anak muda

Ramadhan ialah bulan penuh hikmah yang selalu dinantikan kehadirannnya oleh seluruh umat mukmin di seluruh dunia. Ramadhan menjadi hari hari penuh keberkahan karena menyimpan banyak kebaikan berupa terbukanya pintu untuk berbuat kebaikan sebanyak banyak dan tertutupnya pintu neraka dimana hal itu berarti Allah membuka jalan untuk semua umatnya untuk bertaubat atas dosa dosa yang telah lampau.

Namun kamu perlu kalian tahu beberapa kebiasaan yang seharusnya kalian hindari pada bulan puasa, karena ini adalah salah satu dosa. Kita tidak tahu apakah puasa kita di terima Allah atau tidak, namun kebiasaan ini merupakan sebuah dosa, dan sebaiknya kita semua tinggalkan.

Memang kelihatannya hal yang sepele, dan tidak terlalu keliatan jika kalian melakukan hal-hal tersebut, namun meskipun ini tidak kelihatan,sebaiknya menghindari adalah suatu hal yang lebih baik, karena jika anda lakukan lebih banyak mudhorotnya dibandingkan dengan kebaikannya.

  1. Onani /manstrubasi

masih ada yang sering ONANI di malam hari atau ada juga saat siang hari puasa. Ingat, onani itu dosa besar karena bukan menyalurkan syahwat pada tempatnya. Di samping dampak buruk onani itu banyak.

  1. Tidak sholat subuh

habis sahur bablas tidur, tidak shalat Shubuh. Kalau ini sering banget ditemukan. Di antara sebabnya karena makan sahurnya terlalu malam. Kalau makan sahur bisa dekat dengan waktu Shubuh, pasti bisa langsung shalat Shubuh. Ingat meninggalkan shalat itu dosa besar.

  1. Lebih mementingkan buka puasa

lebih mementingkan buka puasa, daripada shalat magrib. Shalat Magrib tidak pernah dipikirkan, yang penting berpikir berbuka dengan berbagai menunya.

  1. puasa tetapi tidak shalat.

Padahal meninggalkan shalat itu kekafiran. Dikira jika shalat ditinggalkan, tidak berpengaruh pada puasa. Harusnya kita berpuasa, juga harus shalat.

  1. Menggosip

gosipin orang dan membicarakan keburukan orang, ini namanya ghibah. Ghibah itu masuk dosa besar. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebut, ghibah adalah membicarakan kejelekan orang lain saat ia tidak ada.

  1. tidak patuh pada orang tua.

Tidak patuh dan taat pada perintah orang tua serta sering lalai apa yang ia perintahkan kepada kita . Malas-malasan dirumah, ada orang tua kerepotan tidak dibantuin, dimintai tolong menolak juga merupakan perbuatan dosa, sudah tentu ini akan berpengaruh kepada puasa yang dia jalnkan., Contoh saja, malas di suruh ke warung sama orangtua, karena sibuk main hp.

  1. habisin waktu untuk memancing

menghabiskan waktu dengan memancing sampai lupa waktu serta tidak mengerjakan shalat.

  1. mendengar music

Mendengarkan music yang membuat kamu lupa dan terlena dengan musik dan kamu melupakan betapa banyaknya pahala yang dilimpahkan dibulan Ramadan . Mendengarkan musik yang mengundang shahwat adalah perbuatan dosa.

  1. mengganggu orang lain

mengganggu orang lain saat shalat berjamaah seperti saat shalat tarawih. Contoh, main perang sarung dan main petasan saat tarawih.

  1. merokok sembunyi-sembunyi.

Padahal merokok sendiri sudah dihukumi haram. Apalagi saat sedang puasa merokok. Ini termasuk kelakuan tidak jujur saat puasa.

  1. jalan-jalan Shubuh dan nongkrong bakda Shubuh,
  2. Main futsal

main futsal pada malam hari, sampai meninggalkan shalat Isya atau shalat Shubuh.

13. Bermain Game

bermain game merupakan hal yang dilakukan oleh anak muda untuk mengisi waktu luang, apalagi disaat menunggu buka puasa, namun bermain game dapat menimbulkan hal mudhorat jika lupa waktu dan tidak sholat .

Demikian ulasan kanakalan anak muda mengenai dosa dosa yang diangap biasa dan biasa dilakukan pada bulan ramadhan atau bulan puasa, sebaiknya hal-hal tersebut dihindari, agar ibadah puasa kita tidak sia-sia hanya mendapatkan lapar dan haus saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *