macam macam zat adiktif

Hallo adik adik kimia , salam kimia ! pernah mendengar kata zat adiktif ? pastinya sudah tak asing lagi kita mendengar kata itu , karena sudah banyak disebarkan bahaya tentang zat adiktif .

zat adiktif adalah salah satu zat berbahaya yang seringkali tanpa di sadari akan menciptakan penikmatnya kecanduan. Namun, pemahaman terhadapnya serasa masih paling di perlukan.

Nah, dalam sekian banyak jenjang pendidikan, seringkali pemahaman tentang zat adiktif ini bakal di tekankan kembali. Hal ini di lakukan untuk menghindarkan generasi muda dari bahayanya dampak sekian banyak zat tersebut. Sedangkan untuk meningkatkan wawasan tentang zat adiktif, beberapa ulasan bersangkutannya dapat adik adik simak dalam ulasan berikut ini.

Zat adiktif past saja tidak hanya ada satu dua. Namun tidak sedikit sekali yang termasuk dalam nama zat adiktif. Namun terdapat yang lumayan familiar dan terdapat yang tidak. Sedangkam untuk macamnya secara umum, terdapat 4 macam zat adiktif yang tidak jarang beredar. Secara detail zat tersebut ialah inhalasin, nikotin, kafein dan narkoba.

Inhalasin

Inhalasih ini barangkali adalah salah sau zat adiktif yang kurang banyak di kenal. Dalam urusan ini, inhalasin memang tidak lumayan familiar, tetapi tingkat bahayanya masih sama saja dengan beberapa jenis zat adikitif lainnya andai di gunakam secara berlebihan. Sedangkan menurut bahannya, inhalasin terbuat dari bahan-bahan berupa beberapa larutan yang mempunyai sifat khusus.

Larutan yang di pakai untuk meracik inhalasin terdiri dari larutan yang sifatnya mudah menguap. Diantara bahan-bahan yang di maksud ialah seperti cat semprot, hairspray, lem maupun pengharum ruangan. Di samping itu dapat juga berasal dari gas ketawa maupun anestesi atau pembius. Sedangkan misal inhalasin ini ialah eter dan kloroform.

Nikotin

Nikotin Yang tergolong dalam susunan macam zat adiktif selanjutnya ialah nikotin. Di bandingkan dengan inhalasin, pasti saja nama nikotin jelas lebih familiar. Biasanya yang familiar dengan kandungan nikotin di dalamnya tidak lain ialah rokok. Dan berikut yang membuat nikotin terkenal sebab rokok di antara produk yang sangat tidak sedikit di konsumsi oleh semua perokok di Indonesia.Nah, berhubungan dengan asal-usul kenapa rokok ini berisi nikotin tidak lain ialah karena bahan cerutu sendiri adalah tembakau. Sebenarnya yang kuat bakal kandungan nikotinnya ialah tembakau. Selanjutnya saat di buat menjadi rokok, otomatis kandungan itu akan masuk pada rokoknya. Sedangkan sejumlah dampak rokok ialah bronkitis, emfisema, dan infeksi tenggorokkan.

Baca juga :

Kafein

Selanjutnya kafein adalah salah satu zat adiktif beresiko yang mungkin sangat tak asing . Kafein adalah zat yang mempunyai khasiat bisa menstimulasi rangkaian syaraf pusat. Dalam urusan ini efek yang di timbulkannya dapat menghilangkan rasa lapar, rasa letih sampai rasa kantuk.Tentu saja ini sangat unik untuk mendampingi hari-hari lembur konsumennya. Sedangkan yang berisi kafein ini diantaranya ialah teh dan kopi, tetapi dengan kadar yang sedikit. Nah, walau mengkonsumsinya lumayan menguntungkan, namun tidak boleh sampai angka konsumsi kita terhadap nikotin ini terlampau berlebihan sebab bisa berdampak pada gagal ginjal dan gangguan jantung.

Narkoba

Yang terakhir, zat adiktif yang termasuk sangat beresiko/berbahaya di sini ialah narkoba. Narkoba adalah singkatan dari narkotika, prikotropika dan zat adiktif berbahaya lainnya. Zat narkoba ini seringkali di masukkan dalam tubuh dengan di minum, di hisap maupun di suntikkan. Efek dari narkoba akan memunculkan berubahnya pikiran, keadaan hati, maupun perilaku konsumen.Narkoba ini ialah salah satu zat berbahaya yang paling di larang pemakaiannya khususnya di Indonesia yang adalah negara hukum. Dalam urusan ini, narkoba dapat merusak tidak sedikit organ tubuh maupun sistem syaraf Anda. Yang berbahaya lagi ialah efek kejangkitan yang di timbulkannya. Sekali adik adik terpapar konsumsi narkoba, maka akan paling sulit untuk lepas darinya.

Nah bagaimana adik adik sudah makin tau mengenai zat adiktif beserta bahaya yang ditimbulkan dari bahan zat adiktif ? , jika adik adik memiliki pertanyaan silahkan isi pertanyaan pada kolom komentar dibawah ini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *