Asam Sianida

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! apakah adik adik  masih ingat berita viral ,seorang wanita meninggal setelah meminum kopi di kafe oliver ? tentu nya sobat langsung teringat  kopi sianida yang terjadi pada wayan mirna salihin ? siapa sangka bahwa pelakunya adalah sahabatnya sendiri yaitu Jessica kumala wongso , yang saat ini masih menjalani hukuman atas perbuatannya tersebut .

Dan Siapa sangka bahwa racun sianida sangat berbahaya  dan beracun , dalam jumlah sedikit saja masuk kedalam tubuh dan bereaksi beberapa menit dalam tubuh dapat menyebabkan kematian .

Lalu bagaimanakah  mekanisme racun sianida bereaksi dengan tubuh sehingga menyebabkan kematian  ?  seberapa toksikkah sianida ini ? kuy mari kita pelajari disini

Racun Sianida ?

Sianida merupakan senyawa kimia yang mengandung ikatan antara atom karbon dan nitrogen  (CN), sangat banyak zat yang mengandung sianida , tetapi tidak semu zat nya beracun . berikut adalah senyawa sianida yang dapat mematikan seperti NaCN (Natrium sianida) , KCN (kalium sianida).

asam sianida adalah senyawa yag berbentuk cairan yang tidak bewarna dan sangat mudah menguap, pada suhu kamar asam sianida berwarn biru pucat. Asam sianida sangat mudah bercampur dalam air.

Tidak semua orang dapat mencium bau dari sianida, karena pada dasarnya sianida tidak selalu mengeluarkan bau. Sekalipun berbau, sianida akan tercium seperti kacang almond pahit.

Asam  sianida sangat mudah masuk ke dalam saluran pencernaan. Dalam dosis besar, sianida dapat sangat fatal akibatnya. Setelah terpapar, sianida langsung masuk ke dalam pembuluh darah. Jika sianida yang masuk ke dalam tubuh masih dalam jumlah yang kecil, maka sianida akan diubah menjadi tiosianat yang lebih aman dan diekskresikan dari tubuh. Namun bila jumlah sianida yang masuk ke dalam tubuh dalam dosis yang besar, tubuh tidak akan mampu untuk mengeluarkannya. Bila sianida masuk melalui sistem pencernaan maka kadar tertinggi adalah di hati.

Baca juga :

Bahkan, paling bahaya dibandingkan dengan jenis lainnya. Gas ini mungkin tidak terlalu berbahaya jika ada di ruangan terbuka, karena dapat menyebar dan menguap. Namun lain halnya jika gas tersebut ada di dalam ruangan tertutup.

Adapun gejala gejala yang dialami ketika terpapar sianida diantaranya adalah : mual , pusing ,sesak nafas , sakit kepala , bertingkah aneh , kantuk berlebihan dan  koma .

Sumber Racun Sianida

Sebenarnya sianida dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari hari dalam makanan , contohnya kacang almond , biji aprikot, biji jeruk, biji apel , ubi kayu, rebung, kacang lima, tapioka, dan lubang yang terdapat di dalam buah. Selain itu, sianida juga terdapat di dalam asap kendaraan, asap rokok, beberapa jenis alga, bakteri, dan jamur.

Meski sianida terdapat di dalam beberapa jenis makanan yang mungkin kita temui dalam kehidupan, sebenarnya asam sianida bisa dikatakan cukup aman asal kita mengolahnya dengan benar . biasanya , efek yang dapat menyebabkan mematikan dari sianida ,dapat terjadi karena kecelakaan atau karena unsur kesengajaan . Efek mematikannya yang cukup cepat tidak jarang dijadikan alat untuk meneror atau bahkan membunuh seseorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *