bahaya makanan yang dibakar
Kimia Makanan

Awas , Bahaya Makanan Yang Dibakar , Ternyata Dapat Menyebabkan Kanker !

Hallo adik adik kimia , salam kimia , ! apakah adik adik termasuk salah satu penggemar makanan yang dibakar , seperti bakso bakar , sate bakar , ikan bakar atau ayam bakar dan banyak lainnya ? nah jika iya , sebaik nya adik adik mulai mengurangi kebiasaan suka makanan tersebut mengapa ?menurut para ahli bahwa makanan yang dibakar , dan terlalu sering mengkonsumsinya dapat menyebabkan penyakit kanker .

Memang kita sangat tergiur dengan aroma khas yang oleh makanan tersebut ,yang disajikan dengan bumbu bumbu khas tersebut .

Membakar makanan seperti daging, ayam, atau ikan dengan suhu tinggi dapat menyebabkan perubahan zat gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Senyawa protein dalam otot yang ada dalam daging, ayam, atau ikan dapat bereaksi dengan suhu tinggi dari pembakaran dan membentuk senyawa karsinogenik.

Baca Juga :

Berikut ini ialah bahaya mengkonsumsi makanan yang dibakar/ dipanggang setiap hari :

 1. Menyebabkan Kanker

tidak jarang kita mengkonsumsi makanan yang dibakar akan menambah resiko terpapar penyakit kanker, khususnya kanker saluran cerna bagian atas. Seperti yang adik adik ketahui jenis kanker ini bisa tumbuh dan berkembang pada kerongkongan bahkan rongga mulut. Penelitian terbaru pun menemukan bahwa makanan yang dibakar/ dipanggang akan mempunyai resiko menyebabkan tumbuhnya penyakit kanker lambung bilamana dikonsumsi dalam jangka panjang.

2.  Menyebabkan Asam Lambung Naik

Makanan yang dibakar/dipanggang sulit untuk dipahami sehingga akan mengakibatkan kinerja lambung menjadi berat. Hal ini menjadi pantangan untuk orang yang mempunyai penyakit lambung dan maag. Makanan itu dapat mengakibatkan asam lambung menjadi naik dan meningkat.Penyebab Makanan Dibakar BerbahayaDiatas telah dilafalkan apa saja bahaya penyakit yang mengancam kesehatan apabila adik adik selalu mengkonsumsi makanan yang dibakar. Tentunya biasanya mengkonsumsi mengubah atau mengkonsumsi makanan dengan teknik dibakar merupakan kebiasaan yang buruk. Oleh sebab itu, adik adik harus merubah kebiasaaan pengolahan makanan dengan teknik direbus. Berikut ini beberapa diantara alasan mengapa makanan yang dibakar sangat beresiko :

  • Mengandung Hidrokarbon dan Partikel Berbahaya

Pembakaran arang atau kayu apapun dapat mengakibatkan pembentukan hidrokarbon dan partikel jelaga yang beresiko untuk kesehatan kita dan juga mencemari udara.

  • Memiliki Suhu Tinggi

Heterocyclic amines atau HCAs ialah senyawa kimia yang hadir dari daging yang diproses atau dimasak pada suhu tinggi. Daging yang dimasak hingga berubah warna menjadi kehitaman tidak sedikit berisi HCAs. Oleh sebab tersebut untuk meminimalisir resiko kanker, dianjurkan untuk ,memperhatikan suhu dan lama memasak.Membakar daging dengan suhu lebih rendah lebih disarankan meski perlu waktu cukup lebih lama dibandingkan jika nyala apinya panas. Namun dengan meminimalisir panas, pembentukan HCA bakal berkurang sangat signifikan.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *