keutamaan 10 hari pertama bulan ramdhan

Ramadhan ialah bulan penuh hikmah yang selalu dinantikan kehadirannnya oleh seluruh umat mukmin di seluruh dunia. Ramadhan menjadi hari hari penuh keberkahan karena menyimpan banyak kebaikan berupa terbukanya pintu untuk berbuat kebaikan sebanyak banyak dan tertutupnya pintu neraka dimana hal itu berarti Allah membuka jalan untuk semua umatnya untuk bertaubat atas dosa dosa yang telah lampau.
Semua bulan ramadhan memiliki keistimewaan baik hari pertama hingga hari terakhir. Dalam kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai keutamaan 10 hari pertama ramadhan beserta dalilnya sebagai wawasan dan sebagai pemberi motivasi agar bisa beramal dan berbuat kebaikan sebanyak banyaknya di bulan Ramadhan ini, yuk simak lengkapnya.

1. Fase Terberat Penuh Pahala

10 hari pertama merupakan fase yang bisa dibilang terberat dan tersulit. Mungkin karena dalam masa ini kita sedang peralihan dan adaptasi dari bulan sebelumnya ke bulan puasa, yang menjadikan kebiasaan pola makan dari normal menjadi harus menahan lapar serta haus mulai dari awal subuh hingga terbenamnya matahari maghrib.
Tidak hanya tubuh saja yang harus melalui proses masa peralihan ini, pada masa fase 10 hari pertama di bulan Ramadhan ini pikiran kita juga tengah berusaha beradaptasi atau peralihan dengan penuh kesabaran dan keihklasan hati untuk dapat menunaikan ibadah puasa.
Maka dari itu pada 10 hari pertama di awal Ramadhan ini Allah SWT telah memberikan keistimewaan dengan dibukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya bagi hamba-Nya yang sudah sabar dan ikhlas guna menunaikan ibadah puasa dengan penuh ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT.

2. Terbukanya Pintu Rahmat

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu,dimana ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : “Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).” Pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan, Allah membuka pintu rahmahNya untuk setiap hamba yang melakukan puasa dan dipandang sebagai seorang yang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal. pahala shalat tarawih di bulan ramadhan juga bisa didapatkan sejak malam pertama puasa ramadhan.

Maka dari itu dalam 10 hari pertama pada bulan Ramadhan ini jangan hanya berdiam diri tanpa melakukan kegiatan aktifitas, tetapi pergunakanlah kesempatan yang baik ini untuk mendapatkan rahmat dan ridho Allah SWT. Dan pergunakanlah di tiap-tiap harinya di bulan Ramadhan ini sebagai ladang kebaikan ibadah yang harus kita tingkatkan guna mencari pahala dan rahmat Allah yang sebanyak-banyaknya.

Banyak cara bisa dilakukan untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan, misalnya dengan memperbanyak bacaan Al-Qur’an, berdo’a, beramal shaleh serta sholat sunnah dan membantu orang lain yang membutuhkan.
Di samping kita bekerja, kita juga dapat memperbanyak tali silaturahmi, serta menjaga hubungan dengan orang lain yang baik itu juga merupakan sebuah ibadah.

Demikian artikel kali ini, semoga bisa menjadi wawasan islami yang bermanfaat untuk anda dan menjadi motivasi untuk selalu menjadi mukmin yang lebih baik lagi. Jangan lupa selalu membaca artikel di website kami agar selalu memiliki ilmu pengetahuan yang bermanfaat dalam kehidupan agama sehari hari. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *