minuman sehat untuk berbuka puasa

Selama puasa, tubuh rentan terhadap kekurangan cairan atau dehidrasi, karena tidak menerima makanan atau minuman apa pun.
Untuk mengatasinya, yang terbaik adalah memiliki cukup cairan dalam tubuh dengan meminum air yang tidak hanya memuaskan dahaga, tetapi juga sehat.
Minuman segar dan sehat dapat menggantikan energi tubuh yang hilang saat puasa. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air, dan rata-rata sekitar 2-3 liter cairan akan dikeluarkan melalui urin, keringat, dan pernapasan. Ini juga terjadi ketika Anda sedang berpuasa.
Karena itu, jika Anda tidak minum cukup cairan saat fajar dan berbuka puasa, Anda mungkin mengalami dehidrasi. Kondisi ini dapat terjadi karena penurunan kadar air total dalam jangka waktu lama dalam tubuh.
Jadi apa saja pilihan minuman sarapan yang menyegarkan dan sehat untuk tubuh?

1. Air Putih

air putih

Murah, sederhana, netral dan mampu melembabkan tubuh secara instan. Selain berbagai manfaat kesehatan yang diberikannya bagi tubuh, perlu untuk mengikuti anjuran untuk minum 8 gelas air per hari, bahkan selama bulan puasa. Karena itu, air putih sangat cocok untuk sarapan yang sehat.
Minum dua gelas saat istirahat, dua gelas saat makan berat, dua gelas saat tidur, dan dua gelas saat matahari terbit. Tidak masalah jika lebih dari itu, kapan pun diperlukan. Masing-masing dari mereka memiliki mekanisme dan aktivitas fisik yang berbeda. Karena itu, anjuran 8 gelas per hari belum tentu menjadi norma.

2. Teh

Bahkan, secangkir teh bisa menjadi salah satu dari banyak minuman sarapan sehat. Sayangnya, sebagian besar orang kami suka menikmati teh dengan tambahan gula yang cukup. Ini membuatnya tidak begitu baik untuk dimakan saat sarapan, karena dapat meningkatkan kadar gula darah secara dramatis.
Bagaimana Anda memperbaikinya? Sangat mudah untuk minum secangkir teh panas murni (lebih disukai teh herbal) dengan sedikit atau tanpa tambahan gula.

3. Jus Buah

jus buah-buahan bisa menjadi pilihan minuman untuk berbuka puasa, karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan dehidrasi.

Melon atau semangka bisa menjadi bahan pilihan untuk dijadikan jus buah-buahan. Hal ini lantaran keduanya mengandung kadar air yang tinggi, sehingga bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Selain itu, jus alpukat dan pisang juga bisa dijadikan rekomendasi, karena keduanya mengandung kalium yang mampu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Tetapi, disarankan untuk tidak menambahkan gula terlalu banyak dalam jus buah-buahan agar kadar gula darah tidak melonjak tajam. Sebagai pengganti zat pemanis, madu atau gula rendah kalori bisa dicampurkan ke dalam olahan jus buah.

4. Infused water

Apakah Anda ingin mencoba minuman sarapan yang berbeda dan sehat? Tidak ada yang salah dengan membuat air mendidih. Campuran air mineral, buah-buahan dan rempah-rempah dapat membuat cairan tubuh Anda sehat dan pulih dalam sekejap.
Untuk membatalkan puasa, buatlah air yang diisi dengan berbagai buah-buahan yang paling sesuai pada perut kosong, seperti apel, timun jepang, beri dan daun mint. Hindari buah-buahan yang sangat asam, seperti lemon atau nanas, terutama yang memiliki riwayat asam lambung tinggi.

Baca Juga : Apa Itu Infused Water ? Ternyata Ini Manfaat Infused Water

5. Air kelapa muda

kelapa muda menu buka puasa

Sejauh ini, air minum kelapa telah menjadi minuman sarapan favorit orang Indonesia. Tentu saja, karena dapat dipercaya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh langsung. Tidak hanya itu, air kelapa kecil juga memiliki manfaat luar biasa lainnya.
Beberapa di antaranya adalah detoksifikasi dari tubuh akibat penumpukan makanan yang tidak sehat dan membantu mengantisipasi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas berkat kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

6. Jus kurma susu

Seperti namanya, jus ini dibuat dengan kurma dan susu: susu UHT atau pasteurisasi yang baik, tidak dianjurkan untuk menggunakan susu kental bubuk atau manis. Selain sehat, kesegaran dan rasa manis alami yang disediakan jus ini sangat menggoda. Selain beberapa kurma muda dan segar, manfaat yang diperoleh dari salah satu minuman sarapan paling ideal.

7.  Kefir

kefir

Kefir adalah minuman yang sangat berguna yang terbuat dari susu fermentasi, terutama untuk membantu Anda berpuasa. Karena kefir mengandung banyak probiotik atau bakteri baik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan yang optimal, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mengembalikan energi yang terkuras saat puasa.

8. Smoothies buah

Smoothies buah

Mirip dengan jus buah, smoothies adalah minuman buka puasa yang segar dan menyehatkan karena mengandung berbagai vitamin dan mineral. Perbedaannya, pada smoothies, Anda bisa menambahkan susu atau yogurt guna menambah kenikmatan yang maksimal.

Anda bisa membuat smoothies dari kombinasi buah-buahan, seperti pepaya, kiwi, nanas, alpukat, delima, pisang, dan mangga. Buah-buahan tersebut merupakan sumber vitamin C yang juga mengandung kalium, folat, dan mangan sehingga mampu menjaga kesehatan tulang dan kadar gula darah Anda selama puasa.

Selain itu, Anda bisa membuat smoothies buah dari campuran ceri, aprikot, peach, dan plum. Berbagai buah-buahan tersebut mengandung beta karoten, kalium, dan vitamin C. Beta karoten dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda saat berpuasa.

Meski terdapat aneka minuman buka puasa, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup saat berpuasa. Selain itu, lengkapi asupan nutrisi dalam tubuh melalui makanan bergizi dan aktivitas fisik agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik selama puasa Ramadan.

Itulah beberapa ide sajian minuman untuk berbuka puasa dengan opsi yang lebih sehat. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *