cara promosi usaha

Pentingnya melakukan promosi  usaha untuk meningkatkan penjualan produk , melakukan promosi ini merupakan salah satu teknik marketing dakam berjualan . satu hal yang perlu diketahui bahwa promosi dan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu saja sebagai pemilik bisnis Anda tidak ingin jika biaya yang dikeluarkan cukup banyak menuai hasil yang tidak efektif. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih cara promosi apa yang memang sesuai dengan brand Anda sehingga hasilnya optimal.

1. Memberikan Diskon Besar Besaran

Mendengar kata diskon tentunya siapapun akan berusaha untuk membeli produk tersebut. barang yang dibeli pun tak hanya satu tapi bisa dibeli dengan jumlah yang cukup banyak.

Diskon ini biasanya diterapkan menjelang hari raya, akhir tahun, awal tahun, atau bisa pula ketika toko tersebut sedang launching.

Nah, penerapan diskon ini bisa juga Anda pakai sebagai salah satu cara promosi produk Anda.

Namun untuk menerapakan diskon ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada cara-cara khusus yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

  • Pembulatan Harga

Pernahkah Anda melihat sebuah harga dengan nominal yang cukup membingungkan seperti Rp 512,227?

Akan lebih baik bila harga yang dicantumkan dibulatkan dengan seharunya yaitu Rp 500,000. Hal tersebut akan memudahkan konsumen untuk menghitung total pembeliannya.

Angka pembulatan tersebut akan memberikan sebuah efek emosional yang berarti bagi para konsumen. Mereka akan mudah tertarik dan mau membeli apabila harga yang diterapkan tidak susah untuk menghitungnya.

Tetapi harga pembulatan tersebut bisa diterapkan untuk produk kebutuhan sehari-hari yang pasti orang tersebut membeli. Contohnya seperti sabun mandi, para pelaku bisnis kebutuhan sehari-hari akan menerapakan harga yang bervariasi seperi Rp 6,897

  • Diskon di Waktu yang Tepat

Penerapan diskon ini juga tidak bisa sembarangan dan harus berada pada moment yang tepat. Hal ini berfungsi agar harga diskon yang diterapkan tidak jatuh dan merugikan bisnis Anda.

Moment yang tepat bisa saja saat pergantian tahun baru, menjelang hari raya, ataupun di waktu yang memang menurut Anda sangat tepat.

  • Diskon untuk Para Segmentasi Pasar Tertentu

Pemberlakukan diskon ini bisa diterapkan untuk para segmentasi pasar tertentu. Misalnya diskon untuk para pelajar atau mahasiswa, diskon untuk para member komunitas tertentu, diskon untuk para ibu hamil dan lain sebagainya.

Cara penentuan diskon ini bisa membuat brand Anda naik karena menjangkau target pasar yang sesuai.

2. Gratis Ongkos Kirim kepada Pelanggan Anda

Ongkos kirim, kata yang sangat akrab untuk para pelaku bisnis online. Tak heran karena ongkos kirim banyak orang yang tidak jadi membeli karena mahal dan juga bisa biayannya bisa melebih dari pembelian produk.

Karena itu, sesekali Anda bisa menerapkan sistem ongkos kirim untuk para pelanggan Anda. Dengan menerapkan sistem tersebut tak heran, mereka pun akan kembali berbelanja di tempat Anda.

Namun, untuk menerapkan ongkos kirim ini tak bisa sembarang diberlakukan harus ada strategi khusus dalam penerapannya seperti:

  • Berlakukan gartis ongkos kirim kepada pelanggan yang memang membeli produk minimal 3 buah atau yang Anda tentukan sebelumnya.
  • Jangan berikan gratis ongkos kirim bila Anda sendiri tidak mendapatkan keuntungan
  • Berikan sistem gratis ongkos kirim apabila barang yang diorder memiliki berat yang ringan dan tidak melebihi dari berat yang ditentukan
  • Sistem gratis ongkos kirim bisa diberlakukan untuk sesama wilayah. Dimana keuntungan yang Anda ambil sebagiannya bisa dijadikan “modal” untuk memberlakukan gratis ongkos kirim.
  • Jika memungkinkan, Jalin kerjasama dengan pihak perusahaan pengiriman agar Anda bisa mendapatkan harga yang murah untuk pengiriman.

Baca Juga : 10 Cara Memulai Bisnis Rumahan Agar Cepat Sukses

3. Minta Testimoni Pelanggan

Selain menggunakan jasa orang terkenal, salah satu cara promosi produk ini bisa dilakukan dengan meminta testimoni pada pelanggan Anda.

Meminta testimoni ini bisa dilakukan via chatting lewat SMS atau WA. Kemudian tulisan testimoni tersebut bisa Anda screnshoot dan dicantumkan di sosial media.

Atau jika Anda menggunakan media sosial youtube, bisa pula dengan merekam pelanggan Anda dan dibuat sebuah video yang cukup menarik.

Dengan adanya testimoni bisa meminimalisir terjadinya ketidakpercayaan terhadap toko online yang Anda miliki.

4. Adakan Program Give Away

Cara ini memang sudah cukup umum dan cukup efektif di kalangan pebisnis online. Agar produk Anda semakin dikenal, biarkan orang-orang di luar sana mencobanya sendiri dan minta tanggapan mereka.

Adakan Give Away setiap kali Anda meluncurkan produk baru baik di media sosial, toko online, email, dan sebagainya.

Wajibkan mereka untuk mengikuti media sosial dan mempromosikan produk Anda di masing-masing akun media sosial mereka. Semakin banyak orang yang ikut program Give Away Anda, semakin banyak orang yang akan mengenal produk Anda, begitu seterusnya.

5. Program Referral

Program referral merupakan teknik marketing dimana bisnis memberikan izin bagi pelanggan/pengguna untuk mempromosikan/menjual produk ke orang lain dan sebagai imbalannya, pengguna yang berhasil melakukan penjualan akan diberikan komisi.

Nyatanya, tak semua bisnis yang mengharuskan orang yang ingin mengikuti program referral menjadi pelanggan/pengguna terlebih dahulu.

Jadi, di samping Anda menerapkan strategi marketing yang lain, orang-orang yang tergabung dalam program referral Anda di luar sana juga membantu mempromosikan produk Anda.

Menariknya, Anda hanya mengeluarkan biaya (imbalan) setiap kali produk Anda terjual. Berbeda dengan bentuk promosi lain yang umumnya memakan biaya namun belum tentu mampu membuat penjualan.

Baca Juga : Cara Membuat Blog

6. Berpromosi Lewat Blog

cara mendapatkan uang dari internet

Bila Anda perhatikan, dewasa ini rata-rata setiap bisnis online memiliki blog. Blog merupakan tempat yang sangat tepat bagi setiap bisnis untuk menyampaikan pembaharuan maupun melakukan pemasaran.

Orang-orang selalu mencari informasi terbaru mengenai sebuah perusahaan di blog perusahaan tersebut. Maka dari itu, buat sebuah blog dan manfaatkan untuk menyampaikan informasi dan mempromosikan produk Anda.

Tulislah konten-konten yang menarik seputar bisnis Anda. Misalnya, apabila Anda ingin mempromosikan tas versi terbaru dari brand Anda,

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Melalui Blog

7. Memberikan Garansi

Konsumen akan lebih nyaman ketika membeli produk yang memiliki jaminan garansi. 

Jenis garansi yang ditawarkan bisa beragam, mulai keaslian barang, kualitas barang, hingga harga yang bersaing. Hal ini tentu bergantung jenis produk yang ditawarkan.

Pada jenis bisnis yang menawarkan produk yang hampir sama, persaingan dengan kompetitor adalah pada faktor harga. Tak jarang konsumen Anda mendengar promosi dengan kalimat: “Jika kompetitor memiliki harga lebih murah, kami bayar selisih harganya.” 

Sedangkan, pada jenis bisnis yang menekankan kualitas barang, tagline promosi yang digunakan antara lain “Dijamin Ori!” atau “Produk Terbaik Hanya di Toko Kami!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *