spektrum warna

Apa Yang Dimaksud Dengan Spektrum Warna ? Darimana Spektrum Warna Itu Berasal ?

Hallo adik adik kimia , pastinya , adik adik tau warna kan , ya jelas dong pastinya tau , kia tau suatu  atau suatu objek itu dari warna ,nah kira kira adik adik tau gak ya , penjelasna dari mana warna itu berasal ? oke kita akan bahas tuntas disini ya . dijempol kimia yang ilmu pengetahuan nya makin oce aja deh . tanpa bas pahit lagi kuy . masuk materinya !

Dalam kehidupan sehari-sehari, warna-warna tidak jarang kali menemani kehidupan Manusia pada umumnya. Dimana laut dan langit berwarna biru, daun berwarna hijau, api berwarna merah, dan lihatlah bunga-bunga yang sarat warna.

Perbedaan warna-warna pada lingkungan sekeliling kita, pernah tidak adik adik  bertanya tentang darimana warna itu berasal? Tentu jawabannya merupakan warna berasal dari Yang Maha Pencipta. Karena segala sesuatu urusan di dunia ini berasal dari-Nya.

Setiap warna memunculkan kesan yang berbeda-beda, dengan memahami sekian banyak  hal tentang warna akan mempermudah kita dalam membedakan pandangan yang tepat tentang tata warna tersebut sendiri. Sebab nuansa warna yang dimunculkan oleh warna tersebut sendiri sangat tidak sedikit macamnya dan kesan yang ditimbulkanpun paling beragam. Dari sekian banyak  macam warna yang ada, sebagai warna yang sangat dasar ialah merah, biru, dan kuning. Dari ketiga warna itu dapat dirubah menjadi beribu-ribu macam warna dengan mencampurkannya dalam perbandingan-perbandingan tertentu cocok dengan macam warna yang diinginkan. Sebelum membicarakan mengenai pencampuran warna kami terlebih dahulu akan membahasan tentang pengertian warna tersebut tersendiri.

Semua orang kelihatannya mempunyai warna favorit. Namun, untuk sebagian besar ilmuwan, mempunyai warna favorit sehubungan dengan konstituennya. Warna ialah soal matematika dan geometri, bahasa alam yang akrab. Ketika Isaac Newton mengejar sinar matahari adalah pelangi warna, dia membantu  kita mengetahui dasar-dasar warna.

Meskipun begitu, pasti kita pun tidak salah mempelajari asal-usul warna ini berasal. Akan paling menarik andai kita memperhatikan penjelasan ilmiah darimana warna berasal.

Baca juga :

Sumber Warna

Warna yang bermacam-macam ini berawal dari sinar Matahari. Cahaya Matahari sebetulnya berwarna putih. Meskipun cahaya putih, tetapi cahaya Matahari ini mereflesikan semua warna. Jika diuraikan menjadi warna pelangi.

spektrum warna

Cahaya Matahari terdiri atas sekian banyak  gelombang. Ketika cahaya Matahari tentang suatu benda, benda tersebut akan memantulkan beberapa atau semua gelombang cahaya tersebut. Ketika sebuah benda memantulkan gelombang dengan panjang gelombang selama 400 nanometer (1 nanometer = sepersemilyar meter), maka gelombang ini akan mengenai mata kita. Oleh otak  kita, gelombang ini diinterpretasikan sebagai warna biru. Sehingga adik adik akan menyaksikan benda tersebut berwarna biru. Kalau panjang gelombang yang dipantulkan selama 700 nanometer, benda akan terlihat berwarna merah. Benda akan terlihat warna putih andai memantulkan seluruh gelombang dan akan berwarna hitam andai menyerap seluruh gelombang.

Dari sekian banyak  gelombang cahaya,  di antara ada yang dapat kita lihat dan lainnya adalahgelombang yang tidak dapat dilihat memakai mata telanjang. Gelombang cahaya yang dapat kita lihat merupakan cahaya putih. Terletak diantara ultraviolet dan infrared. Penting diketahui, gelombang cahaya adalah gelombang elektromagnetik.Pertanyaannya, andai benar seluruh warna yang disaksikan adalah cahaya putih, bagaimana barangkali daun dapat berwarna hijau? Perlu anda tahu, daun berwarna hijau malah karna daun menolak/memantulkan warna hijau dan menyerap warna lainya. Sehingga warna hijau lah yang ditanggap oleh mata kita. Mengenai kenapa daun memantulkan warna hijau, tentu sebab kandungan zat yang terdapat pada daun tersebut, seperti klorofil.

Dan berhubungan perbedaan warna, manusia pun bisa berubah persepsi mengenai warna. Sesuai informasi dari  Faktanya semakin adik adik  mempelajari macam-macam warna, semakin sensitif adik adik  dalam memisahkan warna itu. Seperti seorang desainer, seringkali mereka mengenal rinci warna yang berbeda  padahal untuk orang beda warna tersebut sama saja. Kesimpulanya, barangkali warna ini adalah sebuah ilusi. Warna yang adik adik  yakini merah, mungkin orang lain menyebutnya berbeda. Benda-benda dilingkungan selama kita, barangkali tidak berwarna bila tidak terdapat cahaya Matahari. Meski di malam hari anda masih dapat melihat benda-benda berwarna dengan bantuan lampu listrik, tetapi kecerahannya akan berbeda dengan cahaya Matahari langsung

 

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *