mengenai Unsur Fosfor , sebelumnya adik adik sudah mengenal belum unsiur fosfor ini , kang ayub sudah merangkumnya dengan sangat ringkas padat dan jelas . tanpa basa basi lagi kuy kita simak saja materinya !

Fosfor pertama kali ditemukan pada 1669 oleh dokter Jerman Hennig Brand (1630-1692). Brand berkeyakinan bahwa kunci untuk mengubah logam menjadi emas dapat ditemukan dalam urin. Dia memutuskan untuk mencari “substansi ajaib” yang bisa mengubah timah menjadi emas dalam urin. Dalam proses pemanasan dan memurnikan air seni, ia memperoleh fosfor. Penemuan itu penting karena itu adalah pertama kalinya seseorang telah menemukan unsur tidak diketahui masyarakat kuno. Dalam hal itu, Brandadalah orang pertama yang bisa disebut penemu dari unsur ini.

Pengertian Fosfor

Fosfor, dalam bentuk umumnya, adalah putih lilin (atau kekuningan) padat yang memiliki bau tidak enak khas mirip dengan bawang putih. memiliki lambang P dan nomor atom 15.dan termasuk unsur nonlogam, dalam tabel periodik terletak pada golongan VA dan periode ketiga.

Fosfor adalah unsur yang menarik yang terjadi di setidaknya tiga bentuk yang sangat berbeda. Jika dibiarkan terkena udara, maka fosfor dapat terbakar sendirinya. Fosfor juga bersinar dalam gelap.

Baca Juga : Mengapa Logam Tembaga , Emas Dan Perak Dikatakan Logam Mata Uang

Sifat Unsur  Fosfor

Unsur Fosfor

Nomor Atom: 15

Berat Atom: 30.973

Titik lebur: 317,30 K (44,15 ° C atau 111,47 ° F)

Titik didih: 553,65 K

(280,5 ° C atau 536,9 ° F)

Kepadatan: 1,82 gram per sentimeter kubik

Fase pada Suhu Kamar: Padat

Klasifikasi Elemen: Non-logam

Periode Nomor: 3 Nomor Kelompok: 15

Ada berbagai bentuk alotropik fosfor di alam, dalam bab ini kita akan belajar tentang bentuk-bentuk alotrop Fosfor bersama dengan sifat-sifatnya.

Baca juga : Pengertian Nitrogen , Sifat Nitrogen Beserta Fakta Unik Nitrogen

Fosfor Putih

unsur fosfor

Fosfor putih sangat reaktif jika terkena udara . Fosfor putih sejatinya hanyalah berbentuk bubuk berwarna putih. Namun ketika fosfor ini ditempatkan sebagai pengisi bom, akan sangat berbahaya. pembakaran dari fosfor putih dengan oksigen ini akan menghasilkan api berwarna kuning hingga oranye, sambil menghasilkan asap putih yang sangat banyak. Senyawa yang terkandung dalam asap ini disebut Fosfor pentoksida.

Ciri khas dari fosfor putih adalah tidak akan mati sebelum menyentuh tanah. Disamping itu, fosfor putih akan tetap terbakar hingga kandungan oksigen di sekitarnya habis. Hal inilah yang menyebabkan fosfor putih dapat begitu lama bertahan di udara hingga benda-benda di sekitarnya dapat dibakar habis dengan cepat, tak terkecuali manusia. Lamanya sifat membakar dari fosfor putih menyebabkan orang yang terpapar seakan tak sadar jika materi asap ini telah menembus kulit, saraf, otot, hingga ke dalam tulang dan membakarnya sampai tewas mengenaskan.

Baca Juga : Keunikan Pada Logam Alkali

Ciri lain dari fosfor putih adalah dapat terbakar di udara bebas jika temperatur mencapai 30 derajat Celcius. Itu berarti, fosfor dapat terbakar jika cuaca sedang panas atau hari sedang hangat. Kondisi suhu di timur tengah yang panas pada siang hari jelas sangat mendukung terbakarnya fosfor putih, bahkan mempercepat pembakarannya.biasanya fosfor putih ini dijadikan sebgai senjata kimia dan pernah digunakan saat perang dunia.

Berikut dibawah ini merupakan sifat dari fosfor putih :

  1. Penampilan tembus pandang seperti lilin putih padat
  2. Beracun di alam
  3. Kurang stabil dan lebih reaktif
  4. Tidak larut dalam air
  5. Ketika dicampur dengan karbon disulfida itu larut
  6. Bersinar dalam gelap (chemiluminescence)

Fosfor Merah

unsur fosfor

fosfor merah terdiri dari empat atom fosfor tetrahedrally dan merupakan salah satu alotrop dari fosfor . fosfor merah yang berbentuk Kristal padayt tidak dapat larut dalam air dan karbon disulfida. Cara memperoleh fosofor merah ini dengan cara memanaskan fosfor putih ke 250ºC.Juga dapat diperoleh dengan hanya mengekspos fosfor putih terhadap sinar matahari.Fosfor merah ini tidak begitu berbahaya dan tidak terlalu reaktoif dibandingkan dengan fosfor putih,

Baca Juga : Penjelasan Kecendrungan, Sifat ,Serta Kegunaan Unsur Logam Kromium

Berikut dibawah ini merupakan sifat fosfor merah :

  1. Memiliki kilau abu-abu besi
  2. Tidak berbau
  3. Tidak bertanggung jawab
  4. Sifat kelarutan: tidak larut dalam air dan disulfida karbon
  5. Tidak bersinar dalam gelap
  6. Secara kimiawi, fosfor putih lebih reaktif daripada fosfor merah

Fosfor Hitam

α-hitam dan β-hitam dua bentuk fosfor hitam. Ketika fosfor merah dipanaskan dalam tabung tertutup di 803K, bentuk α-hitam terbentuk. Hal ini dapat menyublim di udara dan memiliki baik kristal rhombohedral atau monoklinik buram. Ia tidak mengoksidasi di udara 473 K β-Hitam terbentuk, tidak terbakar di udara hingga 673 K. Struktur bentuk hitam dari zat ini ditunjukkan di bawah ini:

Baca Juga : Kenali Sifat Sifat Unsur Golongan Transisi

Kegunaan  Fosfor

  • Asam fosfat (H3PO4) digunakan dalam minuman ringan
  • Pembuatan pupuk pada senyawa superfosfat (Ca (H2PO42 · H2O).
  • Trinatrium fosfat (Na3PO4) digunakan sebagai agen pembersih dan sebagai pelunak air.
  • Kalsium fosfat (Ca3 (PO42) digunakan dalam produksi baking powder.
  • Beberapa senyawa fosfor bersinar digunakan dalam bola lampu neon dan televisi.
  • Fosfor putih digunakan sebagai bahan baku pembuatan asam fosfat

3P(s) + 5HNO3(aq) + 2H2O(l) → 3H3PO4(aq) + 5NO(g)

  • Fosfor merah digunakan untuk membuat bidang gesek korek api yang dicampur dengan pasir halus dan Sb2S3.
  • Fosfor sebagai batuan fosfat digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk fosfat

Ca3(PO4)2 + 2H2SO4 + 4H2O → 2CaSO4.2H2O + Ca(H2PO4)2

Baca Juga : Warna Senyawa dan Sifat Kemagenetan Dari Unsur Transisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *