penyebab kegagalan dalam usaha

Penyebab Kegagalan Dalam Berwirausaha Menjalankan sebuah usaha bukan lah perkara yang mudah ,namun banyak lika liku perjalanan yang akan di hadapi bagi para pengusaha, dalam dunia usaha kita tidak hanya memikirkan bagaiamana cara usaha kita berjalan dengan lancar namun juga kita harus mempertimbangkan resiko yang akan terjadi, nah alangkah baik nya sebelum terjun kedunia usaha kamu harus tau apa saja ancaman atau factor yang menyebabkan gagal nya usaha tersebut .

Mengetahui faktor penyebab kegagalan dalam berwirausaha sejak dini adalah sebuah keuntungan tersendiri agar kita bisa menemukan cara untuk mengantisipasinya. Memang kegagalan dalam dunia usaha merupakan hal yang wajar dan bisa terjadi pada siapa saja, tapi kita juga memanimalisir kegagalan tersebut dengan melakukan berbagai upaya pencegahan dan pemecahan masalah.

Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Berwirausaha 

1. Perencanaan Bisnis Kurang Matang

Perencanaan bisnis memiliki peran penting ketika Anda ingin memulai sebuah usaha baru. Tanpa perencanaan usaha yang matang, usaha yang Anda jalankan mungkin tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Hal ini biasanya terjadi pada para wirasusaha pemula dimana karena terlalu semangat ingin berbisnis, pada akhirnya mereka melupakan factor penting dalam suatu bisnis, yakni perencanaan awal memulai usaha.

Ada beberapa tahapan dalam membuat perencanaan usaha diantaranya

•             Membuat tujuan usaha yang jelas

•             Menentukan target konsumen

•             Menentukan bisnis yang sesuai

•             Menganalisa kebutuhan pasar

•             Memperhitungkan modal dan kebutuhan dalam berbelanja

•             Membuat rencana pemasaran

Baca Juga : tahapan membuat perencanaan usaha agar bisnis cepat berkembang.

2. Tidak Menguasai  Bidang Usaha yang Dijalankan

Memilih jenis usaha juga merupakan faktor keberhasilan wirasusaha sukses. Karena jika usaha yang Anda pilih tidak sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Tentu akan membuat Anda kesulitan mengembangkan bisnis Anda.

Terutama jika usaha yang Anda jalankan memerlukan keahlian dalam bidang tertentu. Contohnya saja Anda ingin membuka usaha catering rumahan. Bagaimana mungkin usaha catering Anda banyak pelanggan jika Anda sendiri tidak mahir dalam memasak.

Oleh karena itu, kuasailah bidang usaha yang akan Anda jalankan. Jangan sampai Anda membuka usaha yang Anda sendiri tidak memahami bagaimana cara mengembangkan usaha tersebut.

3. Salah Memilih lokasi Usaha

Baca Juga : 7 Tips Strategi memilih Lokasi Usaha Bisnis Yang Tepat

Membuat usaha bukan hanya sekadar memproduksi suatu barang namun harus mengerti tentang kebutuhan masyarakat baik dari segi frekuensi, kuantitas, bentuk/jenis dan kualitasnya. Tidak hanya itu, kita juga harus memperhitungkan lokasi usaha serta kelengkapan usaha. Pilihlah lokasi usaha yang strategis, dekat dengan pasar, adan kemudahan akses baik dalam jangkauan fisik ataupun teknologi. Sebab hal ini dapat mengefisienkan biaya produksi dan transportasi.

Penyebab bisnis tidak berkembang boleh dikatakan karena Anda salah dalam memilih tempat usaha. Terutama jika Anda bergerak dibidang bisnis berjualan.

Contohnya saja ketika Anda ingin membuka usaha fotokopi. Tempat usaha yang strategis untuk bisnis fotokopi diantaranya dekat dengan kampus, sekolahan atau instansi pemerintah. Dimana mereka adalah target konsumen yang paling tepat.

Bayangkan saja jika Anda membuka usaha tersebut di jalanan yang ramai namun jauh dari target konsumen Anda. Meskipun laku, tapi tidak akan seramai ketika lokasi toko Anda dekat dengan mereka.

Penyebab kegagalan usaha makanan juga sering terjadi karena kesalahan memilih lokasi bisnis. Misalnya Anda membuka warung makan. Sebisa mungkin pilih tempat yang terdapat lahan parkir yang luas dan terlihat jelas dari jarak pandang minimal 20 meter.

Oleh sebab itu, ketika Anda menyewa tempat usaha. Survei beberapa tempat sekaligus sehingga Anda memiliki perbandingan dimana lokasi yang paling pas untuk usaha Anda.

4. Tidak Bisa Menyelesaikan Masalah Konsumen

Anda hanya akan dibayar untuk menyelesaikan masalah orang lain. Contohnya ketika Anda berbisnis kuliner. Maka Anda harus menyelesaikan keinginan konsumen untuk bisa makan enak. Jika Anda berbisnis warnet, maka Anda harus memberikan koneksi internet yang cepat dan komputer yang ngelag.

Inti dari semua bisnis adalah menyelesaikan masalah orang lain. Jika Anda hanya menyelesaikan separuh masalahnya saja. Maka konsumen Anda akan pergi ke orang lain yang bisa menyelesaikan seluruh masalahnya.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara menyelesaikan seluruh masalah konsumen?

Jawabannya adalah Anda harus bisa menyediakan apa yang menjadi keinginan konsumen. Dengan begitu, mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.

5. Strategi Marketing yang Salah

Meskipun Anda memiliki produk terbaik di dunia, tapi kalau tidak ada yang tahu, maka tidak akan ada yang membeli. Tapi jika Anda memiliki produk biasa, namun yang tahu produk Anda sangat banyak, maka produk Anda sudah pasti laku.

Dan kebanyakan pebisnis pemula gagal karena hal ini. Mereka membuka usaha namun barangnya tidak laku sama sekali/ Hingga akhirnya harus menutup usahanya yang masih berumur jagung.

Untuk mengatasi hal ini Anda harus belajar tentang strategi marketing yang baik. Mulai dari cara promosi produk sampai dengan strategi pemasaran produk yang paling efektif.

Baca Juga : 13 Tips Menjadi Pengusaha Muda Sukses Bagi Kaum Milenial

6. Manajemen Keuangan yang Buruk

Baca juga : tips pengelolaan keuangan usaha agar cepat berkembang

Salah satu inti dari mengelola sebuah bisnis adalah mengelola keuangan perusahaan agar roda bisnis dapat terus berjalan. Pencatatan dan pembukuan setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan hingga melahirkan laporan keuangan perusahaan adalah usaha pengelolaan keuangan. Dengan mengetahui laporan seorang pengusaha dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mengelola keuangan dan menjalankan roda bisnisnya. Namun jika seorang pengusaha tidak memiliki pemahaman tentang ini, ibarat balapan mobil tidak isi bensin. Oleh karena itu, pengusaha harus memiliki setidaknya pengetahuan dasar tentang mengelola keuangan. Belajar dari internet secara otodidak atau dari praktisi akuntan jika mampu.

7. Tidak Fokus dalam Menjalankan Usaha

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membuka usaha, maka Anda harus total dalam menjalankan. penyebab bisnis gagal sering terjadi ketika Anda bersikap setengah-setengah dan tidak fokus dalam menjalankan usaha Anda.

Mereka yang konsisten dan fokuslah yang akan sukses dalam menjalani bisnis. Meskipun usaha yang Anda jalankan hanya usaha sampingan. Tetap saja Anda harus fokus sehingga Anda bisa mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan dan potensi apa yang bisa dikembangkan.

8. Memilih Rekan Bisnis yang Salah

 Hal yang harus Anda waspadai yang menjadi penyebab kegagalan usaha adalah ketika Anda memilih rekan bisnis yang salah. Oleh sebab itu, pikirkan betul-betul sebelum Anda bekerja sama orang lain.

Pilihlah rekan bisnis yang memiliki tujuan dan memiliki skill yang mumpuni untuk bidang usaha yang akan dijalankan. Salah satunya ketika Anda sedang membangun bisnis dengan saudara atau teman.

Jangan Anda memandang bahwa rekan Anda adalah saudara atau teman dekat Anda. Jika Anda merasa mereka tidak memiliki minat dengan bisnis yang Anda jalankan, jangan Anda teruskan. Karena pada akhirnya Anda yang akan kerepotan sendiri.

Berusahalah memilih rekanan bisnis yang sejalan dengan Anda. Sebisa mungkin juga mereka memiliki kemampuan atau berpengalaman di bidang usaha sehingga Anda akan lebih mudah dalam melangkah

9. Kurangnya Pengetahuan Tentang Teknologi

Selama ini kita sudah melihat bagaimana cepatnya perubahan teknologi dan pengaruhnya pada dunia usaha. Mereka yang terlambat mengantisipasi perubahan teknologi akan tertinggal dan menjadi penyebab kegagalan usaha mereka.

Kita tidak hanya bicara tentang pemasaran dan penjualan, tapi juga mengenai tentang memelihara hubungan dengan pelanggan.

Salah satu contoh, sebua bisnis yang menggunakan teknologi untuk menyimpan data base pelanggan mereka tentunya harus punya keamanan yang baik pada sistem mereka. Ketidak mampuan dalam menjaga keamanan sistem bisa mengakibatkan data konsumen Anda hilang dari data base, tentunya ini sangat fatal bagi sebuah bisnis yang membutuhkan database konsumen.

Baca juga : 8 Strategi Sukses Menjadi Pengusaha Muda Dari Nol

demikian penjelasan tentang faktor penyebab kegagalan dalam berwirausaha . Semoga artikel ini dapat membantumu dalam mengatasi kegagalan dalam berwirausaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *