bahaya obat nyamuk

Bahaya Obat Nyamuk Bagi Kesehatan , Wajib Kamu Ketahui !!

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! disini kang Ayub akan membahas mengenai bahaya obat nyamuk,. Nah pastinya adik adik pernah menggunakan obat nyamuk bukan ? untuk mengusir nyamuk , tenyata ada kandungan kimia yang sangat berbahaya yang perlu adik adik ketahui. Namun banyak dari  kita kurang mengetahui bahaya tersebut.

obat nyamuk bakar memang paling terjangkau harganya, mudah dipakai serta bisa bertahan sekitar lebih dari 8 jam. Namun tahukah kita seberapa besar bahaya di balik obat nyamuk ini?

Obat nyamuk bakar dulunya cuman diproduksi dengan warna hijau dan beraroma tidak sedap serta menyesakkan. namun Kini, obat nyamuk berbentuk spiral ini telah tersedia dalam sekian banyak  warna dan warba seperti ungu dengan aroma lavendernya.

apakah obat nyamuk bakar aman digunakan?

Apapun merek obat nyamuk bakar yang kita gunakan, semuanya mesti dipakai pada ruangan dengan ventilasi yang baik. Jika dipakai pada ruangan tertutup dengan ventilasi yang tidak cukup bagus, maka emisi asap akan menambah risiko kesehatan yang kronis dan akut.

The US National Institute of Health memutuskan bahwa bahaya partikel-partikel kecil dan bahan karsinogenik pada asap pembakaran satu keping obat nyamuk bakar sama dengan asap pembakaran 50-130 batang rokok. Bayangkan berapa tidak sedikit racun yang tercium orang-orang di sekitarnya sekitar 8 jam tidur.

Bahan Berbahaya Obat Nyamuk

Kebanyakan obat nyamuk yang beredar di pasaran berisi bahan aktif berikut:

  • DEET (N,N-diethyl-m-toluamide)

Zat aktif ini sudah dipakai selama puluhan tahun untuk menghilangkan* serangga yaitu nyamuk, kutu, dan lalat. Umumnya, DEET ada pada obat nyamuk semprot dan losion antinyamuk. DEET aman digunakan, asalkan konsentrasinya tidak lebih dari 50 persen dan tidak dipakai pada kulit yang terluka.

  • Picaridin (KBR 3023)

Picaridin sama efektifnya dengan DEET, tetapi mempunyai risiko iritasi lebih ringan.

  • Minyak eucalyptus lemon (PMD).

PMD adalah bahan alami yang sama efektifnya dengan DEET. Meski demikian, PMD tidak boleh dipakai pada anak berusia di bawah tiga tahun. PMD seringkali ada pada losion antinyamuk.

  •  Piretrin

Piretrin adalah pestisida yang lazimnya tidak beracun, tetapi bahaya kandungan obat nyamuk yang satu ini dapat mengakibatkan gangguan pernapasan andai terhirup dalam jumlah besar. Zat ini tidak sedikit ada pada obat nyamuk semprot.

  • Karbamat dan organofosfat

Karbamat dan organofosfat adalah zat yang berbahaya jika terjadi kontak dengan tubuh. Jenis pestisida ini bisa dengan cepat diserap melewati kulit, paru-paru, selaput lendir, dan saluran pencernaan. Gejala ini seringkali muncul sesudah terminum atau terhirup.

Baca juga :

Jenis dan Bahaya Obat Nyamuk untuk Kesehatan

Secara umum, obat nyamuk terbagi menjadi tiga jenis, yakni:

  • Obat nyamuk semprot

Obat nyamuk semprot lazimnya dikemas dalam botol aluminium aerosol. Cara pemakaiannya yaitu disemprotkan ke udara. Jika tercium atau tertelan, bahaya obat nyamuk semprot yang berisi piretrin dapat mengakibatkan sesak napas, batuk-batuk, muntah, hingga kehilangan kesadaran. Sedangkan DEET yang terdapat dalam obat nyamuk semprot dapat menimbulkan iritasi dan gangguan saraf, terutama andai terjadi kontak jangka panjang dengan kulit.

  • Obat nyamuk bakar

Obat nyamuk bakar lazimnya berbentuk lingkaran spiral. Ujung lingkaran dihanguskan untuk menghasilkan asap. Asap berikut yang bakal menghalau dan membunuh nyamuk. Faktanya, asap hasil pembakaran obat nyamuk bakar adalah emisi berbahaya karena sangat mengotori udara. Sebuah studi bahkan membuktikan andai asap dari suatu obat nyamuk bakar menghasilkan partikel polusi yang sama bahayanya dengan pembakaran selama 100 buah rokok. Sedangkan emisi formaldehida yang didapatkan sama dengan pembakaran 51 buah rokok. Data dari sebuah penelitian mengindikasikan bahwa paparan asap obat nyamuk bakar dalam jangka panjang dapat memunculkan kanker paru-paru.

  • Obat nyamuk elektrik

Obat nyamuk elektrik terdapat dalam bentuk cairan dan kepingan. Jika obat nyamuk bakar menghasilkan asap, obat nyamuk elektrik menghasilkan uap yang dapat mengusir nyamuk. Obat nyamuk jenis ini hanya berisi bahan kimia yang berbahaya jika terhirup. Iritasi mata dan alergi barangkali terjadi dampak pemakaian obat nyamuk elektrik.

 

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *