Bahaya Minyak Jelantah

Awas, Ternyata Ini Bahaya Minyak Jelantah Bagi Kesehatan Manusia !

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! apakah adik adik suka makan gorengan atau nugget , dan sosis goreng ? nah tentunya sangat banyak yang suka , selain murah juga dapat mengganjal perut , hehe . nah dipostingan ini kang Ayub akan membahas sedikit Bahaya dari minyak jelantah .

Minyak jelantah itu adalah minyak bekas yang dipakai secara berulang ulang. Dan ternyata minyak jelantah ini sangat berbahaya sekali untuk tubuh .

Makanan yang digoreng ialah salah satu jenis makanan yang sangat nikmat guna dikonsumsi. Di musim hujan seperti ini, pedagang gorengan sendiri tergolong diantara orang-orang yang paling dicari atau diminati karena gorengan yang panas dan nikmat bakal menemani dinginnya hujan. Tahukah anda, banyak sekali penjual gorengan dan penjaja makanan yang digoreng lainnya akan ingin menggunakan minyak jelantah yang ternyata dapat memberikan akibat buruk untuk kesehatan tubuh. Pakar kesehatan sendiri menuliskan jika minyak jelantah tergolong dalam benda yang mempunyai sifat karsinogenik dan dapat memicu sekian banyak  penyakit berbahaya layaknya penyakit kanker.

Baca juga :

Pakar kesehatan Ahmad Safrudin berbicara jika pemakaian minyak jelantah akan membuat kita mengkonsumsi makanan yang memiliki tidak sedikit radikal bebas. Jika kita tidak jarang mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak jelantah, maka resiko yang terjadi adalah  masalah hipertensi, stroke, pengentalan darah, sampai gangguan ginjal akan meningkat dengan tajam. Sayangnya, meskipun akibat buruk untuk kesehatan ini telah menjadi rahasia umum yang diketahui masyarakat banyak, masih belum terdapat regulasi yang benar-benar menata pemakaian atau pembatasan minyak jelantah yang paling tidak sehat ini.

Banyak penjual yang bahkan dapat memasak makanan berkali-kali pada minyak jelantah yang sama sampai minyak ini berwarna hitam. Warna hitam ini menandakan jika minyak telah dipakai lebih dari tiga kali untuk memasak makanan dan sudah memiliki tidak sedikit radikal bebas sampai-sampai tidak pantas lagi dipakai untuk memasak. Yang lebih mencekam adalah, kini tidak sedikit orang yang bahkan memakai minyak jelantah yang sudah menghitam tersebut untuk disaring kembali dengan hidrogen peroksida sampai-sampai minyak bakal menjadi jernih kembali dan terkesan pantas untuk digunakan memasak, padahal, dalam realitanya minyak ini sudah paling tidak sehat sebab dipenuhi banyak sekali radikal bebas berbahaya.

Sudah berkali-kali pakar kesehatan menyerukan kita guna jauh lebih berhati-hati atau paling tidak memberi batas makanan gorengan yang dibeli di pinggir jalan yang dirasakan kurang sehat untuk  dikonsumsi. Ada baiknya kita mengurangi  mengkonsumsi makanan dari luar . dan memilih untuk memasak sendiri dengan menggunakan bahan yang aman digunakan oleh kita.

 

 

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *