Keanekaragaman Hayati

Sebelumnya kita telah mengenal apa itu keanekaragaman hayati beserta jenis jenisnya, kali ini kita akan membahas manfaat keanekaragaman hayati, yuk kita langsung aja kepembahasannya

Keanekaragaman hayati merupakan pernyataan mengenai berbagai macam (variasi) bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang terdapat pada berbagai tingkatan makhluk hidup. Indonesia terletak di daerah tropis sehingga memiliki keanekaragaman tinggi dibandingkan dengan daerah subtropis (iklim sedang) dan kutub.

Keanekaragaman yang tinggi di Indonesia dapat dijumpai di dalam lingkungan hutan hujan tropis. Di dalam hutan hujan tropis terdapat berbagai jenis tumbuhan (flora) dan hewan (fauna) yang belum dimanfaatkan atau masih liar.

Di dalam tubuh hewan atau tumbuhan itu tersimpan sifat-sifat unggul, yang mungkin dapat dimanfaatkan di masa mendatang. Keanekaragaman yang tinggi ini dapat dilihat dari berbagai jenis spesies yang dipunyai Indonesia.

Betapa beruntungnya kita yang tinggal dinegara Indonesia . Indonesia sangat kaya akan budaya , dan kaya akan menyimpan kekayaan keanekaragaman hayati yang tak terhitung jumlahnya. Keanekaragaman hayati itu memberi banyak manfaat ke semua aspek kehidupan bumi dan manusianya. Pemanfaatan keaneka ragaman hayati di Indonesia pun beragam di tiap wilayahnya. Mulai dari manfaat keanekaragaman hayati untuk pangan, papan, sandang, maupun untuk hasil kriya yang menyangkut budaya masyarakat kita. Dengan demikian tentu dapat disimpulkan kalau manusia sangat bergantung dengan keaneka ragaman hayati untuk hidup.

Baca Juga : Keanekaragaman Hayati : Pengertian Dan Jenis-Jenis nya

Manfaat Keanekaragaman Hayati

1. Sumber Pangan

Keanekaragaman hayati yang ada di sekeliling bisa dijadikan sebagai sumber pangan untuk manusia. Terlebih sumber pangan merupakan sumber energi manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Hal ini karena manusia tidak bisa memproduksi makanan sendiri. Makanan dan minimal yang setiap harinya dikonsumsi oleh manusia berasal dari makhluk hidup lain.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada 400 jenis tanaman penghasil buah, 70 jenis tanaman umbi, 370 jenis sayuran dan 55 jenis rempah-rempah. Tidak lupa, terdapat juga beragam jenis hewan yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

2. Sebagai Sumber Pendapatan

Keanekaragaman hayati yang sangat beragam di Indonesia bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Masyarakat bisa menjual tanaman atau pun hewan yang sudah mereka urus sebelumnya, misalnya dari hasil pertanian maupun peternakan. Pilihan jenis pertanian dan peternakan di Indonesia sangatlah banyak. Hal ini membuat masyarakat bisa memilih apa yang terbaik untuk bisnisnya sesuai dengan target yang sudah dicanangkan.

3. Sumber Sandang

Keanekaragaman hayati merupakan sumber sandang bagi manusia. Sandang atau yang berarti pakaian ini adalah kebutuhan dasar bagi manusia. Pakaian sendiri terbuat dari serat yang bahan dasarkan adalah kulit hewan, kapas, ulat sutera, dan lain-lain.

Baca Juga : 4 Keunikan Keanekaragaman Hayati Flora Dan Fauna Diindonesia

4. Sumber Papan

Manfaat yang didapatkan manusia dari keanekaragaman hayati di Indonesia sangatlah banyak. Untuk sumber papan atau tempat tinggal, manusia memanfaatkan alam guna melindungi diri dari gejala alam itu sendiri, misalnya hujan, badai, panas dan lain sebagainya. Sumber papan sangat bermanfaat terutama saat melihat dari rumah adat Indonesia, yang sebagian besar memanfaatkan bahan kayu sebagai bahan utama bangunannya.

5. Sebagai Sumber Obat-Obatan

Bukan hal yang aneh, di Indonesia memang obat tradisional mendapatkan tempat tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Hal ini pun didukung dengan tersedianya beragam tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Setidaknya ada 30.000 spesies tumbuhan di Indonesia, dan 950 di antaranya merupakan tanaman obat, bahkan 250 spesies telah digunakan sebagai obat di industri obat herba local.

6. Sebagai Bahan Kosmetik

Keanekaragaman hayati tentu memberikan manusia banyak kemudahan dalam berbagai hal, tidak terkecuali dalam merawat diri. Banyak sekali tumbuhan atau pun hewan yang dapat dimanfaatkan untuk bahan kosmetik. Di Indonesia sendiri bahan-bahan tersebut tidak sulit untuk ditemukan. Bahkan beberapa di antaranya tidak usah diolah terlebih dahulu alias bisa langsung dipakai.

Baca Juga : 15 Soal Latihan Keanekaragaman Hayati Beserta Pembahasannya

7. Sebagai Sumber Keilmuan

Untuk menghasilkan pertanian dan peternakan yang unggul, manusia harus mempelajari tentang bagaimana cara mengembangbiakkan tumbuhan atau hewan tersebut agar menghasilkan bibit atau anakan unggul. Ilmu-ilmu yang didapat dalam mempelajari hewan dan tumbuhan tersebut tentu menambah pengetahuan manusia agar dapat memanfaatkan alam dengan lebih baik lagi tanpa harus merusaknya.

8. Sebagai Penyeimbang Ekosistem

keanekaragaman hayati di dunia ini merupakan penyeimbang ekosistem dan juga penentu keberlangsungan ekosistem di masa yang akan datang. Tiap makhluk yang merupakan bagian dari keanekaragaman hayati memiliki peran tersendiri dalam ekosistem sehingga harus dilestarikan.

 9. Plasma Nutfah

Apa kamu pernah mendengar kata plasma nutfah? apa sih sebenrnya palasma nutfah itu ? Plasma nutfah merupakan bagian dari hewan, tumbuhan atau pun atau pun mikroorganisme yang memiliki kemampuan mewariskan sifat. Plasma nutfah sangat berguna dalam merakit varietas unggul dari sebuah spesies supaya tidak rentan terhadap penyakit dan lebih produktif serta dapat mewariskan gen unggul tersebut dari generasi ke generasi.

Itulah 9 manfaat keanekaragaman hayati dan tentunya masih banyak lagi manfaat keanekaragaman hayati yang belum tercantum di artikel ini. Sebagai manusia sudah seharusnya kita tidak hanya memanfaatkannya namun juga menjaga kekayaan keanekaragaman hayati yang dilimpahkan di negeri ini.

Baca Juga :  20 Soal Latihan Virus Beserta Pembahasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *