unsur klorin
Nomor atom (Z) 17
Konfigurasi elektron [Ne]3s²3p⁵
Massa atom 35,5
Wujud zat Gas
Warna Hijau kekuningan
Titik beku (0C) -101
Titik didih (0C) -35
Kerapatan (g/cm3) 3,21 x 10¯³
Kelarutan dalam air (g/ml) 20
Energi pengionan pertama (kJ/mol) 1251
Afinitas elektron (kJ/mol) -349
Keelektronegatifan (skala Pauling)

3,0

Hallo adik adik kimia ,salam kimia , dipostingan ini kang ayub akan membahas materi mengenai unsur klorin , nah pastinya adik adik tau dong klorin itu berada pad golongan berapa , dan berpa electron valensi nya . nah bagi adik adik yang belum tau mari kita pelajari disini !

Klor berasal dari kata “chloros” yang dengan kata lain hijau muda. Nama ini berasal memang sebab gasnya berwarna hijau muda. Klorin ialah unsur kedua dalam kolom ketujuh belas dari tabel periodik. Klorin diklasifikasikan sebagai anggota kumpulan halogen. Memiliki 17 elektron dan 17 proton dengan 7 elektron valensi di kulit terluar. Klorin adalah unsur kedua puluh yang sangat melimpah di kerak bumi.

Sejarah Klorin

Ditemukan oleh Scheele pada tahun 1774 dan dinamai oleh Davy pada tahun 1810. Klorin ditemukan di alam dalam  suasana berkombinasi dengan gas Cl₂, senyawa dan mineral contohnya Karnalit dan silvit.Karena menggabungkan langsung dengan nyaris setiap elemen, klorin tidak pernah ditemukan bebas di alam. Klorin yang pertama kali diproduksi oleh Carl Wilhelm Scheele, seorang ahli  kimia yang berasal dari Swedia, saat ia menggabungkan pyrolusite mineral (MnO2) dengan asam klorida (HCl) pada tahun 1774. Meskipun Scheele pikir gas yang didapatkan dalam eksperimennya berisi oksigen, Sir Humphry Davy pada tahun 1810 memperlihatkan bahwa tersebut benar-benar adalah unsur  yang berbeda. Saat ini, mayoritas klorin diproduksi melewati elektrolisis larutan natrium klorida (NaCl).

Baca juga : Mengapa Logam Tembaga , Emas Dan Perak Dikatakan Logam Mata Uang

Sifat-sifat Gas klorin

berwarna kuning-kehijauan, bisa larut dalam air, gampang bereaksi dengan bagian lain. Klorin bisa mengganggu  pernapasan, merusak selaput lendir dan dalam wujud cairnya dapat menghanguskan kulit. Klorin  termasuk dalam grup bagian halogen (pembentuk garam) dan didapatkan dari garam klorida dengan mereaksikan zat oksidator atau lebih tidak jarang dengan proses elektrolisis. Merupakan gas berwarna kuning kehijauan  dan bisa bersenyawa dengan nyaris semua unsur. Pada suhu 10oC,  satu volume air bisa melarutkan 3.10 volume klorin, sementara pada suhu 30oC hanya1.77 volume.

Baca Juga : Pengertian , Sifat ,Alotrof Dan Kegunaan Dari Fosfor

Kegunaan

Klorin dipakai secara luas dalam pembuatan tidak sedikit produk sehari-hari. Klorin dipakai untuk menghasilkan air minum yang aman nyaris di semua dunia. Bahkan, kemasan air terkecil pun telah terklorinasi.

Klorin juga dipakai secara besar-besaran pada proses penciptaan kertas, zat pewarna, tekstil, produk olahan minyak bumi, obat-obatan, antseptik, insektisida, makanan, pelarut, cat, plastik, dan tidak sedikit produk lainnya.

Kebanyakan klorin diproduksi untuk dipakai dalam penciptaan senyawa klorin guna sanitasi, pemutihan kertas, desinfektan, dan proses tekstil. Lebih jauh lagi, klorin dipakai untuk pembuatan klorat, kloroform, karbon tetraklorida, dan ekstraksi brom.

Kimia organik sangat memerlukan klorin, baik sebagai zat oksidator maupun sebagai  subtitusi, karena tidak sedikit sifat yang cocok dengan yang diinginkan dalam senyawa organik ketika klor mensubtitusi hidrogen, contohnya dalam salah satu bentuk karet sintetis.

Baca Juga : Warna Senyawa dan Sifat Kemagenetan Dari Unsur Transisi

Dampak  Klorin Bagi Lingkungan

Klorin terurai ketika dicampur dengan air. Klorin barangkali juga dilepaskan dari air lantas masuk ke udara dalam situasi tertentu.

Karena sifatnya yang reaktif, klorin tidak bakal lama bermukim di tanah atau di dalam air. Tanaman dan fauna juga diketahui tidak mengakumulasi klorin dalam tubuhnya.

Namun, studi laboratorium mengindikasikan bahwa penyampaian berulang klorin dari udara dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, darah, jantung, dan sistem pernapasan hewan..

Baca Juga : Apa Itu Larutan Aqua Regia ? Apakah Larutan Aqua Regia Dapat Melarutkan Emas ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *