sifat koloid

21-30 Latihan Soal Dan Pembahasan Koloid

21. Jika larutan AgNO3 dicampurkan dengan larutan NaCl akan terbentuk endapan AgCl. Persamaan kimianya:
AgNO3(aq) + NaCl(aq) →AgCl(s) + NaNO3(aq)Jika NaCl yang ditambahkan berlebih terbentuk larutan berwarna putih seperti susu. Mengapa hal ini dapat terjadi? Jelaskan.

Jawab :

AgCl yang terbentuk akan mengendap, tetapi dengan kelebihan ion Cl , AgCl akan mengadsorpsi ion-ion
Cl– (NaCl berlebih) sehingga terbentuk koloid.

22. Sol emas dapat dibuat dengan cara busur listrik bredig dan cara kondensasi. Jelaskan cara pembuatannya dan apakah perbedaan dari kedua teknik ini?

Jawab:

Cara busur listrik: Logam emas dijadikan elektrode yang dicelupkan dalam air. Ketika arus listrik dialirkan melalui elektrode, terjadi bunga api listrik sehingga atom-atom emas menguap dan larut dalam air membentuk sol emas. Sol emas ini distabilkan dengan cara mengadsorpsi ion-ion OH– dari air.

Cara kondensasi: Reduksi emas (III) klorida dengan formalin (AuCl3 + CH4O + 3H2O®2Au + 6HCl + CH4O2).
Atom-atom bebas emas ini beragrerat membentuk koloid, distabilkan oleh ion-ion OH– yang teradsorpsi pada permukaan partikel koloid. Ion-ion OH– berasal dari ionisasi air.

Baca juga :

23. Jika Anda berkemah di suatu tempat dan Anda menanak nasi. Sementara itu, di daerah tersebut tidak ada air jernih, hanya ada air sungai yang mengandung lumpur. Apakah yang akan Anda lakukan agar dapat menanak nasi?

Jawab:

Air sungai yang mengandung lumpur jika disaring akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Akan tetapi, jika Anda memahami teknik dialisis maka menanak nasi menjadi mudah. Beras dimasukkan ke dalam kertas selofan dan dibungkus erat-erat hingga tidak memungkinkan lumpur masuk ke dalam beras. Selanjutnya beras dalam kertas selofan direbus dengan air dari sungai. Kertas selofan merupakan membran yang hanya dapat dilalui oleh partikel berukuran molekul seperti air, sedangkan lumpur yang ukurannya besar tidak dapat menembus membran. Jadi, selama perebusan beras dengan air sungai, lumpurnya akan tetap di luar membran, sedangkan air panas dapat menembus membran dan mematangkan beras.

24. Larutan elektrolit yang efektif untuk mengumpalkan sol As2S3 yang bermuatan negative adalah

Jawab:

Larutan elektrolit untuk mengumpalkan sol sol As2S3 yang bermuatan negative adalah AlCl3 sebab AlCl3 memiliki jumlah ion posif yaitu +3 dari Al +3

25. Jelaskan apa yang terjadi bila dua koloid yang berbeda muatan dicampurkan (Fe(OH)3 dengan As2S3 )?

Jawab:

karena kedua muatan koloid tersebut berlawanan, partikel-partikel Fe(OH)3 dan As2S3 akan saling menarik (menetralkan ) sehingga akan terbentuk endapan.

26. Jelaskan cara pemurnian koloid dengan cara dialisis!

Jawab:

dialisis di lakukan dengan cara memesukkan koloid yang akan di murnikan dalam kantung yang terbuat dari selaput semipermiabel. Selaput semipermiabel di gunakan karena partikel koloid tidak dapat menembus selaput semi permiabel. Hanya molekul-molekul air atau ion-ion yang dapat menembus selaput semipermiabel. Ketika molekul-molekut tersebut menembus selaput semi permiabel maka koloid akan tertinggal dalam selaput semipermiabel maka koloid akan murni dari pengotor-pengotornya.

27. Bagaimanakah cara memurnikan koloid ? dan apakah nama proses tersebut ?

Jawab :

cara memurnikan koloid yaitu dengan cara mengalirkannya pada selaput semipermiabel, dan ion-ion pengotor akan terbawa dengan air dan terpisah dari koloid. Nama dari proses pemurnian koloid adalah dialysis.

28. Jelaskanlah bagaimana koloid dibuat dengan menggunakan cara busur listrik bredig ?

Jawab :

caranya adalah dengan mengalirkan arus listrik yang bertegangan tinggi melalui elektroda loga (bahan terdispersi) yang dicelupkan ke dalam air. Loncatan bunga api listrik mengakibatkan bahan elektroda terurai menjadi atom-atom dan larut ke dalam medium pendispersi air membentuk sol.

29. Mengapa campuran koloid umumnya memberikan warna ? tidak seperti larutan yang sering tidak berwarna ? jelaskan !

Jawab :

campuran kolois umumnya dapat memberika warna dikarenakan partikel-partikel koloid mempunyai ukuran yang lebih besar dari pada larutan murni. Akibatnya, cahaya yang melaluinya terhamburkan sehingga menimbulkan warna.

30.Koloid berbeda dengan suspensi dalam hal berikut ini

a)Ukuran partikel

b) Homogenitas system

c) Kestabilan system

d) Gerak partikel

Pernyataan yang benar adalah…

A. a), b), c)

B. a) dan c)

C. b) dan d)

D. d)

E. Semua benar

Jawaban : A

  • Ukuran partikel koloid lebih kecil (1 – 100 nm) dari suspensi (> 100).
    • Sistem koloid bersifat homogen secara makroskopis, sedangkan suspensi heterogen.
    • Sistem koloid lebih stabil, sedangkan suspensi tidak stabil.
Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *