Bahaya MSG

Ini Dia 10 Bahaya MSG Bagi Kesehatan Manusia

Hallo adik adik kimia, salam kimia ! apakah sebelum nya adik adik pernah mendengar kata MSG ? ya kata kata itu sepertinya tidak asing lagi terdengar ditelinga kita ? mengapa tidak , MSG sering menjadi bahan campuran yang digunakan untuk memberi rasa gurih dan sedap pada masakan. Namun pernah tidak terfikirkan bahwa MSG jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit yang cukup serius . nah mari kita ulas satu persatu disini

Meski makanan kita menjadi lebih lezat sesudah dibubuhi MSG, tetapi para peneliti kesehatan sudah memperingatkan bila bahan ini paling berbahaya untuk kesehatan terutama untuk anak-anak dan perempuan hamil.

Bahkan, riset terbaru menyatakan, penambah rasa ini menyebabkan sejumlah efek samping contohnya sakit kepala, mual, keringat berlebihan, kekurangan dan dalam sejumlah kasus nyeri dada. Sebuah studi menunjukkan, konsumsi mie instan dan sup yang berisi bahan ini dapat sangat berbahaya untuk kesehatan , seperti :

  1. Sakit kepala

Sakit kepala ialah salah satu efek samping yang sangat umum terjadi. Bahan ini pun kerap memperburuk situasi penderita migrain.

  1. Sakit di bagian wajah

Beberapa orang diadukan mengalami rasa sakit dan sensasi terbakar di bagian wajah tertentu.

  1. Merangsang saraf

Bahan ini mengganggu keseimbangan neuro-transmitter yang bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

  1. Kemandulan

Para peneliti kesehatan mengatakan, perempuan harus benar-benar menghindari penyedap makanan ini. Beberapa riset menghubungkan kemandulan pada perempuan dengan MSG.

  1. Jantung

Masalah jantung dan denyut jantung tidak teratur dapat terjadi pada orang yang berlebihan mengonsumsi bahan ini.

  1. Tekanan darah

Beberapa riset melaporkan, bahan ini mengakibatkan masalah desakan darah andai dikonsumsi berlebihan.

  1. Keringat berlebih

Beberapa orang pun melaporkan keringat berlebihan sesudah mengonsumsi makanan yang berisi MSG. Meskipun bukan adalah efek samping yang serius, namun bsia mengganggu penampilan dan memalukan.

  1. Mual

Ketika kita mengonsumsi bahan ini ketika sedang sakit, bisa jadi Anda menderita mual.

  1. Obesitas

Beberapa riset mengklaim, bahan ini memengaruhi pankreas dan kadar gula darah. Secara tidak langsung dapat menciptakan Anda santap lebih tidak sedikit dan dengan demikian mengakibatkan kegemukan.

  1. Efek kesehatan lainnya

Meliputi kelemahan, kanker, asma, diabetes, masalah tiroid, alergi makanan dan masalah mata.

Baca juga :

Bahan Alami Penyedap Rasa

Ternyata ada bahan penyedap makanan alami yang dapat mengganitikan rasa sedap dan gurih dari MSG ini seperti hal nya

  1. Gula

Selain memberikan rasa manis , gula juga dapat mempengaruhi rasa pada makanan . coba saja campurkan gula dengan garam , perbandingan nya 1:2 , ohya jangn lupa dicicipi dulu ya masakan nya setelah dicampur kan, pasti gurih

  1. Bawang merah dan bawang putih

Bawang merah dan putih memiliki peranan pentng dalam masakan  , mengapa tidak ? selain memberikan aroma yang sangat harum , bawang putih memberikan cita rasa yang enak dan gurih . oke selamat mencoba

  1. Kaldu

Kaldu biasanya dibuat dengan daging , ayam atau pun sapi , kita bisa menambahkan seperti daun seledri untuk memberi rasa gurih pada masakan .

 

 

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *