bahaya minuman bersoda
Kimia Makanan

Waspadai,10 Dampak Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! dipostingan ini kang ayub akan membahas materi mengenai bahaya minuman bersoda . nah pastinya adik adik sudah pernah merasakan minuman yang bersoda ? sangat sering minuman itu disajikan dirumah rumah ketika hari hari besar seperti lebaran , natal ataupun acara besar lainnya .

Minuman bersoda sangat digemari oleh para remaja saat ini , tapi tau gak bahaya yang dapat ditimbulkan oleh minuman bersoda ini bagi kesehatan.

Bahaya minuman soda untuk kesehatan telah tentu tidak boleh kita anggap sepele. Berikut beberapa alasan mengapa kita mesti menjauhi minuman bersoda demi kesehatan kita:

1. Merusak ginjal

Yang menjadi salah satu keunggulan dalam minuman bersoda ialah warnanya yang menarik. Apa lagi diperbanyak dengan sejumlah tambahan es batu. Tapi tahukan kamu bahwa pewarna minuman dalam minuman bersoda tidak baik buat ginjal? Pewarna itu dapat merusak ginjal bila terus dikonsumsi.

2. Menyebabkan obesitas (perut dapat buncit)

Kandungan gula dalam seporsi minuman bersoda sama berisi selama empat kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini memberi kalori berlebih pada tubuh dan menciptakan tubuh menjadi obesitas. Baik buat anak – anak maupun orang dewasa. Selain tersebut minuman bersoda pun membuat perut buncit.

3. Tidak berisi vitamin

Minuman bersoda sama sekali tidak berisi vitamin. Minuman bersoda cuman berisi gula sebagai perasa manis, kafein, dan ekstra perasa buah saja. Sehingga minuman ini memang tidak memberi efek positif sama sekali untuk tubuh.

Baca juga :

4. Gigi bisa membusuk

Hal yang mesti diketahui, kandungan karbonisasi dalam minuman bersoda dapat menciptakan gigi jadi rusak/hancur bahkan bisa membusuk. Itu makanya sangat dianjurkan untuk memakai sedotan saat mengkonsumsi minuman bersoda. Tapi tetap saja, sebelum masuk ke tenggrokan, minuman bersoda tentu menyentuh gigi bukan?

5. Menipiskan lapisan lambung

Lambung adik adik yang berisi asam yang paling keras bisa terkikis lapisannya dan mengakibatkan pencernaan makanan ikut terganggu. Sehingga memunculkan rasa mulas atau sakit perut bahakan menyebabkan produksi gas dalam lambung meningkat. Ini menyebabkan tidak baik bagi adik adik yang menderita sakit maagh.

6. Tulang gampang rapuh

Mengkonsumsi minuman bersoda pun dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh. Minuman bersoda berisi asam fosfat yang diam – diam merapuhkan dan mengikis tulang. Ini menyebabkan osteoporosis lebih cepat dapat menghampiri kita dan pasti mengganggu kegiatan sehari – hari.

7. Membuat tubuh gampang sakitKandungan yang berbahaya dalam minuman bersoda dapat menyebabkan tubuh gampang sekali terserang penyakit. Sebab kandungan yang berbahaya dalam minuman bersoda membantu virus dan bakteri sehingga dapat berkembang secara baik di dalam tubuh kita.

8. Meningkatkan produksi urin

Efek negatif dari minuman bersoda sehingga pencernaan mineral dalam tubuh ialah meningkatkan produksi urin di mana dapat menyebabkan kita merasakan dehidrasi. Mineral yang mestinya diserap oleh tubuh malah diubah menjadi urin dan mau tidak mau harus dikeluarkan dari tubuh. Maka dari itu untuk menghilangkan haus, janganlah minum minuman bersoda sebab malah bakal memberi efek haus yang lebih.

9. Menyebabkan kecanduan

Minuman bersoda menjadi minuman yang dapat menyebabkan kita kecanduan bila pertama kali mencobanya. Kita akan sering berkeingina minum minuman bersoda guna menyegarkan diri dari cuaca yang panas. Selain itu kandungan kafein yang menyebabkan kita melek juga akan mengundang kita untuk minum minuman bersoda untuk menghilankan rasa kantuk.

10. Dapat menurunkan kualitas sperma untuk pria

Pria yang mengkonsumsi minuman bersoda secara rutin bisa jadi besar dapat merasakan penurunan kualitas sperma. Hal ini pasti dapat mengakibatkan kemandulan untuk pria tersebut.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *