teknik permainan bola voli

Permainan Bola Voli : Pengertian, Sejarah, Dan Teknik Dasar Permainannya

Siapa sih yang tidak tau permainan bola voli? banyak sekali orang awam tau dengan permainan ini, terkadang kita sering melihat orang orang bermain bola voli disore hari, mulai dari yang kecil hingga dewasa. nah kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, serjarah dan teknik dasar permainan bola voli, yuk kita simak selengkapnya dibawah ini

Pengertian Permainan Bola Voli

Pengertian permainan bola voli adalah salah satu cabang olahraga bola dimana cara memainkannya dengan menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan sebanyak mungkin untuk mencapai skor tertentu.

Sejarah Permainan Bola Voli

Permainan bola voli pertama kali ditemukan oleh William George Morgan, pada tahun 1985 di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat. William George Morgan adalah seorang instruktur pendidikan jasmani di sebuah organisasi bernama Young Men’s Christian Association (YMCA).

Awalnya Morgan terinspirasi dari James Naismith, yaitu penemu olah raga Bola Basket. Dengan mengadopsi dan menggabungkan beberapa permainan (baseball, tenis, bola basket, dan bola tangan), Morgan akhirnya menciptakan olah raga baru yang diberi nama Mintonette (Bola Voli).

Pada awalnya permainan Mintonette diciptakan khusus untuk para anggota YMCA yang sudah dewasa. Ternyata olah raga ini semakin populer dan akhirnya mendunia.

Pada tahun 1896 nama Mintonette diubah menjadi Volley Ball. Perubahan nama tersebut sekaligus menjadi pertandingan resmi pertama, yaitu pada event International YMCA Training School.

Sejarah Permainan Bola Voli Di Indonesia

sejarah permainan bola voli

Permainan bola voli masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda, yaitu pada tahun 1928. Pada masa itu, olah raga ini hanya dimainkan oleh para bangsawan dan orang Belanda.

Bola voli kemudian diperkenalkan ke masyarakat Indonesia dimana pada masa itu guru-guru pendidikan jasmani berasal dari Belanda. Selain dari pendidikan jasmani, perkembangan olah raga semakin pesat di Indonesia karena sering dimainkan oleh para anggota tentara.

Permainan bola voli mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Di berbagai kota besar di Indonesia pun bermunculan klub-klub bola voli, dan pada 22 Januari 1955 lahirlah o

rganisasi PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Pengertian Permainan Bola Voli Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu bola voli, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Mahfud Irsyada

Menurut Mahfud Irsyada, pengertian bola voli adalah suatu jenis permainan olah raga beregu yang melibatkan lebih dari satu orang pemain. Dalam hal ini, masing-masing tim bola voli memiliki enam orang pemain.

2. Aip Syaifudin dan Muhadi

Menurut Aip Syaifudin dan Muhadi, pengertian bola voli adalah permainan olah raga yang dimainkan oleh dua regu, dimana setiap regu terdiri dari 6 orang pemain. Masing-masing regu berusha untuk memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan melewati bagian atas net serta mencegah regu lawan menjatuhkan bola ke dalam lapangan.


3. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

Menurut PBVSI, pengertian bola voli adalah olah raga yang di mainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net. Tujuan dari permainan adalah melewatkan bola di atas net agar dapat jatuh menyentuh lantai lawan. Setiap tim dapat memainkan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Dalam olah raga bola voli terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemainnya. Adapun beberapa teknik dasar permainan bola voli adalah sebagai berikut:

1. Teknik Dasar Permainan Bola Voli, Service

Dalam permainan bola voli, servis (service) adalah pukulan awal dari luar lapangan untuk memulai rally dalam pertandingan. Ada empat jenis servis yang bisa dilakukan, yaitu:

•    Servis Lompat; yaitu servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas depan, lalu pemain melompat dan memukul bola ketika di udara ke arah lapangan lawan.

•    Servis Bawah; yaitu servis dengan cara melambungkan bola secukupnya, lalu pemain memukul bola dari arah bawah bola dengan tangan mengepal.

•    Servis Atas; yaitu servis dengan cara melambungkan bola ke arah atas dengan ketinggian ideal, lalu pemain memukul bola dengan telapak tangan ketika bola berada di atas kepala.

•    Servis Samping; yaitu servis dengan cara melambungkan bola dengan ketinggian secukupnya, lalu pemain memukul bola dengan cara menyamping sambil memutar tubuh.

2. Teknik Dasar Permainan Bola Voli, Passing

Dalam permainan bola voli, passing adalah memberikan umpan kepada rekan satu tim ataupun mengarahkan bola langsung ke daerah lapangan lawan. Ada dua teknik passing yang sering dilakukan dalam volley ball, yaitu:

•    Passing Bawah; yaitu passing yang dilakukan pemain ketika menerima bola dimana posisi bola tersebut lebih rendah dari posisi kepala pemain. Teknik passing ini biasanya digunakan ketika menerima servis dari lawan.

•    Passing Atas; yaitu passing yang dilakukan ketika menerima bola dimana posisi bola tersebut berada di atas kepala pemain. Teknik passing ini biasanya dilakukan ketika memberikan umpan kepada rekan setim, namun bisa juga digunakan untuk menerima servis dari lawan.

3. Teknik Dasar Permainan Bola Voli, Smash

Dalam permainan bola voli, smash adalah teknik menyerang dengan cara memukul bola sekeras mungkin agar bola tersebut jatuh ke daerah lapangan regu lawan. Smash dapat dilakukan dengan beberapa teknik, diantaranya:

•    Quick Smash (First Tempo); yaitu teknik smash yang dilakukan oleh pemain depan tengah. Teknik menyerang ini dilakukan ketika seorang setter memberikan umpan dan penyerang sudah melompat untuk memukul bola.

•    Semi Smash (Second Tempo); yaitu teknik smash yang dilakukan ketika seorang setter memberikan umpan bola tidak terlalu tinggi. Penyerang yang akan memukul bola sudah mulai melompat setelah mengetahui arah bola dan kemudian memukulnya.

•    Push Smash (Third Tempo); yaitu teknik smash yang dilakukan ketika setter memberikan umpan bola sangat tinggi lalu penyerang berlari dan melompat ke arah bola dan memukulnya.

•    Ace Smash; yaitu teknik smash yang dilakukan oleh seorang ace pada tim bola voli dengan melakukan pukulan keras ke daerah lapangan lawan.

•    Pull Smash; yaitu teknik smash dengan gerakan menipu lawan dengan membuat lawan menebak teknik serangan yang digunakan, antara Quick Smash atau Semi Smash.

4. Teknik Dasar Permainan Bola Voli, Blocking

teknik dasar blocking

Dalam olah raga volley ball, blocking adalah teknik bertahan untuk menghalau serangan smash dari lawan agar bola tidak melewati net. Selain itu, teknik blocking ini juga bertujuan untuk menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan.

Blocking hanya dapat dilakukan oleh pemain yang berada pada posisi depan garis serang. Sedangkan pemain yang berada pada posisi di belakang garis serang tidak diperbolehkan untuk melakukan blocking.

Teknik bertahan ini biasanya diberikan kepada pemain yang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi. Dengan postur tinggi tersebut akan memudahkan pemain untuk menghalau atau membalikkan bola yang di-smash oleh tim lawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *