kesetimbangan kimia

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! dipostingan kali ini kang  Ayub akan membahas Kesetimbangan Kimia , nah untuk memperoleh gambaran tentang konsep kesetimbangan, kita ambil contoh proses kesetimbangan dengan uap air dalam sebuah botol. Bila air diletaakkan didalam botol terbuka dan dibiarkan dalam waktu yang cukup lama,maka air dalam botol akan berkurang karena butir-butir air menguap dari permukaan air dan keluar dari botol. Pada botol tertutup , uap air yang terjadi pada proses penguapan tidak keluar dari botol. Akibatnya, bila uap telah menjadi jenuh ada sebagian upa air yang akan mengembun kembali menjadi butir-butir air yang menempel pada botol dan akhirnya mengalir lagi kedalam botol. Proses ini berlangsung terus menerus.

kesetimbangan kimia

Mengapa air dalam botol tetap ?air daalam botol tetap karena jumlah air yang menguap sama dengan jumlah auap air yang mengembun kembali menjadi air. Dapat dikatakan bahwa didalam botol tersebut laju penguapan air sama dengan laju pengembunan air. Proses demikian itu disebut dengan kesetimbangan dinamis, yaitu proses bolak-balik denagn laju yang sama untuk kedua arah. Proses kesetimbanagn dinamis ini dapat juga terjadi dalaam suatu reaksi kimia .proses kesetimbangn dalam reaksi kimia terjadi apabila reaksinya merupakan reaksi bolak-balik, dan berlangsung dalam system tertutup, seperti halnya yang terjadi pada proses penguapan dan pengembunan air pada contoh diatas.

Baca Juga : Kesetimbangan Kimia : Jenis Jenis kesetimbangan Dan Tetapan Kesetimbangan Kimia

Pengertian Kesetimbangan Kimia

Kesetimbangan kimia merupakan reaksi bolak-balik yang mana laju reaksi reaktan dan produk sama dan konsentrasi keduanya tetap. Kesetimbangan kimia hanya terjadi pada reaksi bolak-balik yang mana laju terbentuknya reaktan sama dengan laju terbentuknya produk.

Kesetimbangan kimia mempunyai dinamis, sehingga sering disebut kesetimbangan dinamis. Kesetimbangan dinamis adalah suatu reaksi bolak-balik di saat kondisi konsentrasi tetap tetapi sebenarnya tetap terjadi reaksi secara terus-menerus. Kesetimbangan dinamis tidak terjadi secara makroskopis tapi terjadi secara mikroskopis (partikel zat).

Kesetimbangan kimia hanyan terjadi pada reaksi bolak-balik yang mana laju pembentuk reaktan sama dengan laju pembentuk produk. Reaksi akan terjadi menerus secara mikroskopis jadi bisa disebut dengan kesetimbangan dinamis.

Baca Juga : Faktor Pengaruh Pergeseran Kesetimbangan Kimia

Ciri-Ciri Keadaan Setimbang

Adapun ciri-ciri keadaan setimbang adalah sebagai berikut:

  1. Terjadinya dalam wadah yang tertutup, dengan suhu dan tekanan tetap
  2. Laju reaksi ke reaktan sama dengan laju reaksi ke produk
  3. Reaksinya berjalan secara terus-menerus (dinamis) dalam dua arah yang berlawanan
  4. Terjadinya sangat mikroskopis di tingkat partikel zat
  5. Konsentrasi produk dan reaktan tetap

Reaksi Bolak-Balik dan Kesetimbangn Kimia

Meskipun hampir semua reaksi merupakan reaksi dapat balik, tetapi tidak semua reaksi dapat balik akan menjadi reaksi setimbang. Untuk dapat menjadi reaksi setimbang , diperlukan persyaratan lainnya, yaitu reaksinya bolak-balik, sistemnya tertutup dan bersifat dinamis.

Baca Juga : Kesetimbangan Kimia – Pengertian , Faktor Dan Contoh Soal

a. Reaksi bolak-balik

Suatu reaksi kadang memerlukan adanya pengaruh dari luar untuk dapat balik.Oleh karena itu, reaksi tersebut tidak dapat berlangsung secara bersamaan. Suatu reaksi dapat menjadi reaksi kesetimbangan jika reaksi baliknya dapat dengan mudah berlangsung secara bersamaa, seperti proses penguapan dan pengembunan air pada botol. Proses penguapan dan pengembunan air dapat berlangsung dalam waktu yang bersamaan.

  • Reaksi Kesetimbangan homogeny

Kesetimbangan homogen adalah suatu kesetimbangan yang hanya terdiri atas satu fasa atau reaksi dalam dimana semua spesies pereaksi ada dalam fase yang sama dan salah satu contoh kesetimbangan homogen yaitu:

Contoh : H2 (g)  + I2 (g)      ⇋   2HI(g)

Reaksi-reaksi gas atau larutan , akan lebih mudah berlangsung bolak-balik dibandingkan dengan reaksi heterogen.

  • Kesetimbangan heterogen

Kesetimbangan heterogen adalah kesetimbangan kimia dengan zat-zat yang berada dalam keadaan setimbang mempunyai wujud zat yang berbeda (dua fasa atau lebih ).

Contoh   :  C(s)  + O2 (g)  ⇋  CO2 (g)

Umumnya reaksi heterogen dapat berlangsung bolak-balik pada suhu tinggi.

b. System tertutup

System tertutup adalah suatu system reaksi dimana zat-zat yang bereaksi dan zat-zat hasil reaksi tidak ada yang meninggalkan system. System tetutup bukan berrti reaksi tersebut dilakukan pda ruang tertutup .

Baca juga : 50 Soal Dan Pembahasan Soal Kesetimbangan Kimia

c. Bersifat dinamis

Bersifat dinamis artinya secar mikroskopis reaksi berlaangsung terus menerus dalam dua rah dengan laju reaksi pemebntukan sama dengan laju reaksi baliknya. Berlangsungnya suatu reaksi secara makroskopis dapat dilihat dari perubahan suhu, tekanan, konsentrasi, atau warnanya.Sementara itu, perubahan dalam skala mikroskopis tidak mungkin teramati.

Secara makroskopis, reaksi dalam keadaan setimbang tidak menunjukkan adanya gejala- gejal tesebut. Justru gejala-gejala tersebut akan tampak pada saat reaksi bbelum setimbang, karena pada saat itu konsentrasi zat-zat pereaksi mula-mula akan berkurang dan konsentrasinya akan bertambah. Untuk lebih jelasnya kita ikuti terjadinya kesetimbangan pada reaksi berikut:

N2O4(g)            ↔   2NO2 (g)

tak bewarna        cokelat

Jika sejumlah gas N2O4 dimasukkan kedalam botol tertutup, gas yang semula tak berwarna secar perlahan-lahan akan berubah menjadi cokelat. Pada walnya, perubahan itu tudak tampak, tetapi secara bertahap akan menjadi semakin cokelat. Setelah beberapa saat , warna gas dalam tabung tidak berubah. Pada saat ini lah terjadi kesetimbangan.

Pada reaksi setimbang, laju reaksi kekanan sama dengan laju reaksi kekiri atau r1=r2.

grafik kesetimbangan kimia

Konsentrasi gas N2O4 dan konsentrasi gas NO2, meskipun dapaat terjadi 3 kemungkinan.

  1. Pada saat setimbang, konsentrasi N2O4 = konsentrasi NO2
  2. Pada saat setimbang, konsentrasi N2O4< konsentrasi NO2
  3. Pada saat setimbang, konsentrasi N2O4 > konsentrasi NO2

untuk materi selanjutnya kita akan membahas Faktor pengaruh pergeseran kesetimbangan kimia dan contoh soal kesetimbangan kimia !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *