peluang usaha

Krisis akibat virus COVID-19 telah menghancurkan berbagai sektor bisnis dan ekonomi. bayak sekali para pelaku UKM merasakan sulitnya dalam menjalankan usaha mereka, sehingga sebagian besar mereka akhirnya gulung tikar akibat pandemi corona yang melanda diseluruh dunia ini. amun, di balik keganasan pandemi ini, masih ada sebagian kecil entrepreneur yang justru melihat peluang untuk dikembangkan.

Berbagai inovasi terus dilakukan sehingga bisnis yang dijalankan bisa tetap survive dan bertahan di tengah krisis Covid-19 ini. salah satu inovasi nya adalah Usaha Rumahan. berikut ini kami rangkum 12 ide peluang usaha rumahan yang dapat menguntungkan, saat pandemi corona!

Ide Peluang Usaha Rumahan

1. Beternak Lele

Inilah ide peluang usaha rumahan . Ada banyak pilihan ketika Anda menjatuhkan pilihan pada jenis usaha ini. Pertama, Anda bisa beternak khusus pembibitan lele.

Artinya, pekerjaan Anda hanya fokus pada bagaimana memelihara induk lele untuk bertelur dan menghasilkan ribuan bibit. Setelah itu Anda hanya tinggal memberikan makanan khusus seperti cacing sutera bagi benih untuk tumbuh hingga ukuran tubuh tertentu. Tak perlu repot karena para peternak pembesaran lele akan datang ke rumah Anda untuk membelinya.

Kedua, Anda memelihara lele untuk dibesarkan dan siap konsumsi. Untuk ini Anda harus meyediakan kolam-kolam khusus di halaman atau sekitar rumah Anda. Keunggulan lele adalah, jenis ikan yang bisa tetap hidup dalam kondisi air yang keruh sekalipun.

Beternak lele bukan hanya mudah dijual karena banyaknya rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakannya melainkan juga bisa mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

Baca Juga : Tips Beternak Lele Dengan Mudah, Raup Untung Jutaan Rupiah!

2. Beternak Ayam Kampung

Ayam kampung adalah jenis daging yang tak tergantikan oleh ayam potong. Kualitas nutrisi dan keamanan daging ayam kampung dari berbagai penyakit membuat konsumsi ayam kampung menjadi kebutuhan yang terus meningkat sekarang ini.

Beternak ayam kampung untuk konsumsi rumah makan-rumah makan menjadikannya peluang usaha rumahan di desa yang layak Anda coba. Ayam-ayam hasil peliharaan Anda bisa disetorkan ke kota. Modal besar yang Anda miliki adalah lahan di desa yang masih relatif luas.

Baca Juga : Cara Beternak Ayam Kampung

3. Jamur Tiram

Ingin memiliki pendapatan harian? Usaha mengembangkan jamur tiram adalah jawabannya. Bertani jamur tiram adalah peluang usaha rumahan di desa yang sangat strategis. Pertama, usaha ini bisa dimulai dengan modal kecil.

Kedua, bahan baku yang dibutuhkan untuk media pertumbuhan jamur jenis ini tersedia banyak di desa dengan harga yang murah-meriah seperti serbuk kayu, kapur dan dedak yang biasa digunakan sebagai bahan makanan ayam.

Perlengkapan lainnya adalah drum bekas dan plastik yang dibutuhkan ketika menanak baglog atau log. Bahan bakar untuk merebus log menggunakan kayu. Keuntungan yang Anda miliki adalah biasanya rumah warga desa memiliki ukuran yang luas sehingga ada ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan ribuan log jamur nantinya.

Anda bisa mempelajari bahan, proses dan cara memasarkan jamur ini dari internet atau belajar pada orang yang sudah menjalankannya. Jika Anda sudah rutin membuat media tumbuh untuk jamur ini secara rutin maka jamur ini akan tumbuh setiap hari.

Baca Juga : Cara Bertani Jarum Tiram

4. Usaha Desain Grafis Rumahan

Ide peluang usaha rumahan selanjutnya adalah Trend bisnis desain grafis belakangan ini terus mengalami peningkatan pesat. Faktornya adalah karena adanya perkembangan teknologi modern.

Apalagi masyarakat modern lebih suka hal yang praktis, membuat usaha desain grafis menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Ada banyak sekali jenisnya, berikut beberapa contoh usaha desain grafis yang bisa Anda garap :

  • Desain gambar Tshirt
  • Desain web atau blog
  • Desain animasi 3D
  • Desain logo, kartu nama, banner iklan
  • Dan lain sebagainya

Baca Juga : Belajar Desain Grafis

5. Penjahit Pakaian (Tailor)

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah penjahit-pakaian.png

ika Anda punya skill dibidang tailor atau jahit pakaian, maka peluang usaha rumahan yang satu ini sangat cocok bagi Anda. Sebab usaha bidang tailor akan selalu dibutuhkan walaupun pakaian jadi banyak dijual.

Mengapa?

Setiap orang tentu punya selera masing masing. Hal inilah yang membuat jasa tailor akan selalu dibutuhkan sepanjang masa. Sebagai contoh jika pakaian yang dibeli tidak cocok, maka mereka akan mencari jasa penjahit pakaian.

Estimasi modal yang dibutuhkan:
  • Mesin jahit Butterfly JH-8190: Rp1.300.000
  • Mesin obras Typical 6150: Rp 900.000
  • Benang jahit harga Rp50.000
  • Peralatan lainnya: Rp50.000
  • Penggaris: Rp 20.000

Total investasi awal yang dibutuhkan: Rp2.330.000

Estimasi pendapatan

Sebagai contoh Anda mendapat order 20 stel dalam sebulan dengan harga per stel Rp100.000. Maka Anda bisa mendapatkan omset sebesar Rp2.000.000 perbulan. Apalagi jika order lebih dari itu, sudah tentu omset Anda akan lebih besar lagi.

Baca Juga : 7 Cara Membuka Usaha Butik Baju Rumahan Dengan Mudah, Dan Menguntungkan

6.  Ide Peluang Usaha Rumahan Yaitu Jasa Pembuatan Website

cara mendapatkan uang dari internet

Anda paham CSS html? Punya pengalaman membangun website?

Jika iya..

ide peluang usaha rumahan yang menurut saya layak untuk dijalankan. Yaitu usaha jasa pembuatan website. Jasa pembuatan website akan terus dibutuhkan, sebab saat ini trend dunia internet masih akan terus tumbuh.

Pendapatan seorang web developer cukup fantastis. Tergantung dari nilai proyek yang didapatkan. Untuk website besar lengkap dengan database, web developer bisa dibayar hingga ratusan juta rupiah.

7. Bisnis Dari Rumah Dengan Model Reseller

Ada lagi usaha rumahan yang menjanjikan dibidang jual beli, yaitu bisnis sistem reseller. Anda bisa menerapkan sistem online maupun offline.

Reseller merupakan bisnis dengan cara menjual produk yang telah dibeli dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Bisnis reseller mengharuskan kita memiliki stok barang terlebih dahulu.

Berbeda dengan sistem dropshop. Jika di sistem dropship stok barang disediakan langsung oleh suplier, sementara jika di sistem reseller, Anda harus punya stok produk untuk dijual kembali.

Anda bisa menjalankan bisnis ini dari  rumah atau dari mana saja dan kapan saja.

8.  Membuat Toko Online

Memang jualan online bisa menggunakan berbagai cara, misalkan  dengan media sosial pribadi atau blog. Akan tetapi agar terlihat lebih profesional dan serius, tidak ada salahnya Anda membuka toko online. Bisa dikerjakan dari rumah tanpa harus punya kantor besar.

Jika ecommerce Anda sudah bertumbuh menjadi besar, barulah Anda membutuhkan kantor untuk para karyawan Anda.

Trend belanja sekarang ini sudah berubah. Masyarakat lebih suka belanja online ketimbang belanja offline. Itulah alasan yang kuat mengapa bisnis rumahan yang satu ini sangat menggiurkan dan berpotensi sukses besar.

9. Agen PPOB

ide Peluang usaha rumahan yang juga menjanjikan keuntungan adalah agen pembayaran resmi atau PPOB (Payment Point Online Banking).

Apa saja yang bisa dilayani?

Dengan menjadi agen PPOB, Anda bisa melayani pembayaran seperti :

  • Pembayaran Listrik
  • Pembayaran tagihan PDAM
  • Tv Berlangganan
  • Tagihan Telepon dan Internet
  • Pembelian Tiket Pesawat hingga Kereta Api

Semua proses pembayaran bisa Anda lakukan dari rumah.

Agar bisnis Anda berjalan lancar. Ada baiknya Anda belajar terlebih dahulu apa saja syarat dan tata cara menjalankan usaha PPOB.

10. Menjadi Freelancer Penulis Online

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah freelance.png

usaha rumahan modal kecil selanjutnya yang pasti menarik adalah menjadi penulis konten online. Peluang usaha yang satu ini terbilang sangat mudah untuk dikerjakan, terutama bagi Anda yang hobi menulis artikel.

Artikel maupun konten video sangat dibutuhkan pada era digital sekarang ini. Anda pun bisa dibayar mahal jika kualitas tulisan Anda sangat bagus.

Untuk langkah awal, Anda bisa mencoba menjual jasa Anda melalui media sosial saja terlebih dahulu. Setelah memperoleh pengalaman, silahkan buka jasa secara besar besaran dengan pengelolaan yang tepat.

Baca Juga : Bagaimana cara menjadi Penulis Online

11. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing merupakan bisnis yang bisa mendatangkan pasif income lho. Apalagi teknologi sekarang ini sudah sangat mendukung usaha ini.

Affiliate marketing yaitu bisnis berbasis komisi. Jika Anda berhasil menjual produk, maka Anda mendapatkan komisi dari suplier.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Sama saja seperti model bisnis dropshiper diatas, Anda tidak perlu modal besar. Cukup memiliki laptop atau smartphone dan koneksi internet.

Namun agar lebih maksimal, Anda bisa membangun website spesial untuk Anda jadikan media promosi affiliate Anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menjadi Affiliate Marketing

12.  Jasa Laundry

Usaha laundry juga sangat menjanjikan.Zaman sekarang orang suka hal yang praktis, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan cara membuka usaha laundry kiloan. Apalagi Anda berada di daerah kompleks karyawan atau daerah kampus. Usaha laundry Anda bisa berkembang pesat.

Modal yang dibutuhkan?
  • Mesin cuci + pengering 1 unit sekitar 2,5 juta
  • Timbangan sekitar 150.000
  • Bahan cucian sekitar 450.000
  • Setrika pakaian sekitar 500.000
  • Biaya tak terduga lainnya sekitar 600.000

Modal yang tidak terlalu besar bukan?

Akan tetapi, Anda harus melihat kondisi lingkungan terlebih dahulu. Lakukan analisa secara matang apakah lokasi Anda layak untuk dibuka usaha laundry atau tidak.

Berapa omset yang didapatkan?

Jasa laundry sekitar 6 hingga 7 ribu rupiah per KG, tergantung lokasi. Jika sehari Anda bisa menerima pesanan sebesar 30 Kg, Berarti dalam sebulan Anda bisa mendapatkan pendapatan kotor sebesar 30 x 7000 x 30 = 6.300.000.

Cara agar sukses usaha laundry?
  • Berikan diskon bagi pelanggan setia Anda
  • Pelayanan yang ramah
  • Pekerjaan tepat dan cepat serta cucian Anda bersih
  • Promosi dengan teknik yang inovatif

Setiap orang tentu punya selera masing masing. Hal inilah yang membuat jasa tailor akan selalu dibutuhkan sepanjang masa. Sebagai contoh jika pakaian yang dibeli tidak cocok, maka mereka akan mencari jasa penjahit pakaian.

Estimasi modal yang dibutuhkan:
  • Mesin jahit Butterfly JH-8190: Rp1.300.000
  • Mesin obras Typical 6150: Rp 900.000
  • Benang jahit harga Rp50.000
  • Peralatan lainnya: Rp50.000
  • Penggaris: Rp 20.000

Total investasi awal yang dibutuhkan: Rp2.330.000

Estimasi pendapatan

Sebagai contoh Anda mendapat order 20 stel dalam sebulan dengan harga per stel Rp100.000. Maka Anda bisa mendapatkan omset sebesar Rp2.000.000 perbulan. Apalagi jika order lebih dari itu, sudah tentu omset Anda akan lebih besar lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *