kantung mata

Kantung mata atau lingkaran hitam di bawah mata adalah hal-hal yang tidak disukai wanita. Ini karena wajah tampak tidak bergerak, kusam, dan tidak sehat.

Kantung mata dapat terlihat di bawah mata, berbentuk seperti gelembung. Biasanya, kantung mata dapat terjadi karena pembengkakan yang disebabkan oleh penumpukan cairan di sekitar mata, atau disebut juga dengan edema periorbital.

Dari perspektif fisiologis dan anatomis, kantung mata yang menghitam di bawah mata disebabkan oleh sirkulasi darah stagnan di daerah bawah mata. Karena kurangnya oksigen dan sirkulasi darah yang buruk, pembuluh darah di bawah mata menjadi sangat menonjol. Akibatnya, bagian bawah mata yang menonjol tersebut berwarna lebih gelap dari warna kulit normal.

1. Lemak

Kantung mata dapat dipicu oleh lemak yang bergerak ke arah kelopak mata, menumpuk lemak ini dan menyebabkan pembengkakan.

2. Penyimpanan cairan

Cairan mata di jaringan mata dapat menyebabkan peradangan di kantung mata.
Apa yang mempengaruhi penyimpanan cairan di mata adalah perubahan iklim. Selain itu, tingkat hormon yang dihasilkan juga memengaruhi penyimpanan cairan. Bahkan, makanan asin juga bisa menambah cairan.
Ini juga menyebabkan kulit di area mata rileks dan membentuk lingkaran hitam di sekitar mata.

3. Usia

Penyebab utama kantung mata adalah usia. Penuaan melemaskan kulit, dan struktur jaringan serta otot yang mendukung perban mulai melemah.

4. Kurang tidur

Kurang tidur adalah penyebab paling umum masalah kantung mata.
Bahkan pada orang dewasa muda, kantung mata terkadang muncul setelah seseorang bangun sepanjang malam tanpa tidur.

Baca Juga :  8 Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Bahan Alami

5. Alergi

Pembentukan kantung mata bisa disebabkan oleh alergi mata. Ini ditandai dengan mata merah bengkak. Jika ini terjadi, segera temui dokter.

6. Keturunan

Faktor terakhir sulit diatasi. Jika banyak anggota keluarga Anda memiliki kantong mata, kemungkinan ini juga akan berkurang.
Secara umum, faktor genetik dapat berkisar dari pigmentasi hingga bentuk tulang mata, membuat mata tampak lebih gelap di ujungnya.
Tidak mungkin Anda bisa menghilangkan faktor genetik ini. Tapi Anda bisa merawat kulit di area mata agar kulit terlihat lebih cerah.

7. Selulitis periorbital

Selilitis periorbital merupakan kondisi infeksi kulit dan jaringan di sekitar mata. Infeksi bakteri ini sering terjadi pada anak-anak. Kondisi ini disebabkan oleh trauma dan sinusitis. Kondisi ini dapat terjadi pada satu ataupun kedua mata. Selain lingkar hitam dan bengkak, mata juga dapat mengalami gangguan penglihatan. Dengan pemberian antibiotik yang tepat, kondisi mata akan segera kembali normal.

8. Paparan sinar matahari yang berlebihan.

Paparan sinar matahari dapat merangsang tubuh untuk memproduksi melanin, yang merupakan pewarna di kulit, membuat kulit tampak lebih gelap. Kulit yang terpapar sinar matahari merangsang kerusakan kolagen, membuat kulit dan pembuluh darah lebih halus sehingga mata panda bisa menyebabkannya.

9. Pola Makan

Apa yang Anda makan harus dilakukan dengan kantung mata hitam. Jika Anda kekurangan vitamin dan nutrisi, Anda cenderung memiliki tas hitam. Faktanya, mengonsumsi kafein, alkohol, dan merokok dapat membuat pembuluh darah terlihat lebih menonjol, menonjolkan kantung mata hitam di bawah mata Anda.

Pada dasarnya, ketika Anda memiliki kantong mata di bawah mata Anda, Anda perlu memahami penyebabnya. Anda juga harus mempertimbangkan untuk membeli krim mata dengan hati-hati untuk merawat kantong mata karena mereka hanya dapat menyembunyikan kantong mata.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *