Pengertian Sel

Sel adalah unit terkecil penyusun makhluk hidup, baik structural maupun fungsional. Dalam hal ini virus tidak tercakup di dalamnya karena virus merupakan makhluk hidup yang tidak berupa sel. Berdasarkan jumlah sel, makhluk hidup digolongkan menjadi makhluk hidup uniseluler (bersel tunggal) dan makhluk hidup multiseluler (bersel banyak).

Berdasarkan keadaan inti sel, sel dibedakan menjadi sel prokariotik (inti sel tidak mempunyai membran) dan sel eukariotik (inti sel dibatasi oleh membran). Ukuran sel pada setiap organisme hidup memiliki ukuran relative sama. Perbedaan ukuran tubuh organisme bukan disebabkan oleh perbedaan ukuran sel, melainkan oleh jumlah sel yang dimiliki oleh individu yang bersangkutanPengertian Sel Menurut Para Ahli

Pengertian Sel Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian sel menurut para ahli, terdiri atas:

  1. Menurut Robert Hooke (1665)
    Robert hooke mendefinisikan sel sebagai ruangan-ruangan kecil yang dibatasi oleh dinding. Hal tersbut dikatakan oleh Hooke usai melakukan penelitian sederhana terhadap sebuah gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana
  2. Menurut Felix Fontana (1781)
    Felix Fontana merupakan orang pertama yang menemukan adanya nukleus (inti sel) di dalam sel hewan. Menurut beliau sel terdiri dari nukelus dan nukleolus (anak inti).
  3. Menurut Rene Dutrochet (1824)
    Dalam makalahnya untuk akademi Paris, Dutrochet mengatakan bahwasanya semua jaringan organ tumbuhan tersusun atas sel-sel, demikian juga dengan jaringan hewan.
  4. Menurut Francois Vincent Raspail (1825)
    Menurut Raspail setiap sel yang ada pasti berasal dari sel sebelumnya
  5. Menurut Robert Brown (1831)
    Robert Brown merupakan orang yang pertama kali yang menyatakan bahwasanya nukleus merupakan bagian dari makhluk hidup
  6. Menurut Matthias Jacob Schleiden (1838)
    Menurut Schleiden, semua tumbuhan tersusun atas sel-sel. Beliau juga mengatakan bahwasanya sel merupakan unit struktural dan fisiologi pada makhluk hidup
  7. Menurut Theodor Schwann (1839)
    Menurut Schwann semua hewan tersusun atas sel-sel. Semua makhluk hidup tersusun atas sel-sel dan produk-produk sel.
  8. Menurut Johannes Purkinje (1839)
    Purkinje menemukan istilah protoplasma atau bahan pertama. Purkinje meyakini bahwa kunci untuk mempelajari sel terletak di dalam protoplasma.
  9. Menurut Alexander Braun (1845)
    Braun menyatakan bahwa sel adalah unit dasar kehidupan
  10. Menurut Jugo von Mohl (1846)
    Von Mohl menyatakan bahwa protoplasma adalah bahan hdiup kehidupan
  11. Menurut Rudolph Vircow (1855)
    Pada tahun 1855, Virchow menyatakan bahwa sel-sel merupakan mata rantai terakhir dalam rantai besar yang membentuk jaringan organ, sistem, dan individu. Menurut Virchow,s etiap sel berada dari sel (omnis cellula ecellula).
  12. Menurut Eduard Strasburger dan August Weismann (1855)
    Keduanya menyimpulkan bahwa faktor-faktor hereditas berasal dari dalam nukleus.
  13. Menurut Max Schultze (1861)
    Schultze mendefinisikan sel sebagai suatu massa protoplasma aygn mengandung sebuah nukleus serta identik pada hewan dan tumbuhan.
  14. Menurut Rudolf von Klliker (1862)
    Von Kolliker mengenalkan istilah sitoplasma yang berarti material (bahan-bahan) di dalam sel yang terpisah dari nukleus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *