grafik laju reaksi

Setiap benda memiliki laju reaksi nya masing masing ,contohnya ketika sobat membeli barang / snack berupa potato , chitatos dan minuman , apa yang pertama kali sobat lihat ? apakah melihat tanggal kadaluarsa ? ya , benar sekali , itu merupakan contoh dari laju reaksi .Dan sangat banyak contoh lainnya dalam kehidupan ini .

Laju Reaksi

Laju Reaksi

Baca Juga : Waspadai,10 Dampak Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Tahukah sobat apa itu laju reaksi ? Laju reaksi menyatakan laju berkurangnya jumlah reaktan atau laju bertambahnya jumlah produk dalam satuan waktu. Satuan jumlah zat bermacam macam, misalnya gram, mol, atau konsentrasi. Sedangkan satuan waktu digunakan detik, menit, jam, hari, ataupun tahun. Dalam reaksi kimia banyak digunakan zat kimia yang berupa larutan atau berupa gas dalam keadaan tertutup, sehingga dalam laju reaksi digunakan satuan konsentrasi (molaritas) .

laju reaksi

Laju beberapa kegiatan, misalnya, berlari, membaca, memasak, dsb, menyatakan jumlah tertentu yang kamu selesaikan terhadap waktu. Dengan cara yang sama kita juga dapat mengukur laju reaksi kimia.

Contoh reaksi kimia sederhana :

AB

Mari kita asumsikan reaksi ini tidak terjadi secara tiba-tiba, tapi berlangsung dalam selang waktu tertentu. Laju reaksi dapat dinyatakan sebagai ukuran perubahan jumlah molekul A ke molekul B persatuan waktu. Jumlah molekulnya dapat dinyatakan dalam satuan mol, sedangkan waktunya dalam detik.

Baca juga : Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Beserta Penjelasannya

Rumus Laju reaksi

Volume reaksi biasanya tetap konstan. Untuk mengontrol laju reaksi sering digantikan dengan penggunaan konsentrasi, sehingga satuannya menjadi M/detik atau M/menit.

rumus laju reaksi

Pada awal reaksi, reaktan ada dalam keadaan maksimum sedangkan produk ada dalam keadaan minimal. Setelah reaksi berlangsung, maka produk akan mulai terbentuk. Semakin lama produk akan semakin banyak terbentuk, sedangkan reaktan semakin lama semakin berkurang. Laju reaksi tersebut dapat digambarkan seperti pada gambar.

grafik laju reaksi

Grafik laju reaksi perubahan konsentrasi produk dan konsentrasi reaktan

Dari gambar terlihat bahwa konsentrasi reaktan semakin berkurang, sehingga laju reaksinya adalah berkurangnya konsentrasi R setiap satuan waktu, dirumuskan sebagai:

rumus laju reaksi

dengan:

[R] = perubahan konsentrasi reaktan (M)

 t = perubahan waktu (detik)

v = laju reaksi (M detik-1)

Tanda (–) artinya berkurang.

Baca juga : Laju Reaksi :Persamaan Laju Reaksi Dan Orde Reaksi Kimia

Berdasarkan gambar terlihat bahwa produk semakin bertambah, sehingga laju reaksinya adalah bertambahnya konsentrasi P setiap satuan waktu, dirumuskan sebagai

rumus laju reaksi

dengan:

[R] = perubahan konsentrasi reaktan (M)

 t = perubahan waktu (detik)

v = laju reaksi (M detik-1)

Tanda (+) artinya bertambah.

Baca Juga : Faktor Pengaruh Pergeseran Kesetimbangan Kimia

Contoh soal :

1. Dalam suatu ppraktikum kimia , seorang siswa memasukkan 8 gram zat A (Ar A =65) kedalam tabung reaksi yang berisi 200 ml larutan HCl 2 M . setelah reaksi berlangsung selama 2 menit zat A masih tersisa sebanyak 1,5 gram . berapakah laju pengurangan zat A ?

Jawab :

Massa A zat yang bereaksi = 1,5 g – 8 g = – 6,5 gram

latihan laju reaksi

2. Berdasarkan eksperimen pada reaksi berikut.

H2O2 (aq) + 2 HI (aq) → 2H2O2 (l) + I2 (aq)

Diketahui bahwa konsentrasi I2 bertambah dari 0 menjadi 0,002 mol/L dalam waktu 10 sekon . berapakah laju reaksi pembentukan I2 ?

Jawab :

Dapat kita lihat I2 merupakan produk jadi rumus yang digunakan adalah

Latihan Laju reaksi

Baca Juga : 25 Soal Dan Pembahasan Materi Laju Reaksi Kelas XI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *