organisasi permainan bola voly

Organisasi Bola Voly Dan Peraturan Permainan Bola Voly

Siapa sih yang tidak tau permainan bola voli? banyak sekali orang awam tau dengan permainan ini, terkadang kita sering melihat orang orang bermain bola voli disore hari, mulai dari yang kecil hingga dewasa. nah kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, serjarah dan teknik dasar permainan bola voly, yuk kita simak selengkapnya dibawah ini

Organisasi Bola Voli Nasional dan Internasional

Olahraga bola voli dinaungi oleh FIVB atau Federation Internationale de Volleyball, sebagai induk organisasi bola voli internasional. Organisasi ini berpusat di Lausanne, Switzerland. FIVB didirikan di kota Paris, Perancis pada tahun 1947 dengan presiden pertama Paul Libaud, warga negara Perancis. FIVB memiliki berbagai struktur adminsitratif yaitu Komite Eksekutif dan sejumlah komisi serta Dewan yang mengurus hal-hal seperti obat-obatan, wasit, turnamen serta keuangan.

Sedangkan induk organisasi bola voli di Indonesia adalah PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Organisasi ini didirikan pada 22 Januari 1955 di Jakarta, Indonesia. PBVSI ada di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sama dengan FIVB, PBVSI juga memiliki beberapa bidang atau komisi yang mengurus turnamen, jenis permainan bola boli, pelatihan, wasit hingga dana.

Peraturan Permainan Bola Voly

Olah raga bola voli memiliki beberapa peraturan dasar yang ditetapkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) dan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Berikut ini adalah beberapa peraturan dasar dalam permainan bola voli:


1. Ukuran Lapangan


Ukuran lapangan bola voli adalah 9 meter x 18 meter, mengacu pada peraturan yang dikeluarkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah, dan garis tepi lapangan harus berukuran 5 cm.
Tinggi net untuk tim putera adalah 2,43 m, sedangkan untuk tim puteri adalah 2,24 m. Lebar net bola voli adalah 1 meter, dan jarak tiang net ke garis tepi lapangan sejauh 0,5 – 1 meter.

2. Standar Bola yang Digunakan

Standar bola yang digunakan dalam olah raga volley ball harus sesuai dengan beberapa kriteria berikut:
•    Bola harus terbuat dari bahan kulit lunak atau sintetis.
•    Bola harus berbentuk bula dengan diameter 65-67 cm dengan massa 260-280 gram.
•    Bola harus memiliki kombinasi warna sesuai ketentuan.

3. Jumlah Pemain Setiap Tim

Setiap regu dalam permainan bola voli dimainkan oleh enam orang, termasuk libero. Libero adalah pemain yang dapat keluar-masuk tapi tidak diperbolehkan untuk melakukan smash. Dalam satu pertandingan, setiap tim bola voli terdiri dari 10 pemain yang terdiri dari 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan.
Olah raga ini sebenarnya juga dapat dimainkan oleh 4 orang dalam satu tim. Namun, jika dalam pertandingan ternyata ada tim yang pemainnya kurang dari 4 orang maka tim tersebut dinyatakan kalah.

4. Aturan dan Larangan Dalam Bola Voli

Terdapat beberapa aturan dan larangan dalam permainan bola voli yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para pemain. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
•    Jersey atau baju seragam tim harus memiliki nomor punggung dan dada. Sedangkan nomor pada celana pendek terdapat pada bagian depan paha kanan. Para pemain juga harus menggunakan kaos kaki dan sepatu karet.
•    Ketika pertandingan berlangsung, para pemain tidak boleh menyentuh net atau melewati batas tengah lapangan. Jika melanggar, maka tim lawan akan mendapatkan poin.
•    Pemain harus melakukan servis dari luar lapangan dan tidak boleh menginjak atau melewati garis lapangan.
•    Pemain tidak boleh menangkap atau melempar bola, tapi harus dipantulkan dengan sempurna dengan menggunakan tangan, kepala, atau kaki.
•    Bola dianggap out jika telah menyentuh bagian luar permukaan lapangan. Apabila pemain masih mampu memantulkan bola sebelum jatuh ke permukaan lantai maka belum dianggap out.
•    Masing-masing tim hanya boleh melakukan 1 kali timeout per babak dalam pertandingan.
•    Pergantian pemain dapat dilakukan berkali-kali dan tidak terbatas.
•    Pertandingan dapat dilakukan selama 3 babak (2 kemenangan) atau 5 babak (3 kemengangan).
•    Sistem perhitungan poin dalam permainan bola voli menggunakan sistem rally point dengan jumlah 25 poin. Jika terjadi poin seri 24-24 maka akan terjadi deuce atau tambahan hingga terjadi selisih dua poin.

Waktu Permainan Bola Voly

Tidak seperti permainan lain, permainan bola voli tidak memiliki batasan waktu. Dalam permainan ini, pemenang adalah tim atau regu yang terlebih dahulu  mengumpulkan poin atau angka hingga 25 yang disebut juga dengan rally point. Penentuan tim pemenang menggunakan sistem two winning set atau Three winning set.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *