usaha kaos online

Tips Sukses Bisnis Usaha Kaos Online Dengan Modal Kecil

Bisnis Usaha Kaos saat ini merupakan usaha yang paling popular dikalangan kaum milenial , karena anak muda saat ini tidak mau ketinggalan style dan terus mengikuti trend kekinian.   

Karena popularitasnya, bisnis kaos ini cukup kompetitif. Untuk menjadi suskes, toko anda perlu untuk memiliki desain yang menarik dan brand image yang kuat.

Dengan popularitas bisnis kaos, tidak dapat dihindari Anda akan menghadapi cukup banyak pesaing.

Tetapi, dengan Anda sudah menentukan target dan menciptakan desain kaos yang diinginkan oleh target pelanggan. Anda akan dapat mencapai kesuksesan dengan berbisnis kaos online Anda sendiri.

Maka dari itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai untuk berbisnis kaos online.

Tips Sukses Bisnis Usaha Kaos

1. Lakukan Analisa dan Riset Terlebih Dahulu

Dalam memulai sebuah usaha atau bisnis, hal pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah melakukan analisa dan riset data di lapangan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa sebenarnya yang dicari oleh pasar.

Kebanyakan orang yang mencoba usaha gagal di tahun pertamanya karena mereka menjual apa yang sebenarnya tidak diminta oleh pasar. Dari riset ini Anda bisa mengetahui sebenarnya model kaos seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Cobalah untuk membuat semacam kuisioner sederhana yang dibagikan pada pengguna internet (harus pengguna internet, karena Anda kan ceritanya mau jualan online). Buat pertanyaan semenarik mungkin, dan cari tahu apa sih yang sebenarnya mereka inginkan dan mereka butuhkan.

2. Tentukan Tema Toko Anda

Menentukan tema sangatlah penting untuk menanam pondasi dalam membuat desain dan membangun image dari brand anda. Dengan menentukan tema di awal, anda bisa menyusun strategi agar toko dan desain anda bisa meraih perhatian dari pembeli.

Sebagai inspirasi, anda dapat melihat toko kaos slamdunkinc yang memiliki tema olahraga basket. Semua konten dan desain yang ada di toko asal Indonesia ini berputar sekitar olahraga basket. Dengan tema yang lebih spesifik, anda dapat lebih fokus dalam membuat desain dan melakukan pemasaran yang sesuai dengan tema yang sudah anda tentukan.

Untuk menentukan tema dari toko anda, luangkan waktu untuk melakukan riset pasar. Cobalah untuk melihat toko kaos online lain yang anda suka dan gunakan toko-toko itu untuk menjadi inspirasi dalam menetukan tema toko anda. Catatlah hal-hal yang menurut anda bagus kemudian pikirkan bagaimana cara anda untuk membuat toko anda menjadi lebih baik dari toko tersebut.

3. Buat Road Map dan Targetan yang Jelas Untuk Bisnis Usaha Kaos

road plan

Luangkan waktu sejenak untuk merenung dan berfikir, kemana arah dan tujuan perusahaan yang Anda mulai. Tentukan apa dan sebesar apa target yang ingin Anda capai.

Tentukan pula berapa lama waktu yang akan Anda tempuh untuk mencapai target tersebut. Tentu saja hal ini dilakukan agar Anda secara jelas mengerti apa yang sebenarnya Anda inginkan dan apa saja yang seharusnya Anda lakukan.

Kebanyakan pebisnis pemula (termasuk pebisnis kaos online) beranggapan “ah, yang penting jalan aja dulu. Yang penting ngalir.” Tak masalah, itu semua kembali pada diri Anda masing-masing.

Yang jelas, dengan adanya target dan road map yang mendetil akan sangat mendukung Anda untuk mencapai kesuksesan yang nyata

4. Buat Desain Kaos Anda

Desain kaos anda bisa dibilang sebagai bagian terpenting dari toko anda. Bila anda memiliki desain yang bagus, anda sudah lebih unggul daripada pemain lainnya. Desain anda adalah pondasi untuk memiliki bisnis yang sukses. Jauh lebih mudah untuk memasarkan kaos dengan desain yang bagus dibanding memasarkan kaos dengan desain yang biasa-biasa saja.

Bila anda tidak memiliki keahlian dalam desain, anda bisa mencari desainer di platform online seperti Fiverr atau Upwork. Di platform tersebut, anda dapat mencari desainer yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca Juga : Apa Itu Aplikasi Fiver

5. Validasi Desain Kaos Anda

Setelah anda membuat desain kaos anda, mungkin anda berpikir bahwa desain anda sudah siap untuk dicetak dan dijual. Tidak perlu buru-buru. Sebelum mencetak dan menjual desain anda, penting untuk mendapatkan saran dan ide untuk desain anda. Seringkali, banyak saran dan ide bagus yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh anda, tetapi dapat terpikirkan oleh orang lain.

Anda bisa mendapatkan saran dan ide dengan cara menaruh desain anda di forum atau di social media, dimana orang lain dapat menemukan dan memberi saran pada desain anda. Pastikan anda menaruh watermark di desain anda agar desain anda tidak diambil oleh orang lain.

Akan sangat membantu jika anda dapat mendapatkan saran jujur dari orang lain. Jika anda menerima respon positif dari banyak orang, anda tahu bahwa anda memiliki desain yang dapat meraih banyak penjualan.

6. Cari Supplier Untuk Toko Bisnis Usaha Kaos Anda

Untuk memulai bisnis usaha kaos anda, kami sangat menyarankan untuk menggunakan model dropshipping, dimana anda tidak perlu untuk menyiapkan dan mengurus stok barang. Saat anda menerima order dari pembeli, anda dapat mengorder dari supplier anda untuk mengirim kaos dengan desain anda langsung ke alamat pembeli anda.

Bila anda memutuskan untuk menggunakan model dropshipping, anda bisa memanfaatkan jasa sablon kaos satuan seperti Porinto, untuk menjadi supplier anda. Porinto menyediakan jasa pembuatan kaos custom dengan harga yang murah dan hasil yang sangat terjamin.

Porinto juga sedang menyiapkan program reseller dimana anda bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti harga spesial reseller, pengerjaan prioritas, tracking order yang mudah, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Tips suskses ,menjadi reseller tanpa modal

Baca juga : Apa Itu Reseller ? Bagaiamana Cara Kerja nya?

7. Buat Toko Anda

Jika anda pengguna social media, anda tahu bahwa untuk membuat toko online tidak sesulit dulu lagi. Tanpa membayar apapun, anda bisa membuat toko kaos anda di instagram. Banyak sekali toko yang sudah menghasilkan puluhan juta rupiah per bulannya, yang memulai ataupun masih melakukan bisnis mereka melalui Instagram.

Jika ingin memiliki website sendiri, anda juga bisa menggunakan platform seperti SIRCLO atau Shopify, dimana anda bisa membuat website anda sendiri dengan sangat mudah. Dengan platform diatas, anda memiliki akses untuk fitur-fitur yang dapat membantu anda untuk menjalankan bisnis anda.

8. Bangun Website untuk Promosi Bisnis Usaha Kaos

Ibarat makan sayur tanpa garam, rasanya belum afdhol kalau jualan kaos online tapi belum punya website. Rasanya belum sempurna kalau cuma nongkrong di akun medsos saja.

Di dunia maya, sebuah Website ibarat sebuah rumah yang mewakili identitas perusahaan Anda secara utuh. Sedangkan media sosial hanyalah pengukuh eksistensi merk perusahaan Anda saja.

Biasanya konsumen lebih memilih toko yang sudah memiliki website dibanding yang belum. Diantaranya alasannya adalah orang yang sudah memiliki website terlihat lebih serius dan sungguh-sungguh.

Baca Juga : Membuat Website untuk usaha

Previous Post Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *