kandungan senyawa beracun dalam rokok

Hallo adik adik kimia , salam kimia !dipostingan ini kang Ayub akan membahas 12 Kandung Senyawa Beracun Dalam Rokok . Para ahli mengatakan bahwa asap rokok mengandung lebih dari 4.000 senyawa berbeda. Sejumlah besar dari mereka beracun (beracun) dan dapat merusak sel-sel kita dan banyak diantaranya bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker).Perokok aktif Indonesia Mencapai 60 juta , sebagian besar nya adalah kalangan remaja.
“Asap rokok dapat mempengaruhi aliran oksigen dalam tubuh kita dalam dua cara,” pulmonologist yang mengkhususkan diri dalam rehabilitasi paru dengan City of Hope, Dr Brian Tiep kepada Medical Daily. “Pertama, karbon monoksida masuk ke molekul hemoglobin, yang mencegah pengangkutan oksigen melalui sel darah merah. Kedua, sianida menghambat kemampuan jaringan untuk mengambil dan memanfaatkan oksigen. Tisu tidak dapat berfungsi tanpa aliran oksigen yang stabil ini. ”.

Berikut kami rangkum beberapa senyawa kimia beracun dari rokok

Kandungan Senyawa Beracun Rokok

  1. Asetaldehida – bahan kimia ini digunakan dalam resin dan lem. Itu diyakini sebagai karsinogen. Para ahli mengatakan ada kemungkinan bahwa itu memfasilitasi penyerapan bahan kimia berbahaya lainnya ke dalam tabung bronkial.
  2. Aseton – bahan kimia ini digunakan dalam pelarut. Ini mengiritasi mata, hidung dan tenggorokan. Paparan jangka panjang dapat merusak hati dan ginjal.
  3. Amonia – diketahui menyebabkan asma dan meningkatkan tekanan darah. Amonia digunakan dalam pembersih.
  4. Benzene – digunakan dalam bensin, menyebabkan beberapa jenis kanker, termasuk leukemia
  5. Chromium – diketahui menyebabkan kanker paru-paru. Ini digunakan dalam perawatan kayu, pengawet kayu, pelapisan logam dan paduan. Mereka yang terlibat dalam pengelasan memiliki risiko paparan terbesar.
  6. Formaldehyde – bagian dari resin yang digunakan dalam insulasi busa, kayu lapis, papan serat dan papan partikel. Dapat menyebabkan kanker hidung, serta merusak sistem pencernaan, kulit dan paru-paru.
  7. Asam Sianida – beberapa negara menggunakan bahan kimia ini di kamar gas mereka untuk eksekusi. Ini melemahkan paru-paru dan menyebabkan kelelahan, sakit kepala dan mual. Ini digunakan dalam produksi plastik akrilik dan resin, dan juga bisa menjadi fumigan.
  8. Timbal – timbal merusak saraf di otak, serta ginjal dan sistem reproduksi manusia. Asupan timbal juga bisa menyebabkan masalah perut dan anemia. Ini adalah karsinogen yang dikenal dan terutama toksin untuk anak-anak. Timbal digunakan dalam cat dan paduan logam.
  9. Metil Etil Keton (MEK) – menekan sistem saraf manusia, mengiritasi mata, hidung dan tenggorokan. MEK digunakan dalam pelarut.
  10. Isoprena – mirip dengan 1,3-butadiena. Ini menyebabkan kulit, mata dan iritasi membran mukosa. Ini digunakan dalam karet.
  11. Phenol – zat yang sangat beracun ini berbahaya untuk CNS (sistem saraf pusat), sistem kardiovaskular, sistem pernapasan, ginjal dan hati. Ini digunakan dalam resin di kayu lapis dan bahan konstruksi.
  12. Toluena – menyebabkan kebingungan, kehilangan ingatan, mual, lemah, anoreksia, dan gerakan mabuk. Ini juga terkait dengan kerusakan otak permanen. Bahan kimia ini digunakan dalam resin.

Baca Juga :

Bagaimana adik adik , sangat banyak bukan kandungan senyawa kimia berbahaya dalam rokok ? bagi adik adik yang merokok berhentilah merokok , karena kandungan dalam rokok sangat lah berbahaya , dan banyak riset telah membuktikan  bahwa , penyakit kanker itu terjadi karena rokok . Dengan belajar kimia kita dapat tau bahwasannya sangat banyak senyawa kimia dalam kehidupan ini , ada yang bermanfaat bagi kehidupan dan ada yang berbahaya bagi kehidupan. sayangilah keluarga dengan tidak merokok . tetap semangat adik adik dalam belajar ! salam kimia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *