cara mendapatkan modal usaha

Cara mudah mendapatkan modal usaha – Banyak sekali kaum milenial saat ini memiliki ide ide kreatif untuk membangun sebuah usaha yang dapat menumbuhkan perekonomian bangsa indonesia , namun sayang nya ide kreatif mereka untuk membangun usaha banyak yang terealisasi akibat keterbatasan biaya mereka dalam membuka usaha, yang menyebabkan kaum milenial sulit membuka usaha.

Nah bagi kamu yang saat ini kesulitan dalam mencari modal usaha untuk membangun usaha kamu , artikel ini cocom buat kamu dan dapat membantumu bagaimana cara mudah mendapatkan modal usaha, yuk langsung aja simak dibawah ini

Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha

1. Ikut Program Pendukung UKM

Cara mudah mendapatkan modal usaha adalah dengan mengikuti program pendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ditawarkan oleh berbagai lembaga. Banyak lembaga pemerintah maupun swasta yang peduli dengan usaha kecil dan menawarkan pinjaman modal usaha. Kebanyakan program tidak hanya membagikan modal usaha saja tapi juga melakukan pelatihan dan pendampingan di awal usaha kita dirintis sehingga kita bisa mendapatkan berbagai masukan untuk setiap langkah yang kita ambil.

Baca Juga : Bagaimana Cara mengukuti Program Ukm ?

2. Tabungan Pribadi

Cara mudah mendapatkan modal usaha adalah dengan menggunakan tabungan pribadi kita. Umumnya orang memang menabung dengan tujuan tertentu seperti untuk dana pensiun, membeli rumah, membeli mobil, pendidikan anak, ataupun simpanan lainnya untuk kebutuhan di beberapa tahun ke depan. Jika memang sudah memiliki konsep yang cukup matang untuk membuat sebuah usaha, tidak ada salahnya mengalihkan simpanan tersebut sebagai modal usaha.

Namun, kita harus memiliki target yang jelas sehingga bisa memastikan kapan simpanan tersebut bisa terkumpul kembali sehingga bisa digunakan sebagaimana tujuan awalnya. Akan lebih baik lagi jika kita memiliki simpanan tanpa tujuan tertentu atau simpanan yang tidak berkaitan dengan kebutuhan utama. Contohnya adalah simpanan untuk anggaran jalan-jalan tahunan keluarga. Kita bisa mengubah destinasi menjadi yang lebih low budget dan mengalihkan anggarannya untuk menjadi modal usaha.

3. Pinjam Modal Usaha pada Bank

Pinjaman pada bank saat ini masih menjadi salah satu alternatif paling banyak dipilih untuk mendapatkan modal usaha. Pinjaman bank untuk modal usaha umumnya memiliki dua jenis berbeda yaitu Kredit Multi Guna(KMG) dan juga Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dalam Kredit Multi Guna, kita diharuskan untuk menjaminkan aset berupa properti maupun kendaraan bermotor. Sedangkan untuk Kredit Tanpa Agunan, kita tidak diharuskan menjaminkan aset apapun. Perbedaan lain dari KMG dan KTA adalah kisaran bunga yang ditawarkan, Kredit Multi Guna menawarkan bunga kisaran 9-12 persen, sedangkan Kredit Tanpa Agunan bunganya bisa mencapai 10-23 persen. So, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, pilihan bergantung pada kemampuan dan juga kebutuhan modal usaha kamu.

Baca Juga : Bagaiamana Cara Meminjam Uang Dari Bank Untuk Usaha

4. Pinjam Modal Usaha pada Teman atau Keluarga

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam kepada teman atau keluarga. Cara yang satu ini mungkin prosesnya tidak serumit pinjaman di bank dan juga bebas dari bunga. Pinjaman modal usaha pada teman atau keluarga bisa berupa hutang atau ekuitas. Jika bentuknya hutang, kita diharuskan untuk mengembalikannya dalam jangka waktu tertentu, sedangkan jika bentuknya ekuitas maka kita tidak harus mengemalikan modal tersebut tetapi diharuskan untuk memberikan sebagian saham usaha yang kita jalankan.

Pinjaman modal usaha yang satu ini terlihat seperti minim resiko jika dibandingkan dengan pinjaman pada bank. Tapi jika terjadi kegagalan dalam usaha, akan ada resiko terjadinya kerusakan hubungan, Maka dari itu, sejak awal kita sudah harus menjelaskan secara mendetail tentang bisnis seperti apa yang akan kita jalani beserta resikonya. Sehingga tidak ada kesalapahaman jika hal-hal yang tidak dinginkan terjadi di kemudian hari.

5. Menjual Aset

Cara selanjutnya mendapatkan modal usaha untuk bisnis kecil kita adalah dengan menjual aset yang kita miliki. Jika kamu memiliki lebih dari satu aset seperti properti perhiasan, maupun kendaraan bermotor, kamu bisa menjualnya dan memanfaatkannya sebagai modal usaha. Sama seperti halnya menggunakan tabungan, kamu juga tidak bisa sembarangan dalam menjual aset. Pastikan terlebih dahulu untung rugi dalam penjualan aset tersebut, jangan sampai membuat kita menjadi lebih repot dalam mengurus berbagai hal. Di sisi lain, kita juga harus sudah merasa mantap dan percaya diri bahwa bisnis yang dijalani akan mampu mengembalikan aset tersebut, bahkan dengan yang jauh lebih baik

6. Menggadaikan Aset

Selain menjual aset, kamu juga bisa menggadaikannya. Jika kamu merasa terlalu sayang untuk menjual aset tersebut, menggadaikannya memang bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan modal usaha. Tapi tentunya modal usaha yang kamu dapatkan mungkin tidak sebanyak jika kamu langsung menjual aset tersebut, karena pinjaman dari usaha gadai nilainya tentu lebih kecil dari nilai jual aset sebenarnya. Kamu juga harus benar-benar memperhatikan perputaran uang dari bisnis yang akan kamu jalani. Jangan sampai kamu tidak mampu menebus kembali aset yang sudah digadaikan saat sudah jatuh temponya.

Baca Juga : Tempat Tempat Pegadaian Barang

7. Mencari Partner Bisnis

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan cara mencari partner bisnis. Cara yang satu ini bisa dilakukan oleh kamu yang sudah memiliki sedikit modal namum merasa modal tersebut belum cukup efektif untuk memulai sebuah bisnis. Kamu bisa mengajak teman atau kerabatmu untuk menjadi partner bisnis. Selain untuk menambahkan modal usaha, memiliki partner bisnis juga bisa membantu kamu untuk lebih konsisten dengan bisnis yang kamu jalankan. Tapi yang harus ditekankan dari awal adalah kamu dan partner bisnismu tersebut harus memiliki visi dan misi yang sama dalam menjalankan bisnis tersebut.

8. Modal Usaha dari Investor

Cara terakhir untuk mendapatkan modal usaha adalah melalui investor. Para investor ini merupakan orang kaya yang mau menginvestasikan uangnya pada bisnis yang baru dirintis maupun sedang berkembang. Imbalan yang diminta oleh angel investor biasanya adalah berupa obligasi konversi maupun ekuitas kepemilikan. Para investor ini biasanya terkumpul dalam grup tertentu dan tidak hanya memberikan pendanaan tetapi juga bimbingan tentang manajemen.

Baca Juga : Bagaimana cara mendapatkan investor

Demikian penjelasan tentang cara mudah mendapatkan modal usaha . Semoga artikel ini dapat membantumu dalam mengatasi kegagalan dalam berwirausaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *