besi berkarat

Hallo adik adik kimia salam kimia !dipostingan ini kang ayub akan membahas mengenai mekanisme terjadinya korosi , pastinya adik adik sudah banyak yang tau mengenai korosi yang terajdi pada kehidupan ini , contohnya saja sebuah besi yang berkarat diluar rumah , terkena panas dari matahari lalu terkena sinar hujan seihingga besi itu mengalami perubahan warna .

Pernahkah terlintas dipikiran adik adik , mengapa emas yang dipakai setiap hari , yang selalu terkena air dan panas tidak mengalami perkaratan ?lalu apakah semua logam dapat berkarat ? lalu bagaimana proses terjadi nya perkarataan ? baik disini kang Ayub akan menjelaskan nya secara ringkas padat dan jelas , kuy mari kita masuk saja materinya !

Pengertian Korosi

Korosi adalah reaksi redoks antara suatu logam dengan senyawa lain yang terdapat di lingkungannya (misal air dan udara) dan menghasilkan senyawa yang tidak dikehendaki.

Proses timbulnya karat (dalam sains dikenal dengan istilah korosi) berawal dari adanya interaksi antara suatu logam dengan air dan oksigen. Interaksi ini menghasilkan zat baru yang disebut dengan karat.

Besi merupakan bahan yang sangat penting bagi kehidupan dan sering dipakai saat konstuksi bangunan , seperti bangun rumah , ruko ,perkantoran , dan besi sangat mudah berkarat jika terkena udara . maka pengendalian korosi pada besi menjadi hal yang penting. Untuk dapat mengendalikan korosi, tentunya kita harus memahami mekanisme terjadinya korosi pada besi. Berdasarkan produk yang dihasilkan, korosi tergolong proses elektrokimia.

Mekanisme Korosi Pada Besi

reaksi perkaratan besi

Besi memiliki permukaan yang tidak halus akibat komposisi yang tidak sempurna, juga akibat perbedaan tegangan permukaan yang menimbulkan potensial pada daerah tertentu lebih tinggi dari daerah lainnya.Elektron-elektron pada besi sangat mudah melepaskan diri (keluar dari logamnya), sementara elektron-elektron pada emas lebih senang berada di dalam logam. Itulah mengapa, ketika besi bertemu dengan air dan oksigen, elektron besi akan mudah terlepas dan bereaksi membentuk karat.

Baca juga:

Besi yang mengalami korosi membentuk karat dengan rumus Fe2O3.Untuk contoh korosi logam besi dalam udara lembab, misalnya proses reaksinya dapat dinyatakan sebagai berikut :

korosi

Dari data potensial elektrode dapat dihitung bahwa entalpi standar untuk proses korosi ini, ,yaitu reaksi ini terjadi pada lingkungan asam di mana ion H+ sebagian dapat diperoleh dari reaksi karbon dioksida atmosfer dengan airmembentuk H2CO3. Ion Fe+2 yang terbentuk, di anode kemudian teroksidasi lebihlanjut oleh oksigen membentuk besi (III) oksida :
2Fe(OH)2 + O2 → Fe2O3.nH2O
Reaksi kimia terbentuknya karat ialah sebagai berikut.
4Fe + 3O2 + nH2O → 2Fe2O3.nH2O
Hidrat besi (III) oksida inilah yang dikenal sebagai karat besi. Sirkuit listrikdipacu oleh migrasi elektron dan ion, itulah sebabnya korosi cepat terjadi dalam air garam.

 

selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mencegah korosi pada besi . bagaiamana adik adik apakah ada pertanyaan mengenai materi diatas ? jika ada silahkan isi pertanyaan pada kolom komentar dibawah ini ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *