pengusaha muda

13 Tips Menjadi Pengusaha Muda Sukses Bagi Kaum Milenial

Tips menjadi pengusaha muda-Menjadi orang yang sukses adalah impian bagi setiap orang, namun untuk mencapai tujuan tersebut bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi para kaum milenial. Kaum milenial saaat ini banyak sekali yang ingin menjadi pengusaha namun mereka bingung memulai dari mana dan kendala terbesar mereka bagaiaman cara memulai nya? , apa usaha yang akan dibuat ? dan bagaiamana cara mendapatkan modal nya ? ini adalah lingkaran yang selalu menghantui mereka. lalu bagaiamana tips menjadi pengusaha muda yang sukses ?

Tips Menjadi Pengusaha Muda

1. Memiliki Pribadi yang Proaktif

Yakin deh, setiap orang pasti punya ide yang unik. Sayangnya nggak semua bisa merealisasikan ide yang mereka punya. Sebagai calon pengusaha muda, kamu harus menjadi orang yang proaktif dengan mencoba merealisasikan ide yang ada. Saat peluang kecil kamu harus mencari dan membuat peluang yang baru. Berpikir proaktif akan memberi kamu kendali penuh pada aksi untuk mencapai kesuksesan.

Baca Juga : 9 Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Berwirausaha Yang Harus Diwaspadai

2. Belajar dari Orang Lain

Berteman dengan entrepreneur sukses bisa mendorong kamu untuk menjadi sukses. Kamu bisa belajar dari pengalaman bagaimana ia mencapai sebuah kesuksesan. Adopsi pola pikirnya untuk membuat kamu menjadi pribadi yang peka terhadap segala jenis peluang yang ada. Dengan belajar dari mereka, kamu bahkan bisa membaca peluang yang tidak disadari sebelumnya.

3. Berani Menantang Diri Sendiri

Seorang pengusaha harus siap menghadapi tantangan. Tantangan di dalam dirinya sendiri maupun di lingkunganya. Terlebih dahulu Anda harus menantang diri sendiri sehingga mendorong untuk tetap bersemangat dalam menghadapi perkembangan yang terjadi. Seorang pengusaha harus gesit dalam mencari tantanga berikutnya untuk menghadapi apa yang menjadi visi Anda.

4. Memiliki Passion

Banyak yang bermula dari hobi kini menjadi tempat usahanya. Inilah karena semua yang dilakukan berdasarkan kesenangan akan terasa lebih ringan dan bisa menjadi sebuah cara yang tepat untuk memulai bisnis Anda.

Pilihlah passion Anda, baik di bidang teknologi, fashion ataupun kuliner sehingga bisa mendalami bisnis yang Anda mulai. Contohnya, jika Anda menyukai kopi dan memiliki pengetahuan lebih, kenapa tidak mencoba untuk memulai bisnis kedai kopi sendiri.

Dengan passion pengusaha tidak akan pernah lelah untuk bekerja berjam-jam dan masih bersemangat untuk mendapatkan ide-ide bisnis kreatif baru yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

5. Percaya Diri

Calon pengusaha sukses dapat dilihat dari gestur tubuhnya sangat Anda berkenalan pertama kalinya. Ia sangat percaya diri, kemampuan ini juga akan meningkatkan intuisi yang bergantung pada kebijakan dalam mengambil keputusan.

Percaya akan kemampuan diri Anda akan menghilangkan rasa ketidakpastiaan yang seringkali menjadi ketakutan penguasaha diawal memulai berwirausaha. Ingat Anda harus yakin dengan kemampuan Anda, pengalaman dan ilmu yang Anda miliki.

Baca Juga : 8 Hal Kebiasaan Pengusaha Sukses Yang Harus Dicontoh Kaum Milenial

6. Berani Menghadapi Risiko

tips menjadi Pengusaha muda sukses bukan orang yang menunggu uang datang, tapi bekerja keras dan berani menghadapi risiko dengan analisis yang matang tentunya, demi mengembangkan kekayaan yang dimiliki. Nggak ada bisnis yang tanpa risiko, namun sebagai pengusaha muda kamu harus memikirkan bagaimana agar risiko ini bisa dimitigasi.

7. Membuat Tujuan

Apa pun jenis bisnisnya, membuat tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang itu penting. Apa pun tujuannya, pastikan tujuan tersebut terukur, jelas, spesifik, dan feasible. Apa pun tujuan bisnis kamu, usahakan untuk melakukan pengelolaan bisnis yang tepat.

8. Buat Rencana Bisnis

Rencana bisnis adalah kegiatan organisasi yang disusun untuk jangka waktu tertentu dan menjadi sebuah pedoman dalam mencapai tujuan bisnis. Secara umum setidaknya rencana bisnis kamu harus mencakup beberapa hal seperti visi misi bisnis yang jelas, sasaran konsumen, riset pasar, siapa saja pesaing dibidang yang sama, dan bagaimana sistem pemasaran yang akan dilakukan.

9. Mengumpulkan Modal Usaha

Tiap bisnis pasti butuh modal awal. Kamu bisa menggunakan modal dari tabungan pribadi yang memang sudah disiapkan untuk bisnis. Cara kedua jika kamu butuh modal yang relatif besar maka bisa melakukan pinjaman pada bank seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Peer to Peer Lending (P2P Lending), dan sebagainya.

Baca Juga : 8 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis

10. Melakukan Riset Pasar

Pelajari tentang permintaan produk yang ingin kamu jual ke pasar. Apakah produk tersebut cocok untuk kalangan pemuda, orang tua, atau malah keduanya. Riset pasar ini sangat penting demi mengetahui kepada siapa kamu harus menjual produk.

11. Melakukan Inovasi Produk

Apa pun jenis bisnisnya, butuh inovasi produk supaya tidak mudah ditiru oleh orang lain. Menerapkan sistem inovasi secara berkelanjutan akan membantu bisnis berkembang dan mampu bersaing dengan kompetitor. Sistem ini akan membuat kamu susah dikejar oleh para peniru.

Baca juga : 14 Ide Peluang Usaha Untuk Mahasiswa, Dapat Meningkatkan Incoming!

11. Mempelajari Strategi Promosi

Salah satu kunci sukses sebuah bisnis adalah sarana promosi yang tepat. Dengan promosi, maka orang akan tahu jenis usaha yang kamu jalankan. Jika kamu mempertimbangkan untuk menjual jasa seperti wedding planner, fotografer, atau fashion stylist, yang dibutuhkan adalah sosial media sebagai sarana untuk pamer karya. Facebook, Instagram, Twitter atau YouTube sangat membantu untuk membangun pasar dan memicu orang untuk saling mempromosikan dari mulut ke mulut.

12. Memberikan Pelayanan yang Baik pada Pelanggan

Buatlah pelanggan selalu merasa puas dengan pelayanan yang kamu berikan supaya mereka mau kembali lagi pada produk atau jasa yang ditawarkan. Layanan terhadap pelanggan menjadi faktor penting untuk kemajuan bisnis. Baik itu secara offline atau online, usahakan untuk memberikan pelayanan terbaik pada pembeli, selalu tersenyum dan hangat.

13. Cepat Bertindak

Cara menjadi pengusaha sukses lainnya adalah harus cepat bertindak. Setelah melakukan perencanaan, menimbang resiko dari segala pilihan, pendanaan dan mengondisikan tim maka hal yang harus dilakukan adalah bertindak. Eksekusi inilah yang terkadang tidak diselesaikan sehingga seringkali bisnis tidak mendapatkan apa-apa. Mulailah untuk bertindak.

demikian penjelasan tentang tips menjadi pengusaha muda . Semoga artikel tips menjadi pengusaha muda ini dapat membantumu dan menyemangatimu untuk menjadi pengusaha yang sukses

Baca Juga : Wajib Tau! 7 Faktor Keberhasilan Usaha Kaum Milenial

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *