target pemasaran

Strategi Pemasaran- Dalam dunia usaha kamu memerlukan taktik da strategi untuk meningkatkan jumlah penjualan kamu dan omset dagang kamu dan tentunya kamu harus memiliki strategi yang bagus dalam pemasaran dong ? Apa itu strategi pemasaran? Strategi pemasaran adalah rangkaian perencanaan untuk menjangkau target pasar dan mengubah mereka menjadi konsumen produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan.

7 Strategi Pemasaran

1. Target Pasar

Anda harus benar-benar mengenali pasar Anda, kuasailah target pasar Anda. Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu lakukan riset siapa yang menjadi target pasar Anda. Semakin spesifik target pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk sukses. Contohnya jika Anda bergerak di bagian pakaian remaja perempuan. Maka Anda dapat menargetkan pasar Anda dengan penyesuaian pada produk yang di produksi. Seperti perempuan yang masih sekolah dan berumur 12-18 tahun.

2. Melakukan Sebuah Riset

Dalam melakukan pemasaran produk hal ini sangatlah penting, dalam hal ini anda harus mengetahui produk baru apa yang akan anda buat, dan melihat atau meneliti apakah produk yang akan anda jual atau pasarkan terhadap konsumen apakah produk anda akan menguntungkan atau malah merugikan bagi bisnis anda.

3. Mengetahui Jenis Barang yang Dibutuhkan Oleh Konsumen

Biasanya sebagai seorang pengusaha atau pebisnis akan membuat produk mereka yang baru dengan mengikuti trend dan perkembangan pasar. Hal ini sangat penting karna bisa menentukan keberhasilan anda dalam melakukan strategi pemasaran produk yang dilakukan perusahaan atau bisnis anda. Sebagai pengusaha dalam hal ini anda haruslah jeli dalam menentukan dan mengetahui kebutuhan pasar dan konsumen.

4. Memilih Tempat Strategis

tips memilih lokasi usaha

Tempat strategis masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang patut dipertimbangkan karena dengan tempat penjualan yang strategis berarti produk Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan tentu saja memicu penjualan yang tinggi. Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menjual kebutuhan perlengkapan anak kos, maka berjualan di dekat area kampus atau tempat sekolah akan membuat kemungkinan produk Anda cepat laku dan terlihat.

5. Melakukan Promosi

Hal ini tentu sangatlah penting dan wajib yang harus kalian lakukan dalam pemasaran produk karna hal ini akan menentukan produk yang anda buat apakah akan diketahui oleh orang – orang atau tidak. Dalam hal ini anda harus melakukan berbagai cara untuk membuat promosi anda agar terlihat menarik di pandangan orang –orang agar orang yang melihatnya akan merasa tertarik dengan produk yang kita buat.

6. Melakukan Pelayanan yang Terbaik

Dalam berbisnis melakukan pelayanan yang sebaik mungkin karna hal ini akan menentukan apakah konsumen dan pelanggan anda akan merasa senang dan betah untuk menjadi pelanggan anda atau mereka akan merasa bosan karna pelayanan yang anda berikan.

7. Menawarkan Produk Secara Gratis

Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja.  Alasan lain kenapa strategi ini dianggap perlu juga, seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk karena mereka belum pernah mencoba tentang produk tersebut. Sebuah perusahaan bisa saja memilih event atau langsung menawarakan sample dan contoh gratis secara door to door kepada calon konsumennya. Jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka perusahaan dapat menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen mengetahui sebuah produk. Contoh strategi pemasaran ini cukup efektif diterapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *