usaha butik

7 Cara Membuka Usaha Butik Baju Rumahan Dengan Mudah, Dan Menguntungkan

Apakah kamu ingin membuka usaha butik rumahan? namun kamu bingung bagaimana cara memulainya dari mana dan berapa modal yang harus kamu keluarkan untuk membuka usaha ini ? disni kita akan membahas nya dari awal.

peluang usaha butik baju rumahan biasanya banyak digeluti oleh kaum hawa, namun tak jarang pula kaum laki laki menggeluti usaha ini, dikarenakan bisnis butik rumahan ini sangat menjanjikan dan juga sangat menguntungkan. bagi kamu yang mempunya skill tersebut kamu bisa mencobanya, nah kamu bisa mengikuti beberapa langkah yang tepat nih sebelum memulainya yuk mari kita simak dibawah ini!

7 Cara Membuka Usaha Butik Baju Rumahan

1. Jenis Butik

Jika kamu memiliki modal yang cukup besar , kamu bisa menjadi penjual grosir pakaian. Dengan menjadi penjual grosiran, kamu menjadi orang pertama yang membeli dari produsen dan menjualnya kembali dalam jumlah yang banyak pula. Keuntungannya, kamu bisa mendapatkan barang dengan harga yang sangat murah karena langsung dari sumber pertama. Sebaliknya, jika modal kamu tidak begitu besar, kamu bisa menjadi penjual eceran.

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan menentukan jenis butik yang ingin kamu kelola. Apakah kamu mau menjual pakaian khusus pria, wanita atau remaja? Atau kamu akan menjual kemeja, kaos, jersey bola? Semua jenis pakaian ini bisa kamu pilih sesuai keinginan kamu.

usaha kaos online

Setelah usaha butik kamu berkembang, kamu bisa mulai menambahkan jenis produk sebagai pendukung produk utama yang Anda jual, misalnya seperti menjual pakaian, juga menjual dompet, sepatu, tas maupun topi yang cocok digunakan sebagai pendukung produk  utama butik kamu.

Walaupun masih banyak yang beranggapan jika butik itu hanya menjual satu jenis produk, tapi kamu bisa menjadi beda dari yang lain dengan menjual berbagai produk sekaligus yang cocok digunakan untuk siapapun.

Baca Juga : Analisis Modal Usaha Butik

2. Desain Produk

Jika kamu memiliki talenta dalam mendesain dan menjahit produk pakaian anda sendiri maka ini akan menjadi poin plus dlam pengembangan usaha butik kamu. Dimana nantinya kamu bisa melakukan dan memastikan sendiri kondisi dan desain dari produk yang kamu jual di butik kamu tersebut. Karena mendasain sendiri akan lebih bagus hasilnya daipada kamu mengandalkan hasil dari pabrik.

3. Penentuan Harga

Penentuan Harga

Ketika anda telah melakukan survey terhadap pesaing maka anda pastinya sudah tau kisaran harga yang di miliki pesaing, bukan? Jadi lakukanlah penentuan harga yang bersaing dan tidak terlalu jauh dai para pesaing yang lainnya. Jangan terlalu mahal, ya!

4. Mode Pakaian

Selanjutnya setelah menentukan lokasi untuk butik kamu, sekarang tentukan mode pakaian apa yang ingin kamu jual, semisal butik yang menjual tema pakaian ala tahun 70-an, 80-an, atau 90-an yang sudah dimodifikasi dengan mengikuti trend sekarang; atau butik yang menjual pakaian ala orang Russia, dan sebagainya. Atau kamu ingin menciptakan mode pakaian agar menjadi trend? Sah-sah saja, asalkan mode pakaian yang akan kamu ciptakan nyaman dan ‘masuk akal’ untuk dipakai.

Baca Juga : Model Pakaian Zaman Sekarang Yang Diminati Kaum MIlenial

5. Miliki Ciri Khas

Jika Anda memiliki kemampuan dalam mendesain pakaian, tentu akan berguna dalam memodifikasi atau menciptakan sebuah mode. Anda bisa menciptakan ciri khas mode tertentu dalam produk yang akan Anda jual. Sehingga jika orang lain melihat ciri khas mode pakaian tertentu, mereka akan langsung ingat bahwa desain itu identik dengan brand Anda. Dan brand Anda makin dikenal di pasaran.

Selanjutnya tinggal kamu tentukan, apakah akan memproduksi pakaian sendiri atau kamu bekerja sama dengan produsen lain untuk mensuplai kebutuhan usaha kamu.

6. Membuka Toko Online

Jangan ragu untuk membuka usaha toko online, ya! karena ini akan menunjang perkembangan usaha butik anda. Walaupun kamu memang sudah memiliki toko offline yang berada di lokasi mudah dan terjangkau, tapi secara tidak langsung, membuka toko online juga akan memudahkan komunikasi antara anda dan pelanggan terutama pelanggan yang berasal dari luar daerah.

7. Bekejasama Dengan Brand Ternama

Apakah kamu tau tentang Lazada, Tokopedia, Bukalapak atau Alibaba? Ya, itu adalah nama brand pihak ketiga yang meyediakan tempat untuk berjualan bagi para pengusaha butik online. Karena nantinya kamu tidak lagi repot dalam membangun nama dan reputasi, bergabung dan bekerja sama dengan berbagai brand ternama akan memudahkan penjualan produk kamu.

Nah, demikianlh beberapa cara dalam memulai usaha butik yang bisa anda terapkan dan akan menjadi sebuah langkah yang optimal bagi kemajuan usaha yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *